Tips Memilih Indukan Love Bird Berkualitas

Burung adalah salah satu hewan ternak yang diminati oleh banyak kalangan. Salah satu burung yang menjadi idaman adalah Love Bird. Burung ini tidak hanya indah dipandang mata, namun kicauannya juga indah saat didengarkan. Sehingga wajar ketika burung ini bisa menarim simpati banyak orang, bahkan bisa menjadi salah satu cara untuk mengahsilkan uang yang cukup lumayan.

memilih indukan love bird

Di dalam beternak burung Love Bird ini, tentunya semua orang tidak ingin mengalami dan mendapatkan hasil yang kurang maksimal. Salah satu penentu keberhasilan ternak Love Bird adalah pemilihan indukan yang tepat, sehingga harapannya anakan yang dihasilkan juga berkualitas layaknya indukan yang dibudidayakan.

Untuk mendapatkan indukan love bird yang berkualitas, ada beberapa tips memilih indukan love bird berkualitas yang bisa anda gunakan dalam memilih. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Usia. Di dalam memilih indukan love bird yang berkualitas, faktor usia sangatlah menentukan anakan yang dihasilkan. Pada umumnya burung Love Bird sudah mulai bertelur saat memasuki usia 5 bulan. Akan tetapi akan lebih baik ketika induk yang anda tangkarkan sudah berusia antara 7-8 bulan. Jangan sampai anda memilih indukan yang masih sangat muda, sebab organ reproduksinya belum sempurna yang bisa menyebabkan indukan tersebut susah bertelur dan juga berefek pada rendahnya daya tetas telur serta anakan yang rawan mati.
  2. Kesehatan. Pilihlah indukan Love Bird yang sehat, dengan cara melihat gerakannya yang lincah dan gesit. Tak hanya itu, anda juga bisa memperhatikan nafsu makannya yang bagus pula.
  3. Postur Proporsional. Postur tubuh juga mempengaruhi kualitas anak yang dihasilkan. Sebisa mungkin pilihlah indukan Love Bird yang memiliki postur tubuh proporsional, yaitu yang memiliki perbandingan antara leher, badan, ekor serta kaki yang seimbang dan serasi. Dadanya yang lebar serta sayapnya yang mengapit rapat. Pilih juga kaki yang kokoh dan mencengkeram kuat.
  4. Kepala Besar. Love Bird yang berkepala besar pada umumnya bernyali besar pula. Sehingga anakan yang dihasilkan juga akan bernyali dan bermental besar.
  5. Leher Padat Panjang. Love Bird yang memiliki leher yang panjang dan padat serta berisi, pada umumnya memiliki kekuatan suara yang kuat serta prima.

Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika memilih indukan Love Bird yang berkualitas agar bisa menghasilkan anakan yang berkualitas pula.

loading...
Tips Memilih Indukan Love Bird Berkualitas | mata | 4.5