Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso

Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso – Pada kesempatan kali ini, penulis blog mata pencaharian.com akan mengupas mengenai nasihat bisnis dari motivator terbaik nomor satu di Indonesia yakni Andrie Wongso. Siapa sih yang tidak mengenal ia?! Semua orang mengenalnya sebagai motivator di tanah air. Untuk lebih mengenal sekilas perjalanan hidup dan nasihat bisnisnya mari kita simak berikut ini.

Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso

Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso


Seperti telah disebutkan di artikel sebelumnya, Andrie Wongso hidup dalam kemiskinan. Berkat kerja kerasnya, ia mampu menjadi aktor film kungfu di Hongkong. Namun beberapa tahun kemudian, ia memilih pulang ke tanah air dan merintis usaha pembuatan kartu ucapan merek Harvest.

Sebagaimana usaha pada umumnya, ia mengalami rintangan dan berbagai kendala bisnis seperti penolakan. Andrie Wongso menjual kartu ucapan secara berkeliling ke komplek perumahan maupun perkampungan. Bisnisnya berjalan baik dan ia berhasil mengembangkan usahanya. Sekarang ini perusahaan Harvest yang memproduksi kartu ucapan berupa motivasi sudah mempunyai sejumlah perusahaan pendamping dengan omzet miliaran rupiah perbulan.

Berkat kesuksesannya tersebut, pada tahun 1980 ia mulai menjadi seorang motivator di tanah air. Berjalan waktu, motivasinya banyak disukai orang sehingga ia mendapat predikat motivator terbaik di tanah air sampai sekarang ini. Salah satu contoh motivasinya seperti berikut ini berkenaan kiat sukses berwirausaha.

Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso
Menurut Andrie, untuk menjadi pengusaha sukses seseorang harus memiliki jiwa kewirausahaan yakni percaya diri, yakin, bertindak cepat, berani mengambil resiko, cepat membaca peluang usaha dan menangkapnya. Selain itu, ia mesti memiliki kemampuan dan keterampilan menjual, mempunyai mental tahan banting, menyenangi kompetisi dan tantangan. Dan yang terakhir, ia tak cepat berpuas diri.

“Sebab sia – sia apabila seseorang terjun jadi pengusaha tanpa memiliki jiwa kewirausahaan” ujarnya. Menurutnya banyak orang berhenti bisnis di tengah jalan karena mengalami kegagalan yang membuat ia depresi atau stres. Padahal jika ia mengalami kegagalan dan stres dalam berbisnis maka ia harus tahan banting dan tetap bersemangat kemudian harus keluar dari kesedihan tersebut.

Ia pun mengakui telah banyak mengalami kegagalan. Dimana dulu kartu ucapan merek Harvest yang ia buat dan ia jual kerapkali mendapat penolakan sehingga tak bisa terjual di sejumlah tempat. Namun pria yang tak tamat SD ini tetap mengirim dan menawarkannya sampai berhasil.

Terakhir ia berpesan kepada para calon pengusaha khususnya pengusaha muda agar tidak terjebak dalam mitos-mitos sesat. Seperti sukses karena keturunan, nasib, pendidikan, fisik, warna kulit, waktu lahir, shio dan lain sebagainya.

Demikianlah yang bisa penulis utarakan mengenai Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso. Mudah-mudahan tulisan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan umumnya pembaca. Seperti sebuah peribahasa mengatakan “tak ada gading yang tak retak”, maka penulis menyadari tulisan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan demi perbaikan tulisan selanjutnya. Tetaplah di blog mata pencaharian untuk menyimak artikel usaha lainnya.

Baca juga : Bob Sadino Ingin berbisnis lakukan saja.

loading...
Nasihat Bisnis Dari Andrie Wongso | mata | 4.5