Peluang Bisnis Rumahan Untuk Pensiunan

Pensiun adalah sesuatu yang pasti dialami setiap pekerja yang berusia lanjut. Seringkali masyarakat ketakutan akan stigma pensiun yang menghinggapi dirinya, seolah-olah ia sudah menjadi tak produktif dan tak berguna lagi. Di saat pensiun sudah pasti berbeda dengan saat menjadi karyawan. Banyak waktu kosong di rumah sehingga perlahan-lahan terasa membosankan. Padahal saat pensiun masih bisa melakukan kegiatan-kegiatan atau pekerjaan-pekerjaan yang berguna bagi dirinya dan masyarakat sekitar. Salah satunya membuka usaha rumahan.

vv

Banyak kisah dari orang-orang pensiun yang kemudian membuka usaha rumahan. Lalu bisnisnya sukses.

Berikut ini macam-macam usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh para pensiunan :

  1. Usaha rumahan budidaya Ikan

Budidaya ikan merupakan hal promadona bagi pensiunan. Mereka melakukan budidaya ikan sebagai hobi sekaligus dijadikan peluang mendapatkan penghasilan. Kelebihan usaha rumahan budidaya ikan ini ialah pekerjaan ini tidak berat dilakukan oleh para lansia. Budidaya ikan meliputi pembuatan kolam, penangkapan ikan-ikan, dan pemberian pakan bagi ikan. Semua itu mudah dilakukan bagi para pensiunan. Salah satu contoh usaha rumahan budidaya ikan seperti budidaya ikan gurame, lele, patin dan lain-lain. Usaha rumahan ini jika ditekuni secara serius bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. Kendala yang sering dihadapi peternak ikan adalah masalah pemasaran dan cuaca atau iklim yang tidak menentu. Kendala pemasaran ikan bisa diatasi dengan baik, melalui bekerja sama dengan pedagang ikan di pasar, pedagang sayur rumahan, dan lain-lain. Selain masalah pemasaran yang harus diperhatikan, produksi ikan perlu ditingkatkan.

  1. Bisnis rumahan Kuliner

Bisnis kuliner merupakan usaha rumahan yang memiliki potensi keuntungan besar. Jika dihubungkan dengan peluang usaha di atas, peluang bisnis kuliner bisa dijalankan dengan mengolah ikan menjadi makanan yang lezat. Kunci sukses dari usaha rumahan kuliner adalah soal rasa dan resep yang inovatif (baru) lain daripada yang lain. Sebelum memulai usaha rumahan kuliner ini, tidak ada salahnya anda memberikan kuliner yang kelak anda jual kepada tetangga dan keluarga untuk mendapatkan respon mereka. Apabila respon mereka baik, maka kuliner itu pantas untuk dipasarkan. Setelah itu, mulailah bertindak mendirikan bisnis rumahan kuliner.

  1. Warung Kelontong.

Apabila anda pensiun, biasanya dari tempat kerja mendapatkan uang pensiunan. Jika demikian, tak usah bingung, uang pensiunan itu bisa digunakan untuk membuka suatu usaha atau menginvestasikannya dengan membuka warung sembako atau warung kelontongan. Usaha ini tidak membutuhkan tenaga yang besar dan bisa dilakukan dengan santai.

Demikianlah usaha-usaha rumahan yang bisa dijalankan oleh para pensiunan. Sebenarnya masih banyak bisnis-bisnis lain yang dapat dikerjakan oleh para pensiunan. Mereka bisa memilih salah satu jenis usaha sesuai minat, bakat dan kemampuan serta kondisi masyarakat sekitar. Semoga bermanfaat. Selamat berwirausaha. Semoga sukses!!

Baca Juga : Mengintip Peluang Bisnis Kost-Kostan

 

Incoming search terms:

usaha rumahan untuk pensiunan - Google usaha rumahan untuk lansia - orang pensiun - usaha utk pensiunan - macam-macam usaha untuk pensiunan - tips wirausaha sukses lansia - pEdagangsayurrumahan - strategi bisnis pensiunan - bisnis rumahan untuk pensiunan - bisnis yg cocok untuk pensiunan - macam peluang usaha pensiun - lowongan kerja kuliner untuk lansia - kerjaan yg cocok lansia - jenis wirausaha untuk lansia - jenis usaha yang cocok untuk pensiunan - jenis usaha bagi yg pensiun - bisnis usaha untuk pensiunan - gambar orang pensiun - www usaha apa buat lansia - bisnis yang pantas untuk lansia -
loading...
Peluang Bisnis Rumahan Untuk Pensiunan | author | 4.5