Modal Berjualan Bakso Bakar Di Rumah

Banyak sekali peluang usaha yang mungkin bisa anda jadikan sebagai bisnis usaha sampingan anda. Di indonesia telah banyak sekali jenis usaha yang mungkin bisa anda jadikan sebagai penghasilan yang bisa anda dapatkan untuk mendapatkan penghasilan sehari-hari demi memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu jenis usaha yang bisa menjadi peluang usaha rumahan yang menguntungkan untuk anda adalah makanan, atau bisa juga pakaian. Biasanya bisnis ini banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan. Karena melihat bahwa kebutuhan makanan manusia mulai meningkat, ini bisa menajadikan peluang bisnis usaha yang anda lakukan. Tak heran jika sekarang kita banyak menjumpai rumah makan yang terdapat di pinggir jalan ataupun di tempat yang bagus misalnya di restauran. Ini dikarenakan karena kebutuhan manusia tentang sandang dan pangan semakin meningkat.

Selain bisnis usaha makanan dan pakaian, masih ada peluang bisnis yang lainnya yang tentunya bisa anda lakukan. Anda tak perlu bingung lagi mengenai bisnis apa yang akan anda jalani, karena hal itu tidak menjadi sesuatu yang sulit untuk anda pikirkan. Kita dapat melihat bahwa peluang usaha di Indonesia sangat begitu banyaknya, hingga kita terkadang bingung bisnis yang cocok untuk kita lakukan, dengan modal yang kecil tapi menghasilkan keuntungan yang besar.

Salah satu usaha rumahan yang bisa anda jadikan sebagai usaha anda adalah usaha berjualan bakso bakar. Namun untuk melakukan usaha berjualan bakso bakar maka hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah menyiapkan modal untuk melakukan usaha tersebut. Untuk melakukan suatu usaha tentunya kita akan membutuhkan modal dalam usaha tersebut. Baik modal yang diperlukan itu banyak maupun sedikit itu tergantung dari jenis usaha yang akan dilakukan. Contoh usaha yang menggunakan modal besar adalah usaha restoran, kos-kosan, toko dan lain sebagainya. Selain itu contoh usaha yang menggunakan modal sedikit adalah usaha makanan ringan, minuman dan juga bakso bakar.

Namun berdasarkan penelitian di lapangan bahwa modal yang paling ringan untuk melakukan usaha adalah berjualan bakso bakar. Karena dengan berjualan bakso bakar kita tidak perlu membeli bahan dan juga perlengkapan yang banyak, selain itu dengan modal 1-1,5 juta saja kita sudah dapat semua bahan yang diperlukan untuk membuat bakso bakar. Mulai dari tepung pati, tepung gandum, garam, merica, penyedap rasa, baskom dan lain sebagainya. Modal usaha untuk berjualan bakso bakar ini hanyalah 1-1,5 juta saja dengan modal seperti itu kita sudah dapat membuat banyak bakso bakar yang akan diperjual belikan.

Untuk berjualan bakso bakar maka anda tidak perlu menjualnya langsung dilapangan karena untuk berjualan bakso bakar anda dapat melakukanya di rumah. Seperti halnya anda menjual langsung di lapangan baik di warung maupun secara keliling, berjualan bakso dirumah peluangnya juga besar. karena kita tahu bakwa bakso bakar merupakan salah satu jajanan ringan yang sangat disukai oleh banyak orang baik itu anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Karena dengan rasanya yang enak dan harga yang murah maka banyak orang yang membelinya. Jadi jika anda ingin melakukan usaha rumahan maka pilihlah usaha berjualan bakso bakar karena sudah kita tahu bahwa untuk berjualan bakso bakar maka kita tidak perlu mengeluarkan modal yang sangat besar. Dengan modal yang ringan saja kita sudah dapat menjalankan usaha berjualan bakso bakar.

Untuk melakukan usaha berjualan bakso bakar maka kita perlu menyiapkan beberapa hal selain modal. Hal lain yang perlu kita persiapkan adalah peralatannya. Jika dalam usaha kita tidak mempunyai alat, maka bagaimana mungkin kita bisa membuat bakso bakar tersebut. Jadi peralatan ini juga harus kita persiapkan karena ini adalah hal penting dalam membuat bakso bakar. Jika kita usaha bakso bakar ini kita lakukan dirumah maka kita tidak perlu gerobak untuk usaha berjualan bakso bakar kita, kita hanya memerlukan peralatan yang sederhana layaknya memang usaha rumahan. Peralatan untuk usaha berjualan bakso bakar dirumah yaitu antara lain :

1. Etalase

Etalse ini nanti akan kita gunakan untuk menyimpan bakso bakar kita yang masih mentah. Selain itu etalase ini juga digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan untuk membuat bakso bakar nanti.

2. Sendok sayur

Sendok ini nanti juga akan digunakan untuk usaha berjualan bakso bakar. Usahakan gunakan sendok sayur dengan ukuran besar.

3. Panci

Panci digunakan untuk mendidihkan bakso yang masih mentah agar bakso bisa matang dan siap untuk dibakar. Untuk menggunakan panci maka gunakanlah panci yang ukurannya besar agar saat kita ingin membuat bakso bisa lebih banyak dan lebih cepat.

4. Tabung gas

Tabung gas juga mendukung untuk usaha berjualan bakso bakar anda dirumah. Jika tidak ada tabung gas maka tentu saja anda tidak bisa memasak. Maka peralatan seperti tabung gas itu sangatlah penting.

5. Kompor

Kompor juga merupakan peralatan yang mendukung untuk usaha berjualan bakso bakar anda.

6. Mangkuk

Mangkuk ini nanti akan kita gunakan untuk wadah bakso bakar kita yang dimana jika pelanggan ingin memakannya secara langsung ditempat rumah anda tersebut. Jadi menyediakan mangkuk itu juga perlu

7. Plastik

Plastik itu juga diperlukan dalam usaha berjualan bakso bakar. Plastik ini nanti akan digunakan sebagai wadah bakso bakar yang nantinya dibawa pulang. Untuk plastiknya maka anda harus membeli ukuran plastik yang sesuai untuk usaha bakso bakar anda.

8. Sendok

Sendok juga diperlukan untuk mengambil bakso atau juga digunakan untuk pelanggan yang memakai mangkuk.

9. Garpu

Garpu digunakan untuk mengambil bakso bakar yang sedang dibakar. Atau jika tidak ada garpu maka biasanya menggunakan tusuk sate yang biasanya untuk membakar.

Itu beberapa perlengkapan yang mungkin harus anda persiapkan untuk usaha berjualan bakso bakar anda dirumah. Masih banyak peralatan yang mungkin harus anda persiapkan untuk usaha bakso bakar anda dirumah. Namun jika anda menyiapkan peralatan seperti diatas maka juga bisa. Karena itu juga sudah bisa kita gunakan untuk usaha berjualan bakso bakar.

Setelah kita sudah tahu peralatan apa saja yang harus kita persiapkan untuk usaha berjualan bakso bakar dirumah maka langkah berikutnya adalah kita harus tahu cara membuat usaha bakso bakar untuk usaha kita tersebut. Untuk membuat bakso bakar maka ada beberapa macam bahan yang harus anda siapkan. Bahan itu antara lain adalah :

• Bahan utama bakso

– 50 gram tepung sagu
– 500 gram daging sapi cincang
– 1 butir telur ayam
– Air jernih

• Bahan halus

– 1 sdm merica
– Bawang putih seceukupnya
– ½ sdt biji pala
– ¼ sdt bubuk kaldu padat rasa sapi
– Garam secukupnya

• Bahan olesan pentol bakso

– Margarin
– Kecap manis
– Irisan cabai

• Bahan pelengkap

– Acar timun
– Wortel
– Sambal kacang

Setelah kita sudah mempersiapkan bahannya maka langkah selanjutnya adalah cara membuat bakso bakar. Untuk cara membuatnya maka anda dapat perhatikan penjelasan dibawah ini

Cara membuatnya :

1. Pertama, siapkan wadah terbuka dengan ukuran sedang. Kemudian masukkan bahan bakso lalu campurkan dengan bumbu yang sudah halus, kecuali air. aduk semua hingga tercampur membentuk adonan bakso.
2. Kedua, adonan tadi harus masih diolah. Yaitu dengan membanting balik dan membolak balik adonan hingga terasa lembut ketika diraba.
3. Ketiga, bentuklah pentol bakso bulat-bulat dari adonan hingga habis.
4. Keempat, rebus air did alam panci seperlunya sambil menunggu adonan habis dibentuk
5. Kelima, masukkan adonan bakso yang sudah dibentuk tadi ke dalam air rebusan yang mendidih hingga matang.
6. Terakhir, angkat bakso dan tiriskan agar tidak terlalu membasahi bakso.

Cara membuat bakso bakar bumbu kecap :

1. Pertama, tususk semua bakso dengan banyak lidi. Aturlah jumlah tusukan yang anda inginkan.
2. Kedua, oleskan kecap dan juga mentega pada tusukan bakso
3. Ketiga, bakar bakso diatas bara api hingga matang
4. Terakhir, sajikan bakso bersama bahan pelengkap seperti acar, lontong, dan sambal kacang.

Itu beberapa cara untuk membuat bakso bakar. Memang banyak bahan yang perlu kita lakukan untuk mempersiapkannya. Bahkan untuk membuatnya pun ada dua cara. Yaitu dari cara membuat baksonya sendiri hingga cara membuat bakso bakar itu sendiri. Namun meskipun begitu untuk membuat bakso bakar tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Karena untuk membuat bakso bakar sama halnya dengan mambuat bakso atau cilok lainnya. Yang membedakan adalah dari cara banyak pembuatannya saja. Jika bakso biasa atau cilok hanya membutuhkan satu pengerjaan saja, namun lain halnya dengan bakso bakar yaitu harus membutuhkan dua pengerjaan. Kecuali jika dari awal anda sudah membeli bakso matang kemudian anda hanya tinggal membuat bakso bakarnya saja.

Setelah kita sudah tahu bagaimana cara membuatnya maka kita harus tahu juga sebenarnya bagaimana keuntungan usaha berjualan bakso bakar??? Dengan modal yang sudah kita bahas diatas yaitu 1-1,5 juta maka dengan modal tersebut anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Misalnya saja jika anda menjual bakso bakar anda tersebut dengan harga Rp 8000 per 10 tusuk dan tiap hari penjualan bakso bakar anda sekitar 50 tusuk maka kita bisa hitung yaitu sekitar Rp 8000 x 50 = Rp 400.000 jika itu dihitung selama sebulan maka sekitar Rp 20.000.000. Padahal kita tahu tadi bahwa untuk berjualan bakso bakar kita hanya perlu mengeluarkan modal sekitar 1-1,5 juta saja. Maka dalam sebulan saja kita mendapatkan pendapatan sekitar Rp 20.000.000 maka tentu saja kita mendapatkan keutungan yang jauh lebih besar yaitu sekitar 19-18,5 juta.

Melihat keuntungan yang bakal kita dapatkan besar maka bagi anda yang ingin melakukan usaha. lakukanlah usaha berjualan bakso bakar. Karena keuntungan yang mungkin anda dapatkan sangatlah besar. Namun untuk mendapatkan keuntungan sebesar itu maka tidaklah mudah. Kita harus bisa melakukan strategi penjualan yang benar. Karena untuk berjualan kita harus mempunyai strategi yang tepat agar usaha jualan bakso bakar kita bisa berjalan lancar dan juga memperoleh keuntungan yang besar pula. Meskipun untuk berjualan bakso bakar itu mudah dan bahkan kita tidak harus mempunyai keahlian khusus untuk melakukannya. Namun kita harus tetap memperhatikan strategi penjualan bakso bakar yang kita lakukan tersebut, agar keuntungan yang besar bisa kita dapatkan.

Itu beberapa penjelasan mengenai usaha berjualan bakso bakar dirumah. Diatas sudah dijelaskan bagaimana modalnya, peralatan yang dipersiapkan, cara membuat bakso bakar hingga keuntungan yang kita dapatkan. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda yang ingin menjalankan usaha berjualan bakso bakar dirumah.

loading...
Modal Berjualan Bakso Bakar Di Rumah | author | 4.5