Menilik Peluang Budidaya Jahe Gajah

Salah satu tanaman jahe-jahenan yang memiliki prospek yang luar biasa adalah jahe gajah. Peluang bisnis budidaya jahe gajah masih terbilang sangat segar. Jahe gajah ini sangat banyak sekali dimanfaatkan untuk campuran berbagai macam bahan baik itu makanan atau minuman, serta bahan kosmetik juga industri. Dengan semakin pesatnya perkembangan obat herbal di zaman modern ini, maka mmebuat permintaan terhadap jahe gajah ini juga semakin meningkat.

peluang bisnis jahe gajah

Prospek usaha jahe gajah ini tidak hanya segar di dalam negeri saja, namun juga sangat dibutuhkan di luar negeri. Bahkan potensi eksportnya ada dalam berbagai kondisi, seperti jahe segar, jahe kering, asinan, dan masih banyak lagi. Dengan melihat kesempatan ini, maka prospek dan juga potensi budidaya jahe gajah cukuplah menjanjikan.

Walaupun jahe gajah ini seringkali diimport dari Jepang, Singapura, Jerman, Kanada, Perancis, USA, Belanda, dan Maroko, Indonesia juga memiliki peluang yang sama besarnya dengan negara-negara tersebut. Sebab kondisi indonesia memang sangat cocok iklimnya, kondisi tanah serta letak geografis untuk pertumbuhan jahe gajah ini.

Potensi produksi dari budidaya jahe gajah ini juga cukup tinggi. Dalam satu hektar lahan hasil produksinya bisa mencapai 25 ton per hektar. Bahkan ketika memakai teknologi intensifikasi, hasilnya bisa mencapai 60 ton per hektarnya. Sehinggajahe gajah ini bisa dimaksimalkan untuk sebagai komoditas bernilai ekonomi tinggi.

Jahe gajah ini bisa dipanen ketika sudah berumur 10 bulan. Jika untuk indukan, maka umur 9 bulan sudah bisa dipanen. Namun jika untuk kebutuhan pembuatan asinan, maka jahe gajah umur 3-4 bulan sudah bisa untuk dipanen. Untuk target pasar lokal, maka tidak ada pemisahan grade. Semua bentuk dan ukuran dapat diterima asalkan segar. Untuk harga per kilonya bisa mencapai Rp 12.500. sedangkan untuk pasar internasional, maka jahe gajah ini dipisahkan menjadi 3 grade, yaitu Grade A dengan berat 200 gram up per rimpangnya, Grade B dengan derat 100 gram up per rimpang, dan Grade C dengan berat minimal 50 gram per rimpang. Tentunya harga masing-masing grade juga berbeda-beda.

Jadi, peluang budidaya jahe gajah ini masih sangat terbuka lebar bagi anda baik di pasar lokal maupun pasar internasional. Dengan semakin berkembangnya produk herbal, juga membuat potensi permintaan jahe gajah ini semakin meningkat, sehingga anda bisa melihat potensi jangka panjang dari budidaya jahe gajah ini.

Incoming search terms:

Budidaya jahe - teknik pembibitan jahe gajah - budidayajahegajah - potensi budidaya jahe gajah - adakah peluang pasar untk jahe gajah - grade jahe gajah - jahe gajah bisa dijadikan sebagai bahan kosmetik - potensi tanaman jahe gajah - Prospek bisnis jahe gajah - grade jahe - prospek jahe gajah - Mata pencaharian di Kanada - mata pencaharian gajah - www harga jahe gajah di pasaran luar negeri com - peluang usaha jahe apa yang bagus mengenai pasaran - harga basah jahe gajah di pasaran 2016 - grade tumbuhan jahe - budidaya jahe ala jepang - grade tanaman jahe - berat jahe gajah umur 4 bulan -
loading...
Menilik Peluang Budidaya Jahe Gajah | mata | 4.5