Tips Mudah Mendapatkan Indukan Kambing Berkualitas

Tips Mudah Mendapatkan Indukan Kambing Berkualitas – matapencaharian.com. Usaha beternak kambing rasanya semakin banyak dilirik oleh banyak orang. Sebab keuntungan yang diperoleh dari budidaya kambing ini memang cukup menggiurkan apabila anda bisa merawat kambing-kambing anda dengan tepat dan benar. Kambing yang menjadi budidaya masyarakat pada umumnya ada dua jenis, yaitu kambing pedaging dan kambing perah.

cara mencari kambing indukan

Masing-masing dari kedua jenis kambing ini memiliki prospek yang berbeda-beda, namun pada dasarkanya kedua jenis kambing ini memiliki potensi pasar yang masih sangat luas dan dicari oleh banyak konsumen. Anda bisa melihat bahwa semakin banyak orang yang berminat untuk mengkonsusmsi susu kambing dalam kehidupan kesehariannya, sebab memang kandungan protein dari susu kambing ini sangatlah tinggi yang bisa membantu anda dalam menjaga kesehatan.

Atau ketika anda berjalan melewati jalanan besar, maka anda akan melihat banyak sekali warung atau restoran yang menyediakan menu sate kambing. Tidak hanya di kota, di pedesaan pun juga sudah banyak yang mulai menjual sate kambing ini. Sebab sate kambing memang sangat bermanfaat, terutama bagi para penderita darah tinggi.

Di dalam budidaya kambing ini, baik kambing perah ataupun kambing pedaging, maka untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, maka diperlukan pemilihan induk yang tepat. Diperlukan induk yang unggul dan berkualitas. Tentunya jenis kambing yang akan dipilih berbeda untuk kambing perah dan pedaging. Jika anda hendak meternakkan kambing perah, maka indukan yang paling tepat adalah kambing etawa, namun jika anda hendak membudidayakan kambing pedaging, maka kambing yang paling tepat adalah kambing kacang.

Secara sifat, calon indukan yang baik adalah kambing yang sehat, serta tidak cacat. Selain itu kambing tersebut harus memiliki daya adaptasi yang tinggi dengan lingkungan yang baru. Perhatikan juga bulunya. Lebih baik anda memilih kambing dengan bulu yang bersih dan juga mengkilat.

Secara umum, jika anda ingin mendapatkan indukan kambing yang berkualitas untuk budidaya, maka anda bisa meperhatikan ciri-ciri fisiknya yaitu sebagai berikut:

Calon Induk Kambing

  • Tubuhnya kompak, memiliki dada yang dalam serta lebar. Pilihlah indukan yang memiliki pinggang dan juga garis punggung yang lurus, dan memiliki tubuh yang besar namun jangan memilih induk yang terlalu gemuk.
  • Lihatlah sorot matanya, pilihlah indukan  dengan soto mata yang ramah dan juga jinak.
  • Carilah indukan yang memiliki kaki yang lurus serta tumit yang tinggi.
  • Perhatikan giginya, lebih baik anda memilihi indukan yang bergigi lengkap serta mampu merumput dengan efisien, pilihlah yang memiliki rahang atas dan bawah yang rata.
  • Pilohlah dari keturunan yang kembar atau jika tidak, anda bisa memilih yang dilahirkan tunggal tetapi dari induk yang masih muda.
  • Pilhlah induk dengan ambing yang simetris dan tidak menggantung, serta memiliki 2 buah puting.

Calon Kambing Pejantan

  • Pilihlah pejantan yang memiliki tubuh yang besar yang bagian belakangnya lebih tinggi dan lebih besar, dada yang lebar, gagah, tidak terlalu gemuk, serta memiliki libido yang tinggi.
  • Pilih pejantan yang memiliki kaki yang lurus serta kuat dan usahakan dari keturunan yang kembar
  • Umur pejantan yang ideal adalah anatar 1,5 tahun hingga 3 tahun.
loading...
Tips Mudah Mendapatkan Indukan Kambing Berkualitas | mata | 4.5