Tips Sukses Budidaya Lele dengan Lahan Terbatas

Tips Sukses Budidaya Lele dengan Lahan Terbatas – matapencaharian.com. Budidaya lele adalah sebuah alternatif yang sangat cocok untuk anda coba. Mengingat ikan lele ini semakin banyak digemari oleh masyarakat, sehingga permintaan akan daging ikan lele pastilah meningkat. Maka jia anda bisa mengelola budidaya lele ini dengan baik, maka bisa jadi ini menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

budidaya lele kolam terpal

Ketika anda melihat para pembudidaya lele, banyak diantara mereka yang menggunakan kolam tanah untuk memelihara lele ini. Tentunya ketika anda tidak memiliki lahan yang luas, akan menjadi sedikit masalah. Namun kini, juga sudah banyak peternak yang beralih menggunakan kolam terpal. Ada juga yang hanya memakai drum. Selain biayanya lebih murah, lahannya juga tidak terlalu luas. Jadi tidak ada salahnya ketika anda juga mencoba budidaya lele menggunakan terpal atau drum.

Budidaya lele di kolam terpal

Langkah pertama adalah dengan menggali tanah dengan kedalaman 30 cm yang berukuran 2×3 meter. Setelah itu masukkan terpal ke dalam gaalian tersebut dan tinggikan sekitar 30 cm dari permukaan tanah. Jangan lupa untuk menutupi bagian atasnya ahar ikan lele tersebut tidak terkena terik matahari.

Sebelum anda menaburkan benih lele, anda perlu membuat pakan alami dalam kolam tersebut dengan cara menaburkan urea, tps, dan pupuk kandang kemudian biarkanlah selama sekitar 1 minggu agar muncul palnton-planton. Setelah itu, baru sebarkan benih ikan ikan leleyang akan akan anda budidayakan sebanyak 300- 450 ekor. Tebarkan ketika pagi atau sore, untuk menghindari cuacau panas, dan jangan langsung ditebar ke dalam air. Namun lakukan aklimatiasi terlebih dahulu. Jangan berikan pakan apapun, dan biarkan mereka memakan planton yang telah anda buat sebelumnya.

Setelah agak besar, adan bisa memberikan pakan pelet setiap dua hari sekali. Dan juga bisa anda tambahkan makanan berupa jeroan ayam untuk lebih menggemukkan lele anda.

Budidaya lele di dalam drum

Budidaya dalam drum ini tidak jauh berbeda dengan pengelolaan yang dengan menggunakan kolam terpal. Hanya saja karena tempatnya lebih kecil, maka benih lele yang disebar umumnya sekitar 100 – 300 ekor saja.

Bisnis budidaya ikan lele ini juga membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk panen, dibandingkan jenis ikan yang lain. Hanya perlu waktu sekitar 50 hari untuk bisa memanen ikan lele anda, sehingga dengan begitu perputaran uang yang akan anda peroleh tentunya lebih cepat.

Incoming search terms:

www matapencaharian com - cara membuat kolam terpal - cara menggemukkan lele - cara cepat menggemukan lele - cara beternak ayam kampung dg pakan murah - Cara menggemukan lele - budidaya ikan lele kolam terpal - cara membuat kolam lele dari drum - ternak lele kolam terpal - lele kolam terpal - cara cepat menggemukkan lele - menggemukan lele - Cara menggemukkan ikan lele - menggemukkan lele - Cara menggemukan ikan lele - kisah sukses budidaya lele kolam terpal - Budidaya lele dalam drum - budidaya lele dalam tong - budidaya lele 50 hari panen - cara membuat kolam terpal lele -
loading...
Tips Sukses Budidaya Lele dengan Lahan Terbatas | mata | 4.5