Untung Besar Beternak Kelinci Hias

Untung Besar Beternak Kelinci Hias – matapencaharian.com.┬áKelinci memang binatang yang menggemaskan dan juga lucu, apalagi kelinci hias yang fungisnya memang sebagai hiasan atau untuk menghibur hati pemiliknya. Selain lucu, kelinci hias juga lebih mudah dipelihara daripada hewan hias lainnya, sehingga tak jarang banyak yang menyukai hewan imut dan lembut ini, bak dari anak-anak hingga orang dewasa. Berbeda dengan ternak kelinci pedaging, harga kelinci hias yang terbilang mahal membuat orang yang memelihara kelinci hias bisa meraup untung besar apabila berhasil mengembangbiakkan dan memperoleh warna kelinci hias yang indah. Sehingga beternak kelinci hias bisa menjadi peluang yang masih terbuka lebar bagi anda, apalagi ketika anda termasuk orang yang menyukai kelinci.

ternak kelinci hias

Sebelum anda mengambil untung besar beternak kelinci hias ini, maka yang anda butuhkan adalah sebuah pengtahuan terkait kelinci hias ini. Anda harus memahami karakteristik dari kelinci hias, tingkah lakunya, makanan kesukaannya, dan lain sebagainya. Ini adalh hal mendasar agar anda tidak salah memperlakukan hewan hias ini, dan agar anda bisa mendapatkan hasil yang mekasimal dengan beternak kelinci hias ini.

Beberapa hal yang perlu anda persiapkan ketika hendak mengambil peluang emas beternak kelinci hias ini adalah:

Persiapan kandang

Ini adalah hal pokok yang harus anda siapkan, bahkan sebelum anda membeli kelinci hias itu sendiri. Anda bisa membeli kandang yang sudah jadi atau bisa juga dengan membuatnya sendiri. Hal yang terpenting adalah, anda harus memisahkan antara kandang induk dengan kandang untuk anak-anak kelinci hias, dan juga kandang jantan, dan juga perlu untuk kandang bagi anak kelinci yang baru selesai disapih. Mengapa kandang jantan dan betina harus dipisah? Sebab hal ini agar memudahkan anda dalam mengontrol masa kawin kelinci hias.

Untuk kandang kelinci hias, anda bisa menggunakan beberapa tipe kandang berikut:

  • Sistem postal, yang tidak dilengkapi halaman pengumbaran. Kandang ini cocok sebagai tempat kelinci muda dan bisa ditempatkan di dalam rumah
  • Sisitem ranch, yang dilengkapi halaman pengumbaran
  • Kandang battery, yang mirip sangkar dengan berisi satu ekor kelinci dalam satu sangkar.

Pemilihan dan perawatan bibit serta calon induk

Dalam memilih bibit dan calon induk usahakan pilih yang terbaik, tidak cacat, aktif bergerak, dan juga bersih. Dan untuk perawatannya anda perlu memperhatiakan makanan yang cukup, sanitasi kandang, dan juga mencegah adanya ganguan dari luar. Usahakan kandang dalam keadaan kering, agar kelinci hias tidak mudah terserang pilek. Dan pengontrolan penyakit juga penting, dengan memberikan vitamin ketika kelinci dengan lesu atau nafsu makannya turun.

Perkawinan

Ketika kelinci betina sudah berumur 5-6 bulan dan jantan berumur 7-8 bulan, maka waktu kawin sudah tiba segera dilakukan. Bila umurnya terlalu muda, resiko mortalitasnya sangat tinggi. Dan lebih baik lagi ketika pejantan baru pertama kali kawin, kawinkan dengan kelinci betina yang pernah beranak. Untuk waktu kawin yang paling baik adalah ketika pagi atau sore di kandang pejantan. Setelah terjadi 2x perkawinan, pisahkan mereka kembali.

Kelahiran

Masa bunting kelinci hiasa biasanya 30-32 hari. Ketika hari 12-14 setelah kawin, anda bisa meraba bagian perut, ketika ada bola-bola kecil berarti kelinci itu bunting. Dan dalam waktu 5 hari sebelum kelahiran sebaiknya anda memindahkan kelinci dalam kendang terpisah yang memang dirancang untuk melahirkan disertai penghangat. Biasanya kelinci akan melahirkan 6-10 ekor sekali lahir.

Itulah gambaran singkat peluang emas beternak kelinci hias. Dengan waktu kawin dan jumlah anak yang terbilang banyak, maka dengan pemeliharaan yang baik, anda pun akan bisa meraup keuntungan yang besar pula.

Incoming search terms:

kelinci hias - kelinci - budidaya kelinci hias - ternak kelinci hias - ternak kelinci anggora - content - peternak kelinci - halaman ternak kelinci - www ternak kelinci - kelinci import - cara beternak kelinci anggora - meraup untung dari ternak kelinci - meraup untung beternak kelinci - peternak kelinci hias - budidaya kelinci anggora - harga kelinci anggora 2014 - kelinci anggora - kelinci anggora lagi beranak - beternak kelinci hias - klinci hias -
loading...
Untung Besar Beternak Kelinci Hias | mata | 4.5