Sebelum Membuka Usaha Warnet

Sebelum Membuka Usaha Warnet – Dalam membuka sebuah bisnis warung internet yang dsingkat warnet tidaklah mudah. Dimana seseorang pastinya membutuhkan pengetahuan, keberanian, dan yang tak kalah penting yaitu informasi seputar teknologi komputer. Hal itu disebabkan usaha warnet merupakan bisnis jasa yang memerlukan informasi teknologi terkini. Jika anda berniat membuka usaha warnet, jangan pernah khawatir dan ragu sebab internet telah menjadi sebagian dari kebutuhan hidup manusia sekarang ini.

Sebelum Membuka Usaha Warnet

Sebelum Membuka Usaha Warnet (http://www.batamania.com)

Para pelaku usaha warnet yang masih pemula seringkali mengalami hambatan dan kendala dalam membuka usaha warnet disebabkan keterbatasan atau kekurangan dalam pengetahuan terhadap teknologi komputer terkini. Selain itu, hambatan lainnya adalah keterbatasan pengetahuan tentang jaringan. Berikut ini hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum membuka usaha warnet, antara lain :

1. Pangsa pasar. Sebelum memulai bisnis warnet, sebaiknya anda telah memastikan menemukan satu lokasi atau tempat yang di daerah tersebut kebutuhan terhadap internet sangat tinggi namun masih jarang usaha warnet di lokasi itu. Seperti membuka usaha warnet di daerah yang sangat dekat dengan kampus, perkantoran, sekolah, dan lain sebagainya. Sehingga pasarnya sudah ada dan pangsa pasar yang dituju adalah kalangan mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran dan lain-lain. Melihat pangsa pasar melakukan salah satu hal yang perlu dilakukan Sebelum Membuka Usaha Warnet

2. Kekuatan listrik. Keperluan kekuatan listrik untuk usaha warnet tergolong memerlukan daya atau kapasitas listrik yang cukup tinggi seperti 2500 watt untuk 8 komputer hingga 10 komputer. Jika daya listrik kurang memadai anda bisa menghubungi kantor PLN terdekat untuk bertanya tentang prosedur dan biaya untuk menambah daya listrik agar mendukung untuk usaha warnet

3. Menentukan jenis warnet non game atau warnet game. Jika anda memilih warnet non game maka lebih mudah dijalankan dan lebih banyak nilai postifnya seperti menunjang kalangan pelajar untuk berinternet ria membantu mengerjakan tugasnya. Adapun usaha warnet games seringkali mendapat teguran dan komplain dari masyarakat sekitar sehingga usaha warnet games tidak cocok di lingkungan perumahan yang padat, melainkan cocok dijalankan di ruko atau kios yang berada di pinggir jalan raya. Agar bisnis warnet anda ramai atau dikunjungi banyak orang, salah satu kunci suksesnya adalah pelayanan yang diberikan haruslah baik seperti kenyamanan ruangan, kecepatan koneksi internet, dan lain sebagainya.

Sebelum Membuka Usaha Warnet, komputer yang harus dipersiapkan untuk warnet anda mesti memenuhi spesifikasi yang baik seperti mampu membuka dan menjalankan aplikasi terbaru sekarang ini. Kemudian masalah ruangan warnet buatlah senyaman mungkin dan mampu menjaga privasi pengguna internet sehingga betah berlama-lama di warnet. Akan tetapi, hindari pembikinan bilik-bilik warnet yang 70 persen tertutup untuk menghindari penyalahgunaan koneksi internet dan tempat tersebut. Lalu, usahakan warnet dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap seperti adanya snack, minuman dingin, toilet, wifi, musola, kemudian menerima jasa cetak photo, scanner, printer, jasa pengetikan, dan lain-lain.

Baca juga :

Kiat Bisnis Warnet Ramai Pengunjung

loading...
Sebelum Membuka Usaha Warnet | author | 4.5