Sutarjo, Sukses Bisnis Ikan Bakar Berkat Racikan Khas

Sutarjo, Sukses Bisnis Ikan Bakar Berkat Racikan Khas – Setiba di Jakarta, pada suatu hari, ada seseorang yang menawari Sutarjo suatu pekerjaan sebagai cleaning service di sebuah perusahaan. Ia pun menerima tawaran pekerjaan tersebut. Empat bulan kemudian, ia memutuskan berhenti bekerja di sana karena merasa tak betah dengan pekerjaan tersebut.

Sutarjo, Sukses Bisnis Ikan Bakar Berkat Racikan Khas

Sutarjo, Sukses Bisnis Ikan Bakar Berkat Racikan Khas (http://www.resepmasakanbaru.com)


Tak lama kemudian Sutarjo pun beralih pekerjan menjadi seorang pembantu rumah tangga di daerah Jakarta Utara tepatnya Sunter. Lagi-lagi ia mengalami kejadian yang sama, ia merasa bosan dan tak betah dengan pekerjaan sebagai pembantu rumah tangga. Sehingga lima bulan kemudian ia memutuskan berhenti bekerja sebagai pembantu. Kemudian, Sutarjo memutuskan bekerja lagi sebagai cleaning service di sebuah perusahaan.

Dalam waktu tak lama, ia kembali berhenti bekerja sebagai cleaning service, kemudian mencoba menjalani profesi baru sebagai kuli bangunan walau tak mempunyai kemampuan di bidang tersebut. Karena merasa tak betah kerja di bangunan, ia banting stir menjadi pedagang sayur keliling. Dimana di pagi hari, ia berdagang sayur secara keliling. Pada siang hari, ia berjualan minuman ringan. Dan pada malam hari, Sutarjo menjual rokok dan membuka usaha warung makan.

Dalam merintis usaha warung makan, Sutarjo selalu menyediakan menu utama yaitu ikan bakar, berbeda dari pesaingnya yang lebih banyak ikan digoreng. Apalagi ia sudah akrab dengan masakan ikan sehingga mampu membuat bumbu ikan bakar yang nikmat dan lezat serta berciri khas di daerah asalnya. Pria berkulit sawo matang ini bermodalkan alat pembakar dan kaleng bekas serta uang Rp.20.000 membuka warung ikan bakarnya. Ternyata para pembelinya menyukai racikan rasa ikan bakarnya sehingga pembelinya dari hari ke hari bertambah banyak. Dari usahanya tersebut, ia mampu membeli sebidang tanah senilai Rp.250 juta. Di atas tanah itu, ia mengembangkan usaha kedai ikan bakarnya.

Seperti kata bijak yang diucapkan Warren Buffet yakni jangan menyimpan telur di keranjang yang sama. Begitupula yang dilakukan Sutarjo. Selain berbisnis ikan bakar, ia pun beternak tokek dan budidaya rumput laut. Keuntungan dari usaha-usaha tersebut lumayan besar untuk menambah penghasilannya. Namun ia tetap fokus di bisnis ikan bakar.

Sekarang yang patut ia syukuri, kedai usaha ikan bakarnya sudah dikenal banyak orang mulai dari kalangan pejabat hingga kalangan artis. Selain itu, banyak tawaran kerjasama bisnis yang menghampirinya. Ia pun beberapa kali membuka usaha yang sama di beberapa tempat di tanah air, namun mengalami kegagalan. Ditanya mengenai omzet usahanya, ia menyatakan omzetnya mencapai Rp.250 juta perbulan. Lumayan bukan?!

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai usaha ikan bakar yang untungnya menjanjikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca blog mata pencaharian.com. Simak terus artikel-artikel menarik lainnya di blog mata pencaharian.com. Selamat berwirausaha!

Baca juga : Kiat sukses motivator Andrie Wongso

loading...
Sutarjo, Sukses Bisnis Ikan Bakar Berkat Racikan Khas | author | 4.5