Peluang Bisnis Ternak Kambing

Peluang Bisnis Ternak Kambing Рmatapencaharian.com. Kambing adalah salah satu hewan ternak yang banyak dipeliharan masyarakat, terutama masyarakat pedesaan. Kebanyakan mereka memelihara kambing, bukan sebagai bisnis namun hanya sebagaibagain untuk mengisi kesibukan saja dan bisa dijual ketika sedang membutuhkan uang dadakan. Padahal ketika dikelola dengan baik, bisnis ternak kambing ini bisa menjadi lahan bisnis yang cukup menguntungkan.

Potensi dari bisnis ternak kambing ini sangatlah besar dan masih terbuka luas di sekitar anda. Anda bisa mencermati dari hal kecil, misalnya ada berapa tukang sate kambing yang ada di daerah sekitar anda? Pastinya ada beberapa kan? Itu baru sate kambing saja. Belum lagi ditambah beberapa restoran yang menjadikan daging kambing ini sebagai menu utama. Berapa jumlah daging kambing yang mereka butuhkan setiap harinya? Tentunya banyak bukan. Jadi, anda tak perlu khawatir, sebab pasar dari kambing akan selalu ada walaupun tidak dalam keadaan masa idul adha atau qurban.

bisnis ternak kambing

bismacenter.ning.com

Kelebihan dari bisnis ternak kambing yang lain adalah waktu dewasanya juga relatif singkat, pemeliharaan yang mudah, serta modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Dalam kurun waktu 2 tahun, kambing betina bisa beranak sampai 3 kali. Lumayan kan? Anda bisa menghitung keuntungan yang akan anda dapatkan. Selain itu, kambing lebih tahan terhadap panyakit bila dibandingkan dengan sapi, dan mereka pun lebih mudah juga dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

Ketika hari raya qurban, harga daging kambing bisa naik hingga 2 kali lipat. Selain daging, kambing juga bisa anda pasarkan dalam bentuk susu dan juga kotorannya. Jika anda telaten, maka dalam waktu satu tahun saja, anda sudah bisa melihat hasil dari usaha ternak kambing yang sedang anda jalankan.  Produksi kambing juga terbilang lebih singkat. Ketika kambing berusia 8 bulan, kambing sudah bisa diperah sususnya. Sedangkan untuk kambing pedaging, saat berusia 1 tahun sudah bisa anda sembelih dan dijual dagingnya. Untuk produksi susu, rata-rata 1 ekor kambing bisa menghasilkan sekitar 20 liter susu. Untuk kambing pedaging, misalnya etawa jantan, saat berusia 6 bulan dengan tinggi sekitar 60 cm bisa dijual dengan harga 1 jutaan. Untuk pejantan super yang baru berumur 8 bulan bisa dijual sekitar 1,5 juta rupiah. Sedangkan untuk etawa berusia 1 tahun lebih, biasanya dipatok dengan harga 2,5 juta rupiah. Apalagi ketika usia kawin, maka kambing yang memiliki tinggi sekitar 95 cm bahkan bisa mencapai 5 juta rupiah. Cukup menguntungkan bukan?

Dengan melihat prospek usaha kambing yang masih cerah ini, maka takada salahnya ketika anda hendak bergelut di dunia ternak kambing. Namun anda jangan hanya tergiur dengan iming-iming keuntungan yang besar saja, sebab ilmu yang tepat juga anda butuhkan. Anda bisa mendapatkan ilmu tersebut dari berbaagi sumber yang ada di sekitar anda.

loading...
Peluang Bisnis Ternak Kambing | mata | 4.5