Tips Memilih Ayam Pelung Berkualitas

Ayam pelung adalah salah satu dari dari jenis ayam yang diminati orang, terutama bagiĀ  anda yang hobi mengikuti kontes ayam berkokok. Secara sepintas, mungkin anda akan sulit membedakan antara ayam apelung dengan ayam kampung. Namun sebenarnya, untuk membedakannya juga bukan termasuk hal yang sulit. Anda bisa melihat ciri khusus ayam pelung ini adalah memiliki badan yang lebih besar, disertai dengan jengger dan pial yang juga besar, inilah yang menjadi ciri khusus dari ayam pelung. Anda akan lebih mudah membedakannya ketika ayam ini sudah berkokok, maka akan sangat jelas apakah ayam tersebut adalah ayam pelung ataukah bukan.

cara memilih ayam pelung

majalahburungpas.com

Mengetahui ciri-ciri dari seekor ayam pelung yang berkualitas memang bukan hal yang mudah, apalagi ketika ayam tersebut tidak mau berkokok. Apalagi ketika anda mencarinya untuk kontes, maka kokok menjadi pertimbangan utama. Trah dari ayam pelung yang berkualitas bagus akan memberikan peluang yang lebih besar menurunkan anakan yang berkualitas pula. Namun jika anda sedang kurang beruntung, maka bisa jadi anda mendapatkan kuturunan yang sebaliknya yang mungkin bisa jadi sangat jelek. Harga ayam pelung yang sudah bagus dan berkualitas berbanding lurus dengan harganya yang juga mahal, bahkan selangit. Namun jika anda bisa melihat potensi dari ayam pelung bakalan yang ada kemungkinan berpotensi besar, maka tentunya hal ini sangatlah menguntungkan.

Ayam pelung yang berkualitas, secara umum bisa anda amati dari ciri-ciri fisik yang nampak. Walaupun ciri fisik saja sebenarnya belum cukup tanpa ditunjang dengan perawatan yang baik pula. Namun paling tidak, dengan melihat ciri fisiknya maka peluang untuk mendapatkan ayam pelung yang bagus bisa lebih memungkinkan. Beberapa ciri fisik tersebut adalah:

  • Postur tubuhnya gagah dan besar. Untuk jago bisa anda pilih yang memiliki berat lebih dari 5 kilogram.
  • Memiliki sayap yang kokoh serta bulu yang mengkilap.
  • Memiliki leher yang besar serta panjang. Pada bagian bawah leher, terdapat tembolok yang besar pula dengan posisi yang simetris berada di tengah.
  • Memiliki kepala yang lonjong atau bundar besar, serta menampakkan sifat beringas dan berani.
  • Dadanya bidang serta besar dan nampak kokoh.
  • Memiliki jengger yang tebal serta besar dan menjulang ke atas dengan bentuk gerigi tunggal, pialnya juga berwarna merah dan berukuran besar.
  • Memiliki ukuran kaki yang besar serta kuat. Bentuk kakinya persegi (mblimbing) disertai sisik rapi yang bersih dan mengkilap. Pilihlah warna kaki yang hitam kebiruan, hijau, atau putih keabuan. Jika kaki ayam pelung berwarna kuning, pada umumnya adalah hasil persilangan dengan ayam kampung.

Itulah tips yang bisa anda gunakan untuk memilih ayam pelung yang berkualitas dengan cara melihat ciri-ciri fisiknya. Perlu anda ingat, bahwa ciri fisik yang tepat dibarengi dengan perawatan yang tepat, akan melahirkan ayam pelung yang berkualitas tinggi.

loading...
Tips Memilih Ayam Pelung Berkualitas | mata | 4.5