Prospek Cerah Budidaya Jamur Tiram

Prospek Cerah Budidaya Jamur Tiram – matapencaharian.com. Hidup sehat sepertinya sudah mulai diterapkan untuk menghindari berbagai macam penyakit yang sudah semakin bervariasi di zaman sekarang ini. Sehingga peluang usaha yang mengarah kepada kesehatan merupakan peluang bisnis yang bisa menarik minat banyak orang. Salah satunya adalah budidaya jamur tiram. Anda pastinya sudah mengenal jamur tiram. Bahkan mungkin, anda sudah sering mengkonsumsinya.

budidaya jamur tiram

Jamur adalah salah satu makanan yang sedang populer dan juga menjadi makanan favorit. Hal ini karena sudah maraknya isu kesehatan yang beredar di masyarkat. Sehingga memakan jamur adalah salah satu alternatif untuk tetap hidup sehat. Sebab jamur tiram ini mengandung protein, kalori dan juga hidrat yang cukup rendah, sehingga sangat cocok untuk kesehatan.

Dengan melihat peluang yang ada di atas, maka memilih bisnis budidaya jamur tiram adalah sebuah pilihan yang sangat tepat. Jamur tiram bisa dikonsumsi dengan berbagai macam cara, anda bisa menjadikannya lauk dengan memasaknya ketika masih segar, atau bisa juga diolah untuk dijadikan keripik  sehingga bisa menjadi camilan alernatif yang menyehatkan.

Selain itu, perawatan untuk budidaya jamur tiram juga tidak terlalu sulit. Sebab jamur tiram ini bisa hidup pada suhu yang biasa, tidak seperti jamur merang yang butuh tempat yang tertutup dan juga hangat. Dengan begitu, anda tidak perlu membangun barak untuk membudidayakan jamur tiram ini. sehingga anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak.

Ada 2 hal penting yang perlu untuk anda persiapkan ketika hendaka membudidayakan jamur tiram ini. dua hal itu adalah bibit serta media tanamnya. Anda pun juga bisa mendapatkan bibit serta medai tanam jamur tiram dengan harga yang cukup terjangkau pula, karena harga 1 baglog jamur tiram berkisar antara 1.800 – 2.200 rupiah saja per buahnya. Cukup murah bukan?

Ditambah lagi, produktifitas dari 1 baglog jamur tiram ini adalah sekitar 30%-35% dari berat baglognya. Artinya ketika 1 baglog mempunyai berat 1 kg, berarti potensi untuk menghasilkan jamur tiram sekitar 300 s/d 350 ons, yang mana potensi ini didapatkan dalam sekali panen. Sedangkan untuk jamur tiram sendiri, dalam satu kali budidaya dapat dipanen sampai 9 kali.

Itulah prospek dari budidaya jamur tiram yang bisa anda mulai dengan modal yang tidak terlalu besar, namun prospeknya masih sangat luas. Bahkan ketika anda bisa memasok ke beberapa rumah makan, maka tentu harganya akan lebih mahal. Jadi tidak ada salahnya ketika anda mengambil peluang emas ini.

loading...
Prospek Cerah Budidaya Jamur Tiram | mata | 4.5