Mengenal Komoditas Ekspor Di Indonesia

Banyak sekali jenis barang yang diekspor oleh Indonesia. Maka tidak hanya hasil perikanan saja yang diekspor oleh Indonesia namun ada banyak yang diekspor di Indonesia. Karena di Indonesia tidak hanya kaya akan perikanan namun juga kkaya akan berbagai kerajinan. Selain itu juga banyak tanaman yang banyak diekspor disana. Untuk itu disini saya akan memberikan informasi tentang mengenal komoditas ekspor di Indonesia. Ada banyak komoditas ekspor di Indonesia. Komoditas itu antara lain yaitu :

1. Kelapa sawit

Kelapa sawit merupakan komoditas terbesar yang diekspor oleh Indonesia. Kelapa sawit ini banyak diekspor di berbagai negara seperti di daerah Asia. Karena banyak dari berbagai negara yang membutuhkan kelapa sawit tersebut.

2. Kapas

Kapas merupakan komoditas ekspor yang juga banyak dilakukan oleh Indonesia. Karena banyak negara yang memanfaatkan kapas tersebut untuk kepentingan mereka. Jadi Indonesia banyak mengekspor kapas khususnya untuk daerah Australia, singapura dan berbagai negara lainnya.

3. Minyak bumi

Komoditas yang banyak diekspor oleh Indonesia lainnya adalah minyak bumi. Indonesia hampir mengekspor minyak bumi ke seluruh negara. Karena minyak bumi sangat banyak sekali digunakan dan dibutuhkan oleh setiap negara. Bahkan ada yang dari beberapa negara asing yang datang ke Indonesia untuk mendapatkan minyak bumi tersebut.

4. Tekstil

Tekstil juga banyak diekspor di luar negeri. Biasanya tekstil yang banyak diekspor adalah yang berbahan dari katun dan sutera.

5. Kopi

Kopi merupakan komoditas ekspor pertanian yang diekspor oleh Indonesia. Banyak jenis kopi yang diekspor oleh Indonesia. Biasanya kopi ini paling banyak diekspor di benua Eropa.

6. Kertas

Kertas juga merupakan komoditas yang banyak diekspor oleh Indonesia. Karena banyak negara yang memanfaatkan kertas tersebut untuk berbagai hal.

Itu beberapa jenis komoditas yang paling banyak diekspor oleh Indonesia. Masih banyak lagi komoditas yang diekspor oleh Indonesia seperti otomotif, kakao olahan, biji kakao, alas kaki dan masih banyak lagi komoditas lainnya. selain komoditas diatas masih ada beberapa komoditas lainnya yaitu komoditas alternatif. Komoditas alternatif merupakan komoditas yang menciptakan produk-produk unik, dan kreatif. Ini berbeda dari produk konvensional yang biasa diekspor sebelumnya. Produk alternatif itu terdiri dari :

1. Tenun

Tenun merupakan kerajinan Indonesia yang berasal dari NTT ini banyak sekali yang menginginkannya. Untuk itu Indonesia mengekspor kain tenun ini di berbagai negara.

2. Rumput laut

Ternyata hasil laut seperti rumput laut di diekspor oleh Indonesia. Rumput laut merupakan produk alternatif yang diekspor oleh Indonesia.

3. Lukisan kreatif

Lukisan kreatif merupakan produk kreatif yang diekspor oleh Indonesia di berbagai negara.

4. Kopi luwak

Kopi luwak hasil kopi yang berada di Indonesia. Kopi ini banyak diekspor odi banyak negara. Maka kopi luwak ini menjadi produk alternatif ekspor Indonesia.

5. Kerajinan tangan

Kerajinan tangan juga merupakan produk alternatif Indonesia yang banyak juga diekspor di berbagai daerah maupun negara.

Itu beberapa komoditas produk yang diekspor oleh Indonesia. Masih banyak lagi jenis produk alternatif yang diekspor oleh Indonesia seperti misalnya yaitu bordir dan lain sebagainya. Di Indonesia memnag banyak barang yang bisa diekspor diberbagai daerah maka tidak heran jika Indonesia kaya akan sumber dayanya. Maka tidak heran juga banyak negara yang ingin memanfaatkan Indonesia untukkepentingan mereka.

Maka sebagai orang Indonesia kita harus banyakbersyukur karena tinggal ditempat yang memiliki banyak sumber daya, baik dari perikanannya, kerajinannya, budayanya dan lain sebagainya. untuk itu, kita sebagai warga negara yang baik harus dapat menjaga sumber daya itu dengan baik.

loading...
Mengenal Komoditas Ekspor Di Indonesia | author | 4.5