Mengintip Peluang Bisnis Kost-Kostan

Kebutuhan akan rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan dasar manusia. Ia merupakan kebutuhan primer yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Ia harus dipenuhi sekarang juga. Rumah sebagai tempat berteduh dari kepanasan dan kehujanan, bahkan lebih dari itu. Namun tidak sedikit orang yang masih belum memiliki rumah. Menurut data dari Kementerian Perumahan Rakyat, puluhan juta orang di Indonesia masih belum mempunyai rumah atau tempat tinggal yang tetap. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya semakin mahalnya harga rumah, ketidaksediaan lahan untuk dibangun rumah, dan lain lain.

xxx

Pendek kata, permintaan akan rumah semakin meningkat setiap tahunnya di tanah air. Harga rumah yang terbilang mahal dan naik setiap hari, membuat tidak semua orang mempunyai rumah, terutama kalangan orang berpenghasilan rendah. Mereka seringkali berpindah-pindah tempat tinggal karena tugas perusahaannya. Nah, bagi anda yang jeli melihat peluang bisnis, usaha kost-kostan bisa menjadi pilihan.

Peluang usaha kost-kostan merupakan usaha yang bisa dikerjakan tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Usaha ini disebut juga usaha sampingan. Walaupun demikian, usaha sampingan ini justeru pendapatannya bisa melebihi pendapatan gaji utama kita. Sehingga banyak orang yang meninggalkan pekerjaan utama mereka hanya untuk terjun total di bisnis kost-kostan.

Adapun keunggulan bisnis kost-kostan, antara lain:

  1. Tidak memerlukan kehadiran anda setiap waktu. Usaha properti ini tidak menyita waktu terlalu banyak. Anda bisa meninggalkannya dengan melihatnya sesekali saja. Atau bisa juga, anda merekrut tenaga kerja khusus merawat, mengawasi dan mengelola kost-kostan anda.
  2. Sistem bisnis sangat mudah. Anda tinggal memasang tarif perkamar. Tidak dipusingkan dengan proses bisnis lain seperti yang dialami produsen barang atau warung
  3. Modal operasional relatif mudah. Rumah yang anda tempati bisa dijadikan usaha kost-kostan. Selain itu, anda tidak mesti membangun bangunan baru jika bangunan yang anda tempati dalam keadaan sepi.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis kost-kostan:

  1. Memilih lokasi yang strategis. Lokasi. Lokasi. Lokasi. Itulah pentingnya lokasi bagi keberhasilan sebuah bisnis kost-kostan. Lokasi yang strategis, seperti di dekat kampus, sekolah, perkantoran, dan lain lain. Karena di tempat itulah banyak orang yang membutuhkan rumah singgah.
  2. Suasana tempat yang nyaman. Anda perlu membangun kost-kostan yang sederhana dan nyaman. Tidak usah membangun kost-kostan yang mewah apalagi di sekitar kampus. Mahasiswa sangat hati-hati dalam mengeluarkan uang mereka untuk kebutuhan ngekost. Mereka lebih memilih ruangan yang sederhana, nyaman dan terpenting murah.
  3. Menentukan harga yang tepat. Untuk penentuan harga biasanya dalam jangka waktu perbulan. Dalam menentukan harga, bisa berdasarkan perkamar. Misalnya tarif perkamar Rp.400.000,- selama satu bulan.

Anda tertarik dengan peluang bisnis kost-kostan?!

Demikianlah tulisan mengenai peluang bisnis kost-kostan yang menjanjikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian. Selamat berwirausaha!

 

 

Incoming search terms:

kost kostan - mata pencaharian di sekitar kampus - gambar kost-kostan - kost-kostan - membangun kost - menetapkan tarif air indekost - menentukan tarif kost - membuat kost kostan - gambar kost mahal - kost bisnis - tenaga kerja buat kost kostan -
loading...
Mengintip Peluang Bisnis Kost-Kostan | author | 4.5