pinjaman modal pemerintah pinjaman BRI informasi kpr mandiri informasi kpr syariah

Mengenal Sumber Modal Usaha

Kredi Bank Mandiri

Sebuah usaha atau bisnis agar bisa berjalan tentu membutuhkan modal. Modal usaha sebagai penggerak suatu bisnis sehingga bisnis dapat berkembang lancar dan maju. Adapun bentuk bentuk Modal usaha bisa berupa uang maupun keahlian. Modal dalam wujud uang sangat dibutuhkan untuk membiayai segala perlengkapan usaha. Seperti pembelian barang, pengurusan izin dan modal kerja.

Sementara itu, manfaat modal usaha antara lain mempermudah pendirian usaha baru, membantu perkembangan usaha yang telah dijalani sebab perusahaan yang melakukan ekspansi biasanya membutuhkan modal dana usaha tambahan yang lumayan besar, memperlancar alih teknologi sebab untuk memanfaatkan teknologi yang terbaik sebuah perusahaan membutuhkan modal usaha yang besar untuk membeli teknologi tersebut, dan meningkatkan investasi.

Mengenai Sumber modal usaha ada beberapa macam. Modal usaha bisa didapat dari :

1. Modal sendiri. Yakni modal yang diperoleh dari pemilik usaha sendiri. Seperti dari tabungan sendiri, atau aset yang anda jual untuk menjalankan suatu usaha. Atau menjual saham perusahaan untuk membiayai ekspansi usaha dan lain lain. Adapun keuntungan menggunakan modal sendiri untuk usaha antara lain tidak dikenakan bunga pinjaman.

2. Pinjaman dari bank atau koperasi. Untuk mendapatkan modal usaha dari lembaga ini terlebih dulu harus mengajukan permohonan pinjaman modal usaha. Jika disetujui permohonan modal usaha anda maka anda mesti membayar Bunga pinjaman berkisar 8% sd 15%, membayar biaya administrasi, biaya komisi, dan biaya provisi yang relatif besar.

3. Program pemerintah. Seperti pinjaman lunak, ataupun hibah yang diberikan secara gratis. Perusahaan swasta maupun milik pemerintah mempunyai anggaran tersendiri dalam memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan yang disebut CSR.

4. Kerjasama atau menjalin kemitraan. Sumber modal usaha ini sedang disukai para pengusaha kecil. Mereka hanya menjelaskan kepada mitra usaha mengenai kelayakan usaha, dan profit keuntungan yang akan didapatkan.

Jadi, kesimpulan dari tulisan di atas bahwasanya kelebihan menggunakan modal sendiri antara lain tidak dikenakan biaya bunga pinjaman maupun biaya administrasi, tak bergantung kepada orang lain, tidak membutuhkan persyaratan yang rumit, mudah, dan tak ada keharusan pengembalian modal. Tapi dibalik itu, ada beberapa kerugian menggunakan modal sendiri yaitu jumlah yang terbatas, dan kurangnya motivasi. Selanjutnya mengenai kelebihan menggunakan modal asing atau pinjaman adalah jumlah pinjaman bisa tak terbatas, dan motivasi usaha akan sangat tinggi karena adanya beban pengembalian modal usaha. Adapun kekurangan modal asing atau pinjaman dari bank yakni dikenakan beban bunga, biaya administrasi, beban moral dimana pinjaman harus dikembalikan tepat waktu.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan berkenaan modal usaha. Semoga bermanfaat bagi kita semua dalam mendapatkan modal usaha. Selamat mendapatkan modal usaha dan berwiraswasta! Semoga sukses!

loading...

Incoming search terms:

sumber modal usaha beserta contoh kelebihan dan kekurangan - jelaskan keuntungan dan kerugian menggunakan modal sendiri dibanding dengan modal pinjaman - keuntungan dan kerugian menggunakan modal sendiri dibanding dengan modal pinjaman - sumber modal usaha contoh kelebihan dan kekurangan - sebutkan sumber modal usaha beserta contoh kelebihan dan kelemahannya - keuntungan dan kerugian menggunakan modal sendiri dibanding modal pinjaman - keuntungan bila menggunakan modal sendiri atau dengan modal pinjaman - keuntungan dan kerugian modal pinjaman dalam agribisnis - contoh sumber modal usaha - Cara memperoleh modal usaha kelebihan dan kekurangannya - contoh sumber modal usaha beserta kelebihan dan kekurangan - keuntungan dan kerugian modal sendiri - keuntungan dan kelemahan modal sendiri - keuntungan dan kerugian modal sendiri dan modal asing - kelebihan dan kekurangan sumber sumber pinjaman - macam-macam sumber modal usaha kelebihan dan kekurangannya - mengenal macam modal usaha - contoh sumber usaha modal sendiri - keuntungan dan kerugian modal sendiri dengan modal pinjaman - jelaskan secara lengkap keuntungan dan kerugian menggunakan modal sendiri jika dibandingkan dengan modal pinjaman (modal asing) -
Mengenal Sumber Modal Usaha was last modified: December 14th, 2014 by author
Advertisement