Peluang Bisnis Budidaya Buah Melon Dalam Pot

Siapa yang tidak mengenal Melon? Semua orang pasti sudah mengetahui buah Melon yang bulat ini. Rasanya yang nikmat, khas dan aroma wangi serta daging buahnya berair. Buah Melon sangat cocok dimakan saat cuaca panas. Buah berwarna hijau atau kuning ini digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa. Buah ini seringkali dijadikan minuman segar atau sirup sebagai makanan penutup. Bahkan, Melon dimanfaatkan sebagian masyarakat Indonesia sebagai pencuci mulut seusai makan.

melon

Budidaya buah Melon telah dilakukan para petani sejak lama seperti petani di Lampung. Usaha ini semakin berkembang hingga ke berbagai daerah di nusantara. Bisnis budidaya Melon ini sangat menguntungkan dan menjanjikan penghasilan besar untuk dijalankan saat sekarang.

Perkembangan usaha budidaya Melon yang pesat membawa perubahan pada pola tanam. Sekarang budidaya Melon dapat dilakukan di dalam pot atau menggunakan polybag. Hal ini memberikan kemudahan bagi petani Melon dimana biaya yang dibutuhkan relatif kecil (irit), dan tidak memerlukan lahan yang luas (cukup disamping rumah, usaha budidaya Melon dapat dijalankan).

Sementara itu, jenis Melon yang banyak dibudidayakan adalah jenis Melon Madika yang mempunyai kulit berwarna kuning. Melon ini lebih cepat masa panennya dan lebih berat bobotnya ketimbang jenis Melon lain. Sehingga Melon Madika sangat digemari para petani untuk dibudidayakan karena menghasilkan omzet atau keuntungan yang lumayan besar sampai puluhan juta rupiah sekali panen. Lumayan kan?

Jenis Melon lain yang digemari para petani untuk dibudidayakan adalah jenis Melon Kinanti. Melon ini mempunyai tekstur permukaan kulit luarnya lebih halus dan warna kulit yang lebih kuning. Daging buah Melon Kinanti lebih renyah dari jenis melon lain. Sehingga digemari para petani lainnya, karena dengan hanya masa tanam selama dua bulan, Melon Kinanti dapat menghasilkan buah seberat 1,5 kg hingga 2 kg.

Adapun sekarang ini harga per kg Melon mencapai Rp.5.000. Menurut data di lapangan, sekali panen para petani Melon mampu meraup omzet mencapai Rp.30 juta.

Jika anda masih bingung dalam mencari usaha sampingan, tidak ada salahnya mencoba usaha budidaya Melon dalam pot atau polybag yang dapat menghemat ongkos produksi. Dan juga bisa digunakan sebagai pengisi waktu luang. Usaha budidaya Melon dalam pot sangat cocok bagi orang yang tidak memiliki lahan yang luas. Hanya dengan mempergunakan lahan pekarangan rumah anda bisa menjalankan usaha ini.

Demikianlah tulisan mengenai peluang usaha budidaya Melon di dalam pot yang bisa anda jalankan sebagai usaha sampingan. Simak artikel-artikel menarik lainnya diblog matapencaharian.com. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian sebagai referensi dalam mencari dan menjalankan sebuah usaha yang menguntungkan. Yang kelak akan bermanfaat bagi anda dan keluarga. Selamat berwiraswasta! Semoga sukses!

 

 

loading...
Peluang Bisnis Budidaya Buah Melon Dalam Pot | mata | 4.5