Peluang Usaha Tanam Kentang Untung 12 Juta

Bercocok tanam atau memanfaatkan kosong untuk dijadikan sebagai lahan pertanian merupakan hal yang bijaksana, karena dengan begitu setidaknya kita akan mendapatkan hasilnya. Ada banyak jenis sayuran yang dapat dijadikan sebagai pertanian, diantaranya menanam sayuran ataupun menanam buah-buahandan salah satu peluang usaha pertanian yang menguntungkan adalah peluang usaha tanam kentang untung jutaan.

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat, tanaman yang satu ini bahkan dijadikan sebagai salah satu tanaman untuk makanan pokok di suatu daerah. Di kecamatan Modoinding, salah satu kecamatan yang berada di kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) merupakan salah satu tempat yang menjanjikan untuk memulai usaha pertanian. Memiliki tanah yang subur serta iklim yang sesuai membuat daerah yang satu ini sangat cocok dijadikan surge horticultural.

perkebunan kentang untung besar

Hampir keseluruhan daerah Modoinding dijadikan sebagai lahan pertanian, salah satunya yakni laha pertanian untuk jenis sayuran kentang. Salah sat petani yang menjadikan kentang sebagai salah satu sayuran yang ditanamnya adalah Ferry Manimpurung, menurutnya sendiri yang dilansir dari tribunnewsmanado bahwa ia telah bertani selama 20 tahunan. Awal usaha bertaninya ia hanya mengolah 1/3 ha kebun yang ia tanami dengan batang bawang dan juga kentang, kemudian lahan yang ditanaminya berkembang menjadi 3 ha.

Jenis kentang yang ditanamnya merupakan jenis Super John, yakni jenis kentang unggulan yang memiliki ukuran besar dan juga berisi. Menurutnya lagi, kentang ini merupakan jenis tanaman ungulan yang berada di wilayah Modoinding. Ferry sendiri ketika pertama kali menanam kentang di lahan dengan luas 3 ha, ia mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dengan memanen 1000 bantal dalam kurun waktu 2 bulan penanaman. Untuk satu bantal sendiri, banyaknya kentang yang dihasilkan adalah 48 kg.

Bukan hanya kentang saja, Ferry juga menanam jenis sayuran lain sepeti wortel dan juga kol secara bergantian. Dari ke-3 jenis tanaman sayuran tersebut, Fery bukan hanya mengantongi keuntungan 12 juta saja namun lebih. Untuk jenis tanamn kol per ha tanam saja, keuntungan yang dapat diraih sampai dengan 50 – 55 jutan yang tentunya disesuaikan denganperawatan dan juga harga pasarannya.

Untuk jenis sayuiran wotel, Ferry menceritakan bahwa dari sekali panen dari lahan dengan luas 1 ha saja ia mendapatkan keuntungan hinga Rp. 21 juta. Ia juga menambahkan jika perawatan yang dilakukan bagus, hasil tanam yang dicapai dapat berkisar 3000 bantal dalam 1 ha saja. Jika perawatan minim, maka keuntungan yang dicapai Rp. 12 juta. Menurutnya lagi, tanaman wortel bukanlah jenis tanaman yang susah dirawat.

Untuk kentang sendiri, menurut Ferry dalam satu kali panen dengan luas wilayah tanam sebesar 1 ha ia akan mendapatkan hasil sebanyak 80 bantal. Harga dari 1 bantal sayuran kentang ini berkisar Rp. 150 ribu, jadi jika dikalikan hasilnya untuk tanaman kentang ini ialah RP. 12.000.000.

Selain Ferry, tentunya masih ada warga lain yang menggeluti bidang pertanian ini. Salah satunya yakni Hengky Sakul yang telah melakukan usaha tani ini selama 30 tahun. Hengky menyewa tanah dengan luas 1/3 ha yang ditanami dengan sayuran bawang dan kentang, namun juga terkadang ia menanam wortel jika memungkinkan.

Jika ada kemauan, tentunya pasti ada jalan. Jenis usaha pertanian menjadi salah satu jenis usaha yang paling banyak dilakukan oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Keuntungan yang didapat dari usaha ini sangat besa, dengan syarat ditekuni dengan baik.

Incoming search terms:

bertani kentang yg menjanjikan - bisnis pertanian kentang wortel - kebun sayur sayuran - peluang bisnis tanaman kentang - peluang usaha tani kentang -
loading...
Peluang Usaha Tanam Kentang Untung 12 Juta | mata | 4.5