Peluang Usaha Ternak Madu Hutan

Madu merupakan salah satu makanan sehat yang dapat ditemukan dari alam, selain menyehatkan produk makanan yang satu ini juga dapat dijadikan sebagai produk kecantikan kulit dan wajah. Madu memang masuk salah satu bahan alam yang tidak hanya baik untuk dikonsumsi oleh tubuh karena beragam kandungan di dalamnya, namun madu juga sangat dikenal dalam produk kecantikan yang dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Banyaknya manfaat madu sebagai produk yang kesehatan maupun kecantikan, menjadikan produk alam yang satu ini patut dijadikan sebagai salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Terutama di masa sekarang ini, masyarakat sudah banyak menyadari betapa produk yang satu ini memiliki khasiat luar biasa untuk memenuhi kebutuhan sehai-hari mereka.

peluang usaha ternak madu hutan

Ada 2 jenis madu yang terdapat di pasaran Indonesia, yakni jenis madu ternak dan juga jenis madu hutan. Ke-2 jenis madu ini sama-sama memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehata tubuh, perbedaannya adalah dalam cara mendapatkan produk alam yang satu ini.

Untuk madu ternak sendiri, sesuai dengan namanya madu yang satu ini didapatkan madu lebah yang diternakan oleh petani. Sumber nectar yang didapatkan oleh madu ini berasal dari ladang pertanian, semisal pertanian lengkeng, pertanian apel, dan lainnya, oleh karenanya hasil madu ini dinamai sesuai dengan jenis nectar yang digunakan semisal madu lengkeng, madu apel, dan lainnya.

Sedangkan untuk madu hutan, sesuai dengan namanya pula jenis madu yang satu ini didapatkan dari hutan yang berasal dari lebah hutan yang sulit untk diternakan. Berbeda dengan madu ternak, warna madu hutan biasanya tidak terlalu jernih namun madu murni yang ada di dalamnya mencapai 22% maksimal sedangkan madu ternak mencapai 18% maksimal. Penamaan dari hasil madu ini juga berdasarkan pada lokasi atau nama hutannya.

Peluang usaha ternak madu hutan ini tentunya dapat dikembangkan menjadi sebuah produk organis, caranya sendiri dapat dilakuan dengan proses pembudidayaan secara lestari kawasan hutan yang sebelumnya telah dikelola dengan cara yang alami. Bukan hanya madunya saja, sarang lebah Apis Dorsata ini juga dapat dijadikan produk lain yang bermanfaat, seperti misalnya produk lilin atau produk lainnya yang dapat dimanfaatkan.

Selain dari keuntungan finansial yang didapat, dengan menjadikan madu hutan sebagai salah satu peluang usaha menjanjikan milik Anda, kegiatan pelestarian hutan secara alami ini juga dapat membantu program konservasu hutan yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar hutan tersebut.

Dengan menjadikan madu hutan sebagai peluang usaha, ada banyak manfaat atau keuntungan lain yang dapat dihasilkan dan itu bukan hanya keuntungan secara finansial namun juga keuntungan secara keseluruhan untuk masyarakat. Untuk dapat mengembangkan usaha yang satu ini, tentunya diperlukan kerjasama yang tidak sedikit, pasalnya untuk menjaga kelestarian hutan secara baik tidak dapat dilakukan oleh satu pihak melainkan juga membutuhkan kejasama pihak lainnya yakni masyarakat itu sendiri.

Selain cara pengembangannya, dalam menjalankan bisnis juga diperlukan strategi bisnis yang ampuh agar usaha yang dijalankan dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang ke arah yang lebih baik lagi. strategi marketing dan strategi pengembangan sangt penting agar produk yang dihadilkan bukan hanya berkembang secara lokal saja, namun juga dapat bersaing dengan produk lain yang berasal dari luar negeri.

Jika ditilik dari segi usaha yang menjanjikan, madu hutan merupakan jenis usaha yang tidak akan mati, pasalnya madu hutan menjadi salah satu produk pokok baik untuk makanan maupun kecantikan.

loading...
Peluang Usaha Ternak Madu Hutan | mata | 4.5