Peluang Emas Ternak Kelinci

Peluang Emas Ternak Kelinci – matapencaharian.com.┬áBeternak kelinci rasanya bisa menjadi sebuah alternatif untuk memulai agenda pemberdayaan masyarakat yang kurang mampu, sekaligus untuk menumbuhkan jiwa bisnis. Kenapa kelinci? Karena memang dari segi pakan, ternak kelinci termasuk yang paling murah dan gampang, karena hanya membuthkan rumput saja. Dan ketika ingin menggemaukkan cukup ditambah dengan katul. Jadi berternak kelinci jauh lebih mudah dan gampang dibandingkan dengan beternak kambing atau sapi.

peluang usaha kelinci

Selain itu, prospek usaha kelinci ini ternyata juga sangat bagu. Yang bisa dimanfaatkan dari kelinci ini, bukan hanya dagingnya saja, akan tetapi kencing dan kotorannya juga bisa dipakai untuk pupuk. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dan juga, masa bunting kelincing ini cukup cepat, dalam satu tahun kelinci bisa melahirkan 3 kali, anak kelinci yang sudah berusia 2 bulan juga sudah siap untuk dijual. Kemudian selang 1 pekan hingga 10 hari, indukan kelinci bisa dikawinkan lagi. Sehingga anda juga akan bisa melihat keuntungan yang di dapat, tanpa harus menunggu terlalu lama.

Jenis bibit untuk usaha peternakan kelinci ini ada beberapa macam, yaitu:

  • Jenis ram, yang memang khusus untuk jenis kelinci ternak dan bibit. Anda bisa mendapatkannya di peternak pembibitan
  • Jenis bigon,adalah kelinci pedaging untuk dikonsumsi.

Untuk pakan kelinci, karena hanya rumput, anda bisa mencarinya sedniri di sawah. Dan jangan langusng diberikan dalam keadaan segar, namun dibiarkan dulu sampai layu, karena rumput segar terlalu banyak mengandung air yang akan membuat kelinci menjadi kembung dan tidak baik bagi kesehatan.

Jika anda hendak melakukan penggemukan, maka anda bisa mencampurkan pakan dengan katul atau ampas gandum. Jika peternak peternak skala besar biasanya memakai ampas tahu yang telah diperas. Untuk biaya katul sekitar Rp 1.600/kg dan untuk memberi makan 15 indukan membutuhkan 10 kg/minggu.

Hal yang perlu diperhatian adalah kebersihan kandang, karena bisa memicu penyakit pada kelinci. Biasanya penyakit yang umum adalah korengan. Jika terjadi segera suntik dengan wermasin agar cepat kering. Kendala lain lain adalah masalah suhu. Jika suhu sering berubah-ubah, maka kemungkinan kelinci untuk melahirkan menjadi semakin kecil. Sehingga perlu menjaga suhu kandang agar tetap stabil.

Untuk pemasaran, anda harus menjalin kerjasama dengan peternak besar,karena biasanya mereka sering kesulitan menerima pemasan kelinci yang sangat banyak, sehingga anda bisa ikut menyetok kebutuhan konsumen tersebut.

Untuk harga kelinci, tergantung pada usia dan juga jenisnya. Untuk indukan bigon, biasanya di atas 160 ribu/ekor tergantung dari postur tubuhnya juga. Dalam kondisi lancar, siklus omset kelinci adalah setiap 3 bulan. Setelah masa bunting 1 bulan, rata-rata 1 indukan akan melahirkan 6-7 anak, artinya ada 3 pasang. Setelag 2 bulan, anaknya bisa anda jual dengan harga 60 ribu/pasang. Setiap kelahiran sisakan 1 ekor untuk regenerasi.

loading...
Peluang Emas Ternak Kelinci | mata | 4.5