Prospek Usaha Budidaya Buah Naga

Prospek Usaha Budidaya Buah Naga – matapencaharian.com.┬áSiapa yang tak kenal dengan buah naga. Buah ini memang sangat terkenal di masyarakat karena rasanya yang nikmat dan harganya yang juga terbilang cukup menguras kocek. Jika kita melihat prospek usaha budidaya buah naga, membudidayakan buah naga bisa menjadi sebuah alternatif yang sangat menjanjikan dalam jangka waktu yang terbilang cukup lama. Mengapa? Karena pohon buah naga ini memiliki umur hidup yang cukup lama, sekitar 20 tahun. Sehingga bisa menjadi investasi jangka pangjang yang luar biasa. Selain itu, dalm setiap bulannya buah naga ini akan selalu berbuah, sehingga anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat yang sangat besar.

prospek budidaya buah naga

Buah naga bisa dikembangkan dengan cara stek, yang masing-masing tiangnya harus diberikan sebuah peyangga yang kira-kira berjarak 3 meter antara pohon yang satu dengan pohon yang lainnya. Hal ini agar energi cahaya matahari bisa masuk ke dalam sela-sela batang buah naga dengan lebih leluasa, sehingga proses fotosintesis dapat berjalan dengan lancar, dan akan berimbas kepada kualitas buah yang dihasilkan.

Buah naga adalah termasuk tanaman kering, sehingga tanaman ini tidak tahan berada di lingkungan yang lembab. Sehingga sangat penting untuk menjaga tanah di sekitar pohon buah naga ini tetea kering. Selain itu, agar pertumbuhannya lebih cepat dan bagus, maka lebih baik rumpunnya dilingkari dengan ban bekas mobil. Hal ini untuk menjaga agar tanahnya dalam kondisi padat.

Tanaman buah naga ini akan mulai berbuah ketika sudha berumur delapan bulan. Dengan perawatan yang baik, maka tanaman ini akan menghasilkan produksi buah naga yang cukup banyak. Dalam 1 hektar lahan, anda bisa mengahsilkan sekitar 3 ton buah naga untuk setiap bulannya. Dan anda bisa membayangkan, terhitung sejak bulan ke delapan sampai umur ke-20,setiap bulannya anda bisa memanen sekitar 3 ton buah naga. Ini adalah sebuah peluang yang sangat luar biasa untuk anda manfaatkan dengan semaksimal mungkin.

Untuk harganya bervariasi tergantung berat dari buah naga tersebut. untuk kelas super yang beratnya melebihi 500 gram, jika dijual di kebun berharga Rp 18 ribu per kilogramnya. Namun jika dijual ecer, bisa mencapai Rp 25 ribu. Untuk kelas A dengan berat 400-500 gram harganya Rp 16 ribu per kg. Kelas B yang beratnya 300-400 gram dihargai Rp 14 ribu. Dan untuk kelas C yang paling kecil dengan ukuran di bawah 300 gram, bisa laku dengan harga Rp 10 ribu per kg.

Selain dujial dalam bentuk buah, bisa juga dijual dalam bentuk olahan lain seperti kue, jus, selai dan lain sebagainya. Sehingga peluang yang sangat luas dan menjanjikan ini dapat anda manfaatkan untuk mulai menekuni usaha budidaya buah naga ini.

loading...
Prospek Usaha Budidaya Buah Naga | mata | 4.5