Peluang Usaha Rumahan Ternak Kambing

Kambing merupakan salah satu hewan pemakan rumput atau herbivora. Daging kambing disukai banyak orang karena rasanya yang enak, dan bercita rasa khas. Daging kambing dapat diolah menjadi berbagai macam olahan masakan yang enak nan lezat. Konsumsi daging kambing di tanah air sangat tinggi dan setiap tahun meningkat, apalagi pada saat acara ibadah keagamaan Islam seperti Aqiqah dan Idul Adha dimana diwajibkan menyembelih hewan kurban seperti kambing.

kambing

Pada waktu menjelang Aqiqah dan Idul Adha para peternak kambing akan meraup keuntungan yang sangat besar. Begitupula para penampung. Banyak orang akan membeli kambing untuk keperluan tersebut. Adapun daging kambing bisa dijadikan rendang, sate kambing, sayur kambing dan lain-lain yang biasa tersaji di dalam rumah makan atau restoran. Pendek kata, prospek usaha ternak kambing sangat menjanjikan. Namun data dari lapangan, sedikit pelaku usaha yang mau terjun ke bisnis ini lantaran proses penjualan yang lama, dicap pekerjaan rendahan dan kotor.

Bisnis atau usaha ternak kambing biasanya dijalankan di daerah pedesaan-pedesaan sebagai usaha sampingan keluarga secara tradisional. Usaha ternak kambing bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Seperti yang dirasakan Andi Nata seorang pengusaha peternakan kambing dan domba. Berkat ketekunannya, ia mampu memperoleh pendapatan bersih sekitar tiga puluhan juta rupiah setiap bulannya. Lumayan bukan??

Awal kisahnya, ia membeli kambing muda sebesar Rp.800 ribu hingga Rp1,1 juta sebanyak 10 ekor. Kemudian kambing tersebut dipelihara dalam jangka waktu satu tahun. Pada saat hari Idul Adha, ia menjual kembali kambing-kambingnya, dimana satu ekor kambing dijual seharga Rp.2,5 juta.  Ia memperoleh pendapatan kotor sebesar 10 x Rp. juta = Rp. 25 juta. Atau keuntungan bersih Rp. 1juta perbulan. Lumayan kan?? Dari situ, ia mengembangkan usahanya dengan upaya pembibitan dan pembesaran kambing. Atas upayanya tersebut, jumlah kambing yang berhasil ia ternakkan sekitar 300 ekor. Bisa anda bayangkan sendiri berapa penghasilan dari bisnis ini 300 x Rp. 2.000.000 = Rp. 600 juta.

Peluang bisnis rumahan ternak kambing ini terbuka sangat lebar bagi siapapun juga dengan potensi keuntungan yang sangat besar. Usaha ini semakin mudah dan menjanjikan dengan makin berkembangnya teknologi peternakan seperti pakan rumput yang bisa difermentasikan sehingga bisa lebih awet dan irit. Hal ini membuat anda tidak kesulitan lagi dalam mencari rumput dalam jumlah yang banyak. Salah satu keuntungan bisnis ini adalah anda tidak usah membeli pakan untuk kambing, melainkan pakan kambing sudah tersedia secara gratis oleh alam.

Demikianlah tulisan yang mengulas tentang peluang usaha ternak kambing ini. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi para pembaca. Segera action! Selamat berwirausaha!!Salam Sukses!!

 

 

 

Incoming search terms:

prospek ternak kambing - Usaha ternak kambing - prospek beternak kambing - ternak search results kisah sukses peternak kambing - modal ternak kambing - bisnis ternak kambing - ternak kambing modal 5 juta - ternak kambing - kisah sukses ternak kambing - kisah sukses peternak kambing - peluang ternak kambing - prospek peternakan kambing - keuntungan beternak kambing - prospek usaha ternak kambing - kisah peternak kambing - modal awal ternak kambing - ternak kambing rumahan - modal usaha ternak kambing - kisah peternak kambing yang sukses - kisah sukses beternak kambing -
loading...
Peluang Usaha Rumahan Ternak Kambing | author | 4.5