Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin Yang Menggiurkan

Sebagian orang pasti sudah mengenal ikan patin. Ikan patin merupakan salah satu jenis ikan berkumis. Ikan ini terkenal sebagai ikan yang dapat berukuran besar yakni bisa mencapai sekitar 1 meter s/d 2 meter. Ikan patin merupakan salah satu ikan yang paling populer di masyarakat sebagai ikan konsumsi sehari-hari maupun sebagai ikan pancingan.

patin

Usaha budidaya ikan patin masih jarang dikenal dan dilakukan orang, tidak seperti budidaya ikan lele dan ikan gurame. Namun, budidaya patin sangat menjanjikan untuk dijadikan suatu peluang usaha berpotensial sekali dengan keuntungan besar. Apalagi dengan kebijakan pemerintahan Joko Widodo sekarang ini yang membatasi impor ikan sehingga potensi usaha produksi ikan di dalam negeri cukup cerah prospeknya dan menjanjikan.

Berdasarkan hal itulah, potensi usaha budidaya ikan patin masih terbuka lebar untuk dikembangkan bagi siapapun yang ingin terjun ke bidang usaha perikanan ini. Usaha ini bisa dijadikan usaha sampingan yang sangat potensial. Produksi ikan patin dalam negeri meningkat setiap tahun. Banyak para peternak ikan patin yang sukses di Indonesia menjalankan usaha perikanan ini dengan mampu meraup pendapatan bersih hingga ratusan juta rupiah perbulan. Lumayan kan?

Salah satu contohnya adalah desa Koto Mesjid, sebuah desa yang asalnya miskin, kemudian berubah menjadi desa yang makmur dan sejahtera berkat usaha sampingan budidaya ikan patin.

Adapun yang menjadi kekurangan budidaya ikan patin ialah ikan ini mempunyai masa panen yang lebih lama sekitar tujuh bulan. Namun bisa diatasi dengan cara menjual dalam bentuk pembenihan ikan patin. Kekurangan berikutnya, ikan patin rentan tekena hama penyakit seperti serangan jamur.

Sementara itu, kelebihan budidaya ikan patin antara lain : pemeliharaan ikan ini sangat mudah dilakukan dimana tidak seperti ikan lele. Ikan patin bukanlah jenis ikan kanibal sehingga bisa hidup dengan mudah. Tidak seperti lele yang harus dilakukan penyaringan ukuran ikan untuk menghindari kematian. Kelebihan lainnya, panen ikan patin bisa menghasilkan hasil panen yang melimpah sehingga keuntungan yang didapat bisa sepuluh kali lipat lebih dari modal usaha yang telah dikeluarkan.

Anda tertarik membudidayakan ikan patin? Bisnis budidaya ikan patin ini cocok sekali bagi anda yang mempunyai halaman rumah dan lahan yang luas dengan modal yang lumayan besar. Apabila anda tidak mempunyai modal besar, anda tetap bisa menjalankan usaha budidaya ikan patin di kolam terpal pada tahap pembenihan bibit. Selanjutnya, anda bisa pula membuka usaha olahan ikan patin sehingga keuntungan yang didapat berlipat-lipat.

Demikianlah artikel yang membahas seputar peluang usaha budidaya ikan patin yang cukup menjanjikan dan menggiurkan ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca dalam menemukan peluang usaha yang baru. Simak artikel-artikel menarik lainnya di matapencaharian.com. Selamat berwirausaha! semoga sukses!

loading...
Peluang Usaha Budidaya Ikan Patin Yang Menggiurkan | mata | 4.5