Peluang Usaha Belut dalam Drum

Peluang Usaha Belut dalam Drum – matapencaharian.net.┬áMemelihara belut di dalam drum bisa menjadi alternatif yang sangat tepat ketika anda tidak memiliki lahan yang terlalu luas untuk membuat kolam belut. Membudidayakan belut di dalam drum juga terbilang cukup mudah, karena anda bisa menggunakan drum bekas, misalnya drum bekas oli dan drum bekas yang lain. Teknik ini juga tidak terlalu ribet, sebab anda tidak harus membuat kolam yang tentunya akan membuat anda mengeluarkan uang lebih banyak. Selain itu pengecekan budidaya belut dalam drum juga lebih mudah, dan juga ketika panen juga akan lebih mudah.

budidaya belut menggunakan drum

Anda bisa mendapatkan drum bekas yang akan anda gunakan untuk membudidayakan belut ini di pedagang loak ataupun di berbagai toko yang menjual drum bekas. Harganya juga pasti lebih murah, sehingga anda bisa menghemat biaya pengeluaran. Ketika anda sudah mendapatkan drum bekas yang anda inginkan, maka anda harus melubangi drum bekas tersebut kira-kira selebar 30 cm memanjang dari atas hingga bawah.

Setelah itu, anda bisa merebahkan drum yang telah anda lubangi tersebut dengan posisi lubang berada di atas. Ketika satu tabung belum terlalu mencukupi, maka anda bisa menyambung antara tabung satu dengan tabung yang lain dengan cara di las. Tapi anda harus memastikan bahwa sambungan las tersebut tidak bocor, karena bentuk drum yang akan anda gunakan untuk budidaya belum tersebut adalah sebuah drum memanjang.

Agar drum tempat budidaya belut itu tidak berkarat, anda bisa mengecatnya. Setelah semau siap, anda sudah bisa mengisi crum itu dengan lumpur kurang lebih setinggi 50 cm dan diisi dengan air kira-kira setinggi 5-10 cm dari atas lumpur. Kemudian tambahkan pula eceng gondok dengan persebaran kurang lebih 30% dari luas keseluruhan drum. Fungsi dari eceng gondok ini adalah untuk suplai oksigen yang menunjang perkembangan belut. Serta taruh drum itu di tempat yang agak teduh, agar tidak terpapar matahari secara langsung.

Untuk pakan dari belut ini, anda cukup memberinya satu kali saja dalam sehari ketika menjelang sore hari. Sebab belut adalah termasuk bianatang nocturnal yang mencari makan ketika malam tiba. Pakan yang baik untuk pertembuhan belut adalh cacing sutra, ikan kecil, keong mas, dan bekicot. Anda juga mencampurkan pelet dalam pakan tersebut dengan perbandingan 1:1. Artinya satu kilogram bekicot dicampur dengan 1 kilogram pelet.

Satu lagi yang penting adalah anda harus memahami sifat kanibalisme dari belut ini. Apabila belut telah berubah kelamin, maka hewan ini cenderung kanibal. Jadi anda harus benar-benar memberikan pakan yang cukup dan waktu yang tepat agar tidak terjadinya kanibalisme.

loading...
Peluang Usaha Belut dalam Drum | mata | 4.5