Mungkinkah Memulai Usaha Dari Nol?

Pertanyaan itu seakan-akan mengusik pikiran para pembaca tentunya. Mungkinkah memulai usaha dari nol? Kita melihat fakta sekarang ini masih minimnya minat generasi muda terhadap menjalankan bisnis mikro kecil dan menengah. Mereka lebih memilih menjadi karyawan. Hal ini berpengaruh pada jumlah wirausaha di Indonesia yang sangat minim dan jauh dari ideal. Jumlah wirausaha yang minim di tanah air berdampak pula pada tingkat ekonomi yang lemah dari masyarakat dan bangsa serta negara.

memulai usaha dari nol

Adapun orang yang lebih memilih berwirausaha dibandingkan menjadi karyawan di sebuah perusahaan berarti ia telah berpartisipasi membantu pemerintah dalam membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya, umumnya bangsa Indonesia.

Memulai usaha dari nol memang bisa dilakukan semua orang. Caranya dalam memulai usaha tersebut dengan mempertimbangkan 5W dan 1 H.

1. Why ( mengapa). Sebelum memulai suatu usaha, anda perlu bertanya kepada diri sendiri secara jujur, apa alasan anda melakukan bisnis tersebut. Mengapa anda melakukan bisnis ketimbang menjadi karyawan? Dan kenapa anda memilih bidang atau jenis usaha tersebut? Itulah pertanyaan mendasar bagi anda. Jawablah pertanyaan-pertanyaan mendasar itu apa adanya.

2. What (apa). Setelah mengetahui alasan kuat dan mendasar dibalik bisnis tersebut, langkah selanjutnya adalah menentukan apa bidang usaha tersebut? Apa yang anda jual? Produk apa yang anda produksi? Bahan-bahannya apa saja? Apa kendala yang akan dihadapi? Apakah produk yang anda jual sesuai permintaaan pasar, dan lain sebagainya.

3. Who (Siapa). Kriteria calon konsumen semacam apa yang anda bidik? Misalkan anda memilih bisnis busana muslim, siapakah pasar yang anda bidik? Anak-anakkah? Remajakah? Orang dewasa? Lelaki atau perempuan? Atau orang lanjut usia dan lain-lain.

4. How (Bagaimana). Setelah menentukan jenis usaha, jenis barang yang akan diproduksi dan dijual serta calon konsumen yang dituju, langkah selanjutnya adalah bagaimana memproduksi barang tersebut? Bagaimana caranya mendapatkan modal usaha? Lalu bagaimana caranya memasarkan barang tersebut.

5. When (kapan). Setelah anda telah siap semuanya, langkah berikutnya adalah menentukan kapan anda memulai bisnis atau usaha tersebut? Kapan Anda melaunching atau meresmikan jenis usaha anda itu? dan lain sebagainya.

Jadi, dari tulisan di atas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwasanya memulai suatu usaha atau bisnis bisa dimulai dari nol. Memulai usaha dari nol bisa dilakukan para pelaku usaha. Karena banyak orang sukses yang memulai usahanya dari nol. Dengan memulai usaha dari nol maka ia sudah memiliki fondasi bisnis yang kuat.

Demikianlah artikel yang dapat diberikan mengenai mungkinkah memulai suatu usaha dari nol. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda untuk memulai suatu bisnis dari nol. Terima kasih telah setia berkunjung di blog matapencaharian. Simak terus artikel-artikel menarik kami lainnya. Selamat berwirausaha! Semoga anda sukses!

Baca juga : Peluang bisnis Dengan Modal Otak

Incoming search terms:

berwirausaha dari nol - kenapa memilih usaha yang dimulai dari nol - cara berwirausaha dari nol - dgn modl nol mungkinkh bs sukses - kenapa memilih bisnis dari nol - memulai bisnis dari nol mungkinkah - mungkinkh bisa sukses memulai bisnis dgn 500rb - para pelaku usaha atau pebisnis yang memulai usahanya dari nol -
loading...
Mungkinkah Memulai Usaha Dari Nol? | author | 4.5