Pemeliharaan Kenari Kala Musim Penghujan

Ketika musim penghujan tiba, kebanyakan burung akan menjadi lebih pendiam dan jarang beraktifitas, termasuk burung kenari. Penyebabnya adalah cuaca yang dingin dan juga sering berubah-ubah, burung kenari akan menggembungkan bulunya gara tubuhnya lebih hangat dan cenderung untuk berdiam diri, sehingga agak susa untuk membuat burung ini tetap berkicau seperti ketika musim panas. Burung kenari yang jarang berkicau ini tentunya menjadi masalah tersendiri bagi para pemelihara kenari, sebab kenari dipelihara adalah untuk mendengar kicaunya yang unik. Oleh karena itu, di sini ada beberapa tips bagaimana memelihara burung kenari saat musim hujan.

merawat burung kenari di musim hujan

Dari berbagai macam literatur yang ada, pemeliharaan kenari di kala musim penghujan tiba adalah dengan pemakaiaan kerodong secara full, namun resletingnya dibuka. Tujuannya adalah agar burung tersebut tidak terkena terpaan angin dingin dan juga untuk menjaga stamina burung agar tetap sehat. Sebab apabila kenari tersebut terkena pilek atau flu, penyembuhannya bisa lebih lama.

Selain itu, pemberian Extra Fooding (EF) juga menjaga stamina dan juga kesehatan burung kenari. EF yang tepat bagi kenari adalah Cede Kenari dan Telur Puyuh. Sedangkan untuk biji-bijian, anda bisa lebih memperbanyakbiji sawi yang warnanya hitam. Berdasarkan kepada pengalaman beberapa orang, burung kenari yang tidak diberikan EF berupa cede Kenari, kicaunya kan berkurang, bahkan sangat jarang berkicau. Kemuidan untuk pemberian sayur, bisa diberikan dengan durasi 2 pekan sekali, dan selebihnya anda bisa memberikan apel merah untuk mencukupi kebutuhan vitaminnya.

Ketika musim penghujan, sebaiknya anda menghindari untuk memandikan burung kenari. Namun ketika cuaca agak panas, dan burung kenari tersebut mandiri sendiri, biarkan saja. Jangan lupa bersihkan kotoran yang ada di dalam kandang setiap hari, agar burung kenari yang berada di dalam kerodong merasa bersih dan juga lebih terjaga kesehatannya.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa anda lakukan untuk tetap membuat burung kenari anda tetap berkicau di kala musim penghujan tiba. Sehingga walaupun cuaca agak dingin, burung kenari anda tetap akan gacor dan tidak cenderung berdiam diri saja.

Incoming search terms:

kenari menggelembungkan bulu - kenari menggembungkan bulu - perawatan kenari rumahan - burung kenari - perawatan kenari di musim hujan - perawatan kenari musim hujan - cara merawat kenari di musim hujan - merawat kenari di musim hujan - cara merawat kenari rumahan - ef kenari saat musim hujan - kenari sering mengembungkan bulu - perawatan kenari saat musim hujan - ternak kenari di musim hujan - merawat kenari saat musim hujan - kenari mengembungkan bulu - kenari musim hujan - merawat kenari musim hujan - perawatan kenari dimusim hujan - kenari menggembungkan bulunya - ef untuk kenari -
loading...
Pemeliharaan Kenari Kala Musim Penghujan | mata | 4.5