Peluang Usaha Bisnis Abon Cabe

Peluang Usaha Bisnis Abon Cabe – matapencaharian.com.┬áSeperti yang kita ketahui bersama, bahwa abon adalah makanan yang asalnya dari olahan daging sapi, ayam dan juga ikan. Akan tetapi dengan berbagai kreatifitas yang muncul, sekarang abon tidak hanya berupa olahan daging saja, namun berasal dari olahan buah cabai. Bahkan abon yang berasal dari cabe ini sudah mulai dikenal oleh khalayak ramai, bahkan sampai ke negri Eropa. Ini artinya bisnis abon cabe merupakan sebuah bisnis yang memiliki prospek yang sangat menjanjikan.

peluang bisnis abon cabe

Ketika anda hendak menggeluti usaha bisnis abon cabe ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar usaha anda lebih maksimal diantaranya adalah:

Menciptakan abon cabe yang unik

Dengan semakin populernya abon cabe, tentunya anda harus membuat produk abon yang unik agar mendapatkan respon positif di masyarakat. Anda bisa menciptakan berbagai macam varian rasa seperti abon cabai ikan teri, abon cabai udang, dan sebagainya. Untuk membuat rasa yang unik ini, anda bisa menunis bahan tambahnnya berbarengan dengan cabe yang sudah dihaluskan.

Menyiapkan kemasan serta merek

Pada umumnya, abon cabe ini mempunyai dua jenis kemasan, yaitu kemasan yang berupa plastik dan kemasan yang berupa botol palstik. Anda harus memastikan bahwa kemasan tersebut tertutup rapat agar tidak terkontaminasi. Dan agar menarik, anda juga harus memberikan nama atau merek yang menarik, unik, serta mudah diingat.

Mencari Pasar dan strateginya

Akan lebih baik ketika anda hendak menggeluti bisnis abon cabe ini, anda meakukan sebuah riset kecil-kecilan dan juga mempunyai gambaran tempat yang tepat untuk melakukan pemasaran abon cabe tersebut. Anda bisa melakukan riset skala kecil dengan memanfaatkan jejaring sosial yang ada, dan juga bisa anda gunakan untuk memperluas jangkauan pemasaran abon cabe anda tersebut. Anda juga harus menentukan harga jual yang pas bagi konsumen, misalnya abon cabe kemasan 100 gram, biasanya dijual dengan harga rp 30-40 ribu.

Perkuat dengan legalitas hukum

Berbisnis bidang kuliner memang butuh sebuah hal yang bisa membuat yakin bahwa makanan yang mereka konsumsi adalah sesuatu yang tidak berbahaya. Untuk bisa lebih meyakinkan konsumen, maka perkuatlah abon caba anda dengan sertifikat BPOM dan juga sertifikat halal MUI. Sehingga para konsumen lebih yakin ketika hendak membeli produk anda.

Pahami tantangan yang ada

Tantangan berbisnis cabe adalah harganya yang fluktuatif, terkadang sangat mahal dan di lain waktu bisa jadi sangat murah. Anda harus pandai dalam membuat rencana produksi abon cabe ketika harga cabe naik agar anda tidak rugi. Sebab anda tentunya tidak bisa membuat harga abon cabe mengikuti fluktuasi harga bahan baku, karena hal ini tentunya akan membuat konsumen anda menjadi kecewa.

loading...
Peluang Usaha Bisnis Abon Cabe | mata | 4.5