Usaha Bakso ikan/Model/Tekwan Modal Kecil

Untuk melakukan suatu usaha maka kita harus memperhatikan keuntungannya, selain itu juga peluangnya. Apakah keuntungan yang akan kita dapatkan banyak dan apakah peluang usaha tersebut besar. Kedua hal tersebut harus kita perhatikan dengan baik-baik sebelum melakukan suatu usaha. Sebenarnya ada banyak jenis usaha yang peluangnya besar dan keuntungan yang banyak. Salah satu jenis usaha tersebut adalah jualan bakso ikan/model/tekwan. Usaha bakso ikan/model/tekwan ini peluang usahanya besar selain itu keuntungan yang kita dapatkan juga banyak. Apalagi kita tahu bahwa bakso ikan/model/tekwan merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh semua orang baik itu anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun menyukainya.

Jadi jika anda jualan bakso ikan/model/tekwan, anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Maka tidak heran jika sekarang kita banyak melihat orang-orang yang melakukan usaha ini. Karena selain peluangnya besar tapi keuntungannya pun juga besar. Bahkan untuk melakukan usaha ini maka kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Untuk berjualan bakso/model/tekwan maka kita bisa mengeluarkan modal yang kecil saja yaitu sekitar 2-3 juta saja. dengan modal tersebut maka kita sudah dapat membeli bahan untuk berjualan makanan seperti antara lain yaitu tepung tenggiri, saus, merica bubuk, bawang putih, gula garam dll. Selain bahan tersebut maka anda juga membeli beberapa peralatan dan perlengkapan seperti yaitu baskom, piring, gelas sendok dll.

Dengan modal tersebut anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Misalnya saja jika anda menjual bakso anda tersebut dengan harga Rp 8000 dan tekwan dengan harga Rp 10.000 serta model Rp 8000 dan tiap hari penjualan bakso ikan/model/tekwan anda tersebut habis sekitar 50 porsi maka kita bisa hitung yaitu sekitar Rp 400.000 + Rp 500.000 + Rp 400.000 = Rp 1.300.000 jika itu dihitung selama sebulan maka sekitar Rp 39.000.000. padahal kita tahu tadi bahwa untuk berjualan bakso ikan/model/tekwan kita hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 2-3 juta saja. Maka dalam sebulan saja kita mendapatkan pendapatan sekitar Rp 39.000.000 maka tentu saja kita mendapatkan keutungan yang jauh lebih besar yaitu sekitar 38 – 36 juta.

Melihat keuntungan yang bakal kita dapatkan besar maka bagi anda yang ingin melakukan usaha. lakukanlah usaha berjualan bakso ikan/model/tekwan. Karena keuntungan yang mungkin anda dapatkan sangatlah besar. Namun untuk mendapatkan keuntungan sebesar itu maka tidaklah mudah. Kita harus bisa melakukan strategi penjualan yang benar. Karena untuk berjualan kita harus mempunyai strategi yang tepat agar usaha jualan bakso ikan/model/tekwan kita bisa berjalan lancar dan juga memperoleh keuntungan yang besar pula. Meskipun untuk berjualan bakso ikan/model/tekwan itu mudah dan bahkan kita tidak harus mempunyai keahlian khusus untuk melakukannya. Namun kita harus tetap memperhatikan strategi penjualan bakso ikan/model/tekwan yang kita lakukan tersebut, agar keuntungan yang besar bisa kita dapatkan.

Namun yang harus anda tahu bahwa untuk berjualan bakso ikan/model/tekwan maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan modalnya. Seperti yang sudah saya bahas diatas bahwa untuk berjualan bakso ikan/model/tekwan maka kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Dengan modal yang kecil saja kita juga masih bisa melakukan usaha berjualan bakso ikan/model/tekwan. Modal yang perlu anda keluarkan untuk melakukan usaha berjualan bakso ikan/model/tekwan yaitu sekitar 2-3 juta saja. seperti yang sudah saya bahas sebelumnya bahwa dengan modal tersebut maka kita sudah dapat membeli beberapa bahan dan peralatan serta perlengkapan untuk melakukan usaha berjualan bakso ikan/model/tekwan.

Setelah kita tahu modal yang harus kita keluarkan serta keuntungan yang kita dapatkan. Maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah cara membuat bakso ikan/model/tekwan. Yang pertama adalah cara membuat bakso ikan. Untuk membuat bakso ikan maka kita harus mempersiapkan bahannya terlebih dahulu yaitu :

1. Siapkan 300-400 gram daging ikan ekor kuning atau daging ikan tengiri
2. Siapkan juga satu butir telur dan ambil putih telurnya saja
3. Siapkan satu sendok teh garam
4. Siapkan satu sendok teh merica bubuk
5. Siapkan 3-4 sdt air es
6. Siapkan setengah sendok teh kaldu bubuk
7. Siapkan 2 sdt tepung meizena

Untuk membuat bakso ikan ini maka anda membutuhkan bahan tambahan atau bahan pelengkap untuk membuat bakso ikan. Bahan tambahan tersebut yaitu semnagkuk air es batu yang mana digunakan untuk merendam bakso ikan.

Setelah bahan sudah kita siapkan maka langkah selanjutnya adalah cara membuat bakso ikan. Untuk membuat bakso ikan sebenarnya tidaklah sulit. Siapa saja bisa melakukannya. Cara membuat bakso ikan adalah :

a. Langkah pertama, siapkan ikan tengiri atau ikan ekor kuning segar dan pisahkan antara daging dengan kulitnya dengan menggunakan pisau tajam atu cukup dengan dikerok menggunakan sendok. Untuk pemula maka sebaiknya menggunakan ikan tengiri saja karena lebih mudah untuk dipisahkan dan diambil dagingnya, ikan tengiri memiliki tulang yang jauh lebih sedikit dan dagingnya cukupo tebal. Berbeda dengan ikan ekor kuning yang lebih banyak memiliki duri, namun rasanya lebih manis dan menghasilkan adonan bakso ikan yang jauh lebih lembut

b. Untuk mempermudah proses dalam penggilingan, maka sebaiknya menggunakan food processor, namun jika anda tidak memilikinya. Maka anda bisa menggunakan pisau dan mencincang ikan secara manual sampai hancur dan menjadi lebih lembut.

c. Setelah daging ikan hancur dan membentuk sebuah gumpalan padat yang halus, berishkan serpihan daging yang tertinggal di beberapa sisi mangkuk food processor, kemudian proses kembali daging ikan kira-kira selama setengah menit.

d. Masukkan putih telur dan air es dan proses adonan ikan kembali higga menjadi lebih halus dan menyatu dengan baik, kemudian jangan lupa tambahkan garam, kaldu bubuk, serta merica bubuk dan kemudian aduk hingga seluruh adonan tercampur dengan baik. sehingga rasanya sesuai dengan selera anda.

e. Setelah adonan terlihat lebih lembut dan juga kenyal, maka keluarkan adonan dari dalam mangkukfood processor dan kemudian tuangkan adonan tadi ke atas permukaan talenan kemudian taburi adonan dengan tepung meizena dan aduk hingga merata dengan menggunakan tangan.

f. Jika anda tidak menggunakan food processor maka cincanglah daging ikan di atas talenan hingga daging ikan menjadi lebih halus, kemudian tambahkan merica, kaldu bubuk, garam dan tepung maizena, cincang adonan ikan da campur semua bahan.

g. Kemudian siapkan mangkuk yang sudah diisi dengan air es, kemudian basahi tangan anda dengan memakai air es tersebut kemudian ambillah adonan dan banting adonan ke atas telenan beberapa kali hingga tekstur adonan menjadi sangat halus

h. Terakhir yaitu rebus bakso ikan yang telah dibentuk menjadi bulatan dan didinginkan di dalam es selama beberapa menit hingga bakso mengapung dan bakso pun siap dihidangkan menjadi berbagai makanan yang lezat.

Setelah kita tahu bagaimana cara membuat bakso ikan maka langkah selanjuitnya adalah cara membuat tekwan. Tekwan ini hampir sama dengan bakso namun tekwan memiliki cita rasa yang berbeda dengan bakso. Jika anda ingin membuat tekwan maka anda harus memprispkan bahannya terlebih dahulu seperti bakso ikan diatas. Bahan yang harus anda siapkan yaitu antara lain adalah :

1. Margarin 2 sendok makan
2. Jamur kuping yang sudah dipotong-potong 15 gram
3. Bunga sedap malam yang sudah dipotong-potong 25 gram
4. Bengkoang potong kecil-kecil 125 gram
5. Soun/bihun yang sudah direndam dan dipotong-potong 25 gram
6. Seledri 1 sendok makan
7. Cuka ½ sendok teh
8. Air mineral 2000 ml bawang putih 5 siung
9. Merica bubuk ½ sendok teh
10. Garam 4 sendok teh
11. Gula 1 sendok teh
12. Daging udang 250 gram
13. Putih telur 1 buah
14. Gula pasir ¼ sendok teh
15. Tepung kanji/sagu 1 sendok makan

Untuk membuat tekwan maka memang kita membutuhkan bahan yang banyak. Namun jangan khawatir meskipun bahan yang kita butuhkan banyak akan tetapi untuk cara membuatnya tidaklah susah. Jika kita sudah menyiapkan bahannya tersebut, maka langkah selanjutnya adalah cara membuat tekwan. Cara membuat tekwan yaitu :

a. Pertama membuat bulatan tekwan. Untuk membuat bulatan tekwan maka blenderlah udang sampai halus kemudian aduk udang cincang, tepung kanci, putih telur, garam, merica dan gula dan sisihkan.

b. Rebus air sampai mendidih yang dicampur dengan kulit udang. Sambil menunggu mendidih masukkan bulatan tekwan tadi. Apabila rebusan air sudah mendidih silahkan bulatan adonan yang sudah dibentuk bisa dimasukkan kedalam kaldu hingga bulatan tekwan terapung. Kenudian angkat dan keluarkan bulatan tekwan.

c. Tumis bumbu halus yang sudah dibuat tadi hingga harum kemudian masukkan bulatan tekwan, bengkuang, bunga sedap malam, bihun/soun dan jamur kuping lalu aduk hingga rata.

d. Setelah selesai, tuangkan kedalam kaldu kemudian anda bisa memberi tambahan seledri dan cuka kemudian didihkan.

e. Maka tekwan sudah siap disajikan dalam keadaan masih panas. Untuk lebih enaknya maka taburi bawang goreng.

Itu beberapa bahan dan juga cara membuat tekwan, bagaimana lebih mudah bukan dari pada bakso ikan tadi. Selain itu prosesnya membuatnya juga tidaklah lama jadi lebih menghemat waktu dan yang pasti lebih mudah membuatnya.

Itu tadi beberapa cara membuat bakso ikan/model dan juga tekwan. Pasti sekarang anda jadi lebih tahu bahan dan juga cara membuat baksoikan/model/tekwan setelah membaca pembahasan diatas. Jika anda sudah tahu maka anda bisa melakukan usaha bakso ikan/model/tekwan. Karena usaha ini untungnya sangatlah besar khususnya untuk usaha bakso ikan. Untuk usaha bakso ika sendiri jauh lebih menguntungkan daripada bakso daging. Ada banyak keuntungan yang kita dapatka jika kita berjualan bakso ikan daripada bakso daging, yaitu salah satunya adalah :

– Banyak orang yang suka

Mungkin tahu beranggapan bahwa bakso ikan justru lebih sedikit penggemarnta daripada bakso daging. Ternyata itu salah. Berdasarkan penelitian bahwa bakso ikan cenderung lebih banyak penggemarnya daripada bakso daging. Hal ini diakibatkan bakso ikan rasanya lebih enak dan harnya juga lebih murah daripada harga bakso daging. Sementara itu bakso ikan lebih banyak kandungan yang baik untuk tubuh daripada bakso daging

– Peluang lebih besar

Peluang untuk berjualan bakso ikan jauh lebih besar daripada bakso daging. Karena semakin banyak orang yang menyukai bakso ikan tersebut maka semakin besar pula peluang yang akan didapatkan.

– Mencari bahannya lebih mudah

Soal bahan yang digunakan memang hampir sama, namun untuk bakso ikan maka biasanya lebih menggunakan pada ikan tengiri. Sedangkan untuk bakso daging biasanya lebih menggunakan pada daging sapi. Yang dimana jika kita lihat sekarang daging sapi susah didapat dan harganya lebih mahal. Sedangkan untuk ikan tengiri kita bisa mencarinya dipasar maupun tempat belanja lainnya dnegan harganya yang lebih murah.

loading...
Usaha Bakso ikan/Model/Tekwan Modal Kecil | author | 4.5