Usaha Budidaya Jamur Dan Persiapannya

Usaha Budidaya Jamur Dan Persiapannya – Secara tak sengaja penulis melihat sebuah gerobak yang menjual jamur crispi di depan sekolah dasar. Setelah mencicipi jamur crispi rasanya enak. Kemudian, tak jauh dari tempat tersebut tampak sebuah gerai “Rumah Jamur” yang menjual aneka makanan dari bahan dasar jamur. Mulailah otak berpikir bahwa usaha budidaya jamur sekarang ini sangat menjanjikan untung besar. Sebab banyak makanan yang diolah dari bahan dasar jamur seperti jamur crispi.

Usaha Budidaya Jamur Dan Persiapannya

Usaha Budidaya Jamur Dan Persiapannya (http://www.lampost.co)


Kemudian setelah mengecek data di lapangan, ternyata permintaan masyarakat di tanah air terhadap jamur setiap hari semakin besar untuk dikonsumsi pelengkap nasi. Menurut data, pasokan jamur tidak mampu memenuhi permintaan jamur di masyarakat. Oleh sebab itu, tentu saja ini peluang usaha yang menguntungkan yang bisa anda jalankan sekarang.

Sementara itu, dalam memulai suatu usaha diperlukan persiapan-persiapan terlebih dahulu. Bisnis yang dijalankan tanpa persiapan dan perencanaan yang matang lebih besar kemungkinan terjadinya kegagalan. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi kegagalan usaha agribisnis ini diperlukan persiapan sebelum memulai usaha budidaya jamur tiram. Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan dalam usaha budidaya jamur ?!

Pertama-tama yang perlu dipersiapkan dalam usaha budidaya jamur tiram adalah pemilihan lokasi. Usahakan memilih lokasi atau lingkungan yang bersih. Karena penyebab utama kegagalan budidaya jamur adalah kurang bersih tempat budidaya. Hal ini disebabkan jamur sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Pilihlah lokasi budidaya jamur yang bersih, jauh dari tempat pembuangan sampah, kandang hewan atau peternakan, maupun tempat lainnya yang bisa mendatangkan penyakit pada jamur. Untuk usaha skala rumahtangga, maka lingkungan rumah yang bersih bisa dimanfaatkan untuk menjalankan budidaya jamur. Pendek kata, kunci sukses budidaya jamur adalah faktor kebersihan untuk memastikan jamur bebas dari hama penyakit. Dan faktor kelembapan suhu yang konstan agar jamur tumbuh optimal.

Kedua, membangun rumah jamur atau biasa disebut kumbung sebagai tempat budidaya jamur jika dilakukan di luar rumah.

Ketiga, pembuatan rak untuk menyimpan baglog jamur. Rak ini bisa dibuat dari bambu atau kayu. Di dalam rak buatlah lapisan-lapisan paling banyak lima lapis untuk menampung baglog. Buatlah beberapa rak sesuai kebutuhan dengan jarak satu meter untuk memudahkan pemanenan dan pemeliharaan jamur.

Keempat, menyediakan media tanam jamur bisa berupa serbuk gergaji, substrat kayu, sekam, dan ampas tebu. Pilihlah media tanam yang mudah didapatkan. Media tanam lalu dimasukkan ke kantong plastik secara penuh. Kemudian, masukkan ke dalam bambu atau paralon dan diikat erat.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai Usaha Budidaya Jamur Dan Persiapannya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sebagai bahan rujukan tambahan usaha budidaya jamur. Tetaplah di situs mata pencaharian.com untuk menyimak artikel-artikel berkualitas dan menarik lainnya. Selamat berwirausaha!

Baca juga : Kisah sukses motivatir Andrie Wongso

loading...
Usaha Budidaya Jamur Dan Persiapannya | mata | 4.5