Pembiayaan Kredit Tabur Puja dari Bank Jatim

Angka kemiskinan di negara ini yang terlanjur keterlaluan, harus secepatnya diturunkan. Mereka warga miskin itu, harus dibantu untuk mengubah nasibnya agar lebih baik. mereka sangat membutuhkan bantuan dalam bentuk apapun, baik bantuan secara tunai, barang, pengajaran skill atau keahlian, meupun bantuan kredit atau pembiayaan dengan bunga lunak dan tidak mencekik. Jangan sampai mereka terus berkubang di tempat yang sama hingga akhir hayatnya dengan predikat, yaitu kemiskinan.

kredit tabur puja bank jatim

Kredit Tabur Puja bagi warga miskin

Salah satu bantuan yang bisa diberikan kepada warga miskin, yaitu berupa kredit atau pembiayaan. Oleh karena itu, salah satu Bank Pembangunan Daerah, yaitu Bank Jatim berinisiatif membantu para warga miskin tersebut. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur atau Bank Jatim sekitar awal tahun 2013 secara resmi meluncurkan Kredit Tabur Puja bagi warga miskin di 38 kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Timur.

Kredit Tabur Puja tersebut diberikan sebagai modal usaha warga miskin tanpa barang jaminan atau agunan. Setiap orang mendapat alokasi kredit Rp 2 juta. Dengan begitu total dana yang disediakan oleh Bank Jatim dalam program Kredit Tabur Puja ini sekitar Rp 10 miliar. Dengan dana modal awal Rp 2 juta, diharapkan warga miskin dapat memanfaatkannya untuk mengembangkan sebuah usaha yang dapat diandalkan sekaligus kompetitif. Dengan begitu, mereka sedikit demi sedikit akan mulai keluar dari kubangan kemiskinan yang selama ini menjeratnya.

Sementara itu, untuk mendapatkan Kredit Tabur Puja tersebut, warga miskin harus membentuk kelompok usaha yang beranggotakan 10 hingga 20 orang. Usaha yang dilakukan harus bisa mendorong peningkatan kesejahteraan kelompok. Jika belum memiliki kelompok usaha, pihak Bank Jaim memberikan waktu agar warga miskin membuatnya terlebih dahulu. Dengan bukti pendirian kelompok usaha tersebut, warga miskin dapat menikmati Rp 2 juta untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi.

Mendorong warga miskin bekerja keras

Jangka waktu pengembaliaan Kredit Tabur Puja berlangsung selama tiga tahun. Bila sanggup melunasi kredit sesuai tenggat waktu, maka kelompok bisa mengajukan kredit dengan nilai plafon yang lebih tinggi. Sebagai contoh, tahun ini mendapat bantuan kredit sebesar Rp 2 juta. Ternyata, pengembalian kreditnya lancar sesuai waktu alias tidak kredit macet. Pihak Bank Jatim akan dengan senang hati memberikan bantuan modal lebih besar lagi, yaitu Rp 5 juta hingga Rp 10 juta.

Kredit Tabur Puja akan mendorong keluarga miskin untuk bekerja keras memaksimalkan usahanya. Kredit ini bisa meningkatkan taraf kehidupan keluarga miskin dengan usaha yang dimilikinya. Pada intinya, pemerintah provinsi ingin mendorong seluruh warga miskin keluar dari garis kemiskinan dengan usaha mereka sendiri. Sementara pihak bank pelaksana dan pemerintah hanya sebatas mendorong dan mendukung langkah untuk keluar, yaitu salah satunya dengan pemberian Kredit Tabur Puja ini. Di lain sisi, pemerintahan provinsi diharapkan dapat mendorong pengusaha-pengusaha besar di daerahnya untuk menanamkan uangnya di Bank Jatim. Sebab dari uang simpanan tersebut akan diputar untuk memberikan kredit yang lebih besar kepada pengusaha kecil.

Incoming search terms:

Bantuan modal bank jatim - kredit tabur puja bank jatim - kredit warga miskin bank jatim -
loading...
Pembiayaan Kredit Tabur Puja dari Bank Jatim | mata | 4.5