Pakan Bebek ALternatif dengan Ragi Tape Jerami

Hal biasanya menjadi kendala para pembudidaya unggas, terutama bebek adalah masalah pakan. Harga pakan pabrik yang terbilang tinggi membuat keuntungan yang dihasilkan oleh peternak menjadi lebih sedikit. Sebab biaya produksi pakan bebek memang cukup besar, sekitar 50% lebih besar bila dibandingkan dengan pakan ayam potong. Sehingga memang ini menjadi sebuah kendala tersendiri bagi para peternak bebek.

pakan bebek alternatif

Walaupun sebenarnya pakan bebek ini lebih mudah karena tidak pakannya tidak harus mutlak dari pakan pabrik. Hanya saja, ketika pada awal pemeliharaan maka butuh nutrisi yang maksimal sampai bebek tersebut berumur sekitar 1 bulan. Di masa inilah bebek membutuhkan sumber protein dan juga karbohidratyang cukup tinggi.

Namun anda tak perlu khawatir, sebab ada pakan alternatif yang bisa digunakan untuk memaksimalkan berat bebek, sehingga harga jual yang akan anda dapatkan juga pastinya akan lebih banyak. Hal ini bisa anda alukan dengan resep campuran ragi tape jerami. Pada umunya, ragi tape jerami ini memang dibuat sebagai bahan fermentasi pakan ternak besar seperti sapi, kambing, lembu, kuda, dan sebagainya. Namun ternyata, kandungan bakteri aktif yang ada di dalamnya bisa juga digunakan untuk membantu fermentasi pada pakan bebek.

Resep yang bisa anda gunakan adalah, dengan menambahkan 5 gram ragi tape jerami dalam pembuatan pakan sebanyak 10 kilogram. Racikan pakan yang digunakan adalah berupa nasi aking, jagung, bekatul, ampas kelapa, gabah hampa, dan sisa pipilan yang sudah dibuang. Dengan sedikit dibasahi agar lembab, kemudian campurkan ragi tape jerami tersebut, kemudian tutup wadah selama 2 hari. Proses fermentasi ini dinyatakan selesai apabila muncul salah satu dari tanda berikut ini:

  • Muncul bau seperti karamel, yang baunya seperti gula digoreng tanpa minyak
  • Tumbuh kapang atau jamur yang berwarna kuning atau putih
  • Ketika wadah diraba, rasanya hangat

Kemuidan setelah itu, anda bisa membuka menutup wadah untuk dianginkan dan pakan tersebut sudah siap untuk diberikan kepada bebek anda. Jangan ditutup lagi karena proses fermentasi bisa berjalan kembali, sehingga membuat pakan tersebut menjadi tambah menyengat baunya.

Dengan pakan ini, bebek umur 1 bulan bisa memiliki bobot sekitar 500-700 gram. Padahal ketika menggunakan pakan biasa, hanya bisa mencapai bobot maksimal sekitar 400-450 gram. Cukup signifikan bukan pengaruhnya? Dan saatnya bagi anda untuk mencobanya.

loading...
Pakan Bebek ALternatif dengan Ragi Tape Jerami | mata | 4.5