Tips Memilih Usaha Perkebunan Musiman

Untuk melakukan usaha perkebunan maka kita harus memilih cuaca dan kondisi yang bagus. Jika cuaca mendukung dan kondisinya juga bagus maka ini akan sangat membantu anda dalam usaha perkebunan anda. Ada beberapa cara untuk melakukan usaha perkebunan agar usaha anda ini dapat berjalan dengan baik. salah satu caranya adalah :

1. Tempat yang sesuai

Untuk melakukan usaha perkebunan maka carilah tempat yang sesuai dengan jenis perkebunan yang anda budidayakan. Misalnya adalah perkerbunan karet, jika anda melakukan usaha perkebunan karet maka tempat yang sesuai untuk perkebunan karet adalah berada pada ketinggian tempatnya, ketinggian tempat yang seuai untuk perkebunan karet adalah 0-200 mdpl. Daerah ini berada pada daerah rendah. Jadi tempat yang sesuai untuk perkebunan karet yaitu berada pada daerah dataran rendah.

2. Suhu yang sesuai

Suhu juga akan mempengaruhi usaha perkebunan anda. Setiap jenis perkebunan memiliki suhu yang berbeda-beda. Seperti misalnya yaitu perkebunan karet. Perkebunan karet harus memiliki suhu yang sesuai yaitu sekitar 25° – 30° C.

3. Kondisi tanah

Kondisi tanah juga sangat berpengaruh dengan perkebunan yang anda jalankan. Untuk itu perhatikan juga kondisi tanahnya. Tanah yang baik adalah yang memiliki kelembaban yang pas dan memiliki kesuburan yang bagus. Maks pastikan jika tanah mengalami pencemaran, karena jika tanah tercemar maka akan mempengaruhi kesuburan tanah tersebut.

4. Menjaga kondisi sekitar lingkungan perkebunan

Jagalah kondisi lingkungan sekitar perkebunan terlihat bersih. Karena kebersihan itu juga penting dalam kesuburan dan juga pertumbuhan tanaman anda.

Itu beberapa cara untuk melakukan usaha perkebunan. Banyak cara yang bisa sebenarnya harus anda perhatikan, namun hal diatas yang perlu anda perhatikan sekali. Karena keempat hal tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan anda. Jika anda sudah tahu cara melakukan usaha perkebunan, maka disini saya juga akan memberikan tips untuk memilih usaha perkebunan musiman. Untuk melakukan usaha perkebunan musiman maka anda juga harus memperhatikan beberapa tips untuk melakukannya. Tips untuk memilih usaha perkebunan musiman yaitu :

A. Sesuaikan dengan musim

Namanya juga usaha perkebunan musiman, maka kita harus memilih jenis perkebunan sesuai dengan musimnya. Misalnya perkebunan cabai. Perkebunan cabai ini cocok dilakukan pada saat musim panas. Karena dengan musim panas lahan akan menjadi kering, justru dengan lahan yang kering seperti ini maka tanaman cabai bisa dapat tumbuh dan berkembang. Sedangkan saat musim penghujan maka tanaman yang cocok untuk ditanam adalah semua jenis sayuran.

B. Sesuaikan jenis perkebunannya

Untuk melakukan usaha perkebunan musiman maka sesuaikan tanaman anda dengan musim yang sesuaikan dengan musimnya. Jika tidak kita sesuaikan dengan musimnya maka tanaman tersebut tidak akan bisa tumbuh dan berkembang. Jadi sesuaikan jenis tananan anda dengan musim yang sesuai dengannya.

C. Pilihlah tanaman yang mudah dibudidayakan

Biasanya tanaman musiman sangatlah susah dibudidayakan karena cara budidayanya tersebut tergatung dari jenis musim yang terjadi. Untuk menghindari tanaman cepat mati atau busuk maka pilihlah tanaman yang mudah untuk dibudidayakan seperti contohnya adalah tanaman kelapa, teh, karet dll.

Itu beberapa tips untuk memilih usaha perkebunan musiman. Anda bisa melakukan beberapa tips lain yang bisa anda temukan. Namun ketiga hal tersebut sudah sangat bermanfaat jika anda perhatikan dan juga lakukan maka dari itu perhatikan dengan baik tips yang sudah saya jelaskan tersebut. Semoga aritkel tersebut sangat bermanfaat untuk anda. Dengan penjelasan diatas tentunya nanti dapat melakukan usaha perkebunan dan tips memilih usaha perkebunan.

loading...
Tips Memilih Usaha Perkebunan Musiman | author | 4.5