Prospek Bisnis Budidaya Bonsai

Prospek Bisnis Budidaya Bonsai – Peluang usaha di bidang pertanian sangat menjanjikan untuk dijalankan karena berpotensi mendulang keuntungan lumayan besar. Selain itu, peluang bisnis di bidang pertanian banyak ragamnya. Seperti usaha budidaya jamur, durian, semangka, jeruk, rambutan, mangga, kentang dan lain sebagainya. Dan salah satunya usaha budidaya bonsai.

Prospek Bisnis Budidaya Bonsai

Prospek Bisnis Budidaya Bonsai (http://www.en.wikipedia.org)

Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata bonsai. Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan sehingga tampil sangat indah dan menarik. Tanaman bonsai bukan hanya bentuknya berpenampilan indah, namun bisnis budidaya bonsai pun tergolong berpenampilan lebih indah. Tanaman unik dan kecil ini senantiasa diburu banyak orang sebagai hiasan rumah walaupun harga jual bonsai lumayan sangat tinggi. Akan tetapi, untuk menjalankan usaha budidaya bonsai memerlukan ketekunan dan kesabaran dalam menjalankannya.

Salah satu pelaku usaha yang menekuni bisnis budidaya bonsai adalah wanita bernama Ayu yang berasal dari Jambi. Ia menekuni usaha budidaya bonsai karena menurutnya usaha pertanian ini tak ada matinya, senantiasa diincar banyak orang. Wanita yang hobi merawat bonsai ini menuturkan bahwa bonsai adalah salah satu karya seni yang tidak akan pudar, ia akan selalu ada di tanah air.

Usaha budidaya tanaman bonsai bisa dibilang susah-susah gampang. Untuk menghasilkan bonsai dengan kualitas baik perlu diperhatikan dua hal yakni pertumbuhan rekayasa bonsai disesuaikan pembentukan dan pertumbuhan alaminya. Selain itu, pelaku usaha budidaya bonsai perlu memiliki bekal pemahaman dan pengetahuan yang cukup mengenai hortikultura.

Jika dilihat secara historis, tanaman bonsai berasal dari negeri China lalu dikembangkan di negara Jepang. Kemudian setelah dibudidayakan di negara Indonesia ternyata banyak masyarakat tanah air yang menyukai jenis tanaman bonsai. Bahkan permintaan masyarakat Indonesia akan bonsai sangat tinggi. Hal inilah yang menyebabkan Ayu dan suami tercinta, Iskandar menjalankan usaha budidaya bonsai sejak tahun 2007.

Prospek Bisnis Budidaya Bonsai
Pada awalnya, Iskandar menjalankan bisnis budidaya bonsai sebagai usaha sampingan untuk menambah penghasilan keluarga. Adapun pekerjaan utama Iskandar selain berprofesi sebagai penjual gorengan, ia juga seorang guru di sebuah sekolah di Jambi. Berbekal ilmu yang didapatkan di salah satu pusat pembuatan bonsai terbaik, pria yang pernah mengenyam kuliah ini memutuskan memulai usaha budidaya bonsai di Jambi.

Sementara itu, masyarakat di tanah air seringkali menjadikan tanaman bonsai sebagai tanaman untuk menghiasi rumah. Selain itu, tanaman bonsai mampu membuat udara di sekitar rumah menjadi lebih segar. Berdasarkan hal tersebut, permintaan tinggi terhadap tanaman bonsai membuat usaha ini sangat menguntungkan bagi siapa saja yang menjalankannya, salah satunya Iskandar. Usaha budidaya bonsai yang dijalani Iskandar mengalami perkembangan bisnis yang lumayan pesat. Hal ini tak terlepas dari permintaan yang sangat tinggi dari masyarakat terhadap bonsai baik bonsai buah-buahan maupun bonsai bunga.

Itulah yang bisa penulis sampaikan mengenai Prospek Bisnis Budidaya Bonsai. Mudah-mudahan artikel ini dapat memotivasi para pembaca agar dapat mengembangkan budidaya bonsai dan menjadikannya suatu peluang usaha yang menguntungkan. Tetaplah setia di blog mata pencaharian.com untuk membaca artikel-artikel menarik lainnya. Selamat berbudidaya bonsai! Semoga sukses!

Baca juga :

Ayo Wirausaha Di Bidang Pertanian

Incoming search terms:

bisnis bonsai - peluang usaha bonsai - bisnis tanaman bonsai - peluang bisnis bonsai - prospek bisnis bonsai - peluang usaha tanaman bonsai - Peluang bisnis tanaman bonsai - usaha tanaman bonsai - Prospek usaha bonsai - cara berbisnis bonsai - peluang usaha budidaya bonsai - prospek budidaya bonsai - bonsai prospek - prospek bisnis tanaman bonsai - Berbisnis bonsai - budidaya tanaman hias bonsai - bisnis pohon bonsai - bisnis bonsai online - usaha budidaya bonsai - cara usaha tanaman bonsai -
loading...
Prospek Bisnis Budidaya Bonsai | author | 4.5