pinjaman modal pemerintah pinjaman BRI informasi kpr mandiri informasi kpr syariah

Strategi Menjalankan Bisnis Kuliner

Usaha kuliner merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospek cerah dan menjanjikan. Hal ini disebabkan bisnis kuliner bertujuan memenuhi kebutuhan dasar manusia sehingga jenis bisnis ini tidak akan ada matinya dan berkembang terus di masyarakat. Banyak orang yang menekuni usaha ini. Ada yang gagal. Ada juga yang berhasil. Mereka yang berhasil dalam bisnis kuliner adalah mereka yang mempunyai keunggulan keunggulan produknya dan pelayanannya atau dalam kata lain memiliki strategi menjalankan bisnis kuliner. Namun, kebanyakan para pelaku bisnis kuliner mengalami gulung tikar disebabkan kurangnya persiapan yang matang dalam menghadapi persaingan bisnis kuliner yang ketat.

bbbb

Jika anda tertarik terjun ke bisnis kuliner, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain:

1. Memiliki komitmen. Memiliki komitmen merupakan syarat mutlak yang harus dipunyai seseorang yang akan memulai usaha kuliner. Faktor ini sangat menentukan keberhasilan bisnis kuliner. Walaupun, anda menjadikan bisnis kuliner sebagai usaha sampingan, namun tetap saja anda harus fokus di bisnis makanan tersebut dengan menyediakan waktu khusus untuknya. Komitmen disini meliputi komitmen melayani pelanggan atau konsumen dengan baik atau memuaskan, pemasaran yang menarik, produk yang baik, dan lain lain.

2. Mempersiapkan mental yang kuat. Bisnis kuliner tidak jauh dari untung dan rugi. Para pemula bisnis kuliner harus mempersiapkan mental kuat jika ia mengalami kerugian. Bila rugi atau gagal dalam usaha kuliner harus bangkit memulai usaha yang baru dengan mengambil pelajaran dari kegagalannya tersebut.

3. Memiliki Semangat juang yang tinggi. Lihatlah di sepanjang jalan atau daerah di sekitar anda, ada saja orang yang membuka usaha kuliner. Bisnis ini merupakan usaha yang tingkat persaingannya sangat tinggi. Oleh sebab itu, seseorang yang terjun dalam bisnis kuliner harus memiliki semangat juang yang tinggi. Salah satu bentuknya senantiasa menghadirkan produk kuliner yang bercita rasa enak dan lezat serta menjaga konsistensi rasa lezat tersebut.

4. Inovatif. Untuk mengembangkan bisnis kulinernya, para pelaku usaha kuliner harus mampu bersikap inovatif meliputi bentuk, rasa, cara penyajian, tampilan, kreasi pembuatan dan lain lain. Hal ini membuat konsumen tidak bosan dengan menu yang ada. Tetapi merasa betah, karena selalu saja ada inovasi makanan baru. Inovasi ini pula yang membedakan anda dengan pelaku usaha kuliner lainnya.

5. Promosi. Faktor ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Promosi mengambil peranan penting dalam menentukan kesuksesan bisnis kuliner. Ia berusaha memperkenalkan bisnis kuliner, mengajak orang datang dan kembali lagi sebagai pelanggan loyal. Adapun mengenai promosi bisa dilakukan melalui online dan offline.

6. Memiliki manajemen keuangan yang baik. Salah satu caranya dengan memisahkan uang hasil usaha kuliner dengan uang pribadi. Jangan sampai bercampur karena jika itu terjadi membuat hasil dari bisnis kuliner semu atau tidak nyata. Tidak diketahui untung atau rugi.

Itulah hal hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan seseorang dalam terjun di bisnis kuliner. Semoga bermanfaat.

 

 

loading...

Incoming search terms:

jenis strategi untuk mengembangkat bisnis kuliner -
Strategi Menjalankan Bisnis Kuliner was last modified: November 30th, 2014 by author
Advertisement