Membuat Anggur Lebih Lebat dan Besar

Setiap orang pasti menginginkan panen dengan buah yang lebat, sebab dengan lebatnya buah hasilnya akan melimpah yang akan berimbas pada pendapatan, jika anda adalah seorang pedagang. Salah satu tanaman yang akan kita bahas di sini adalah tanaman anggur. Bagaimana membuat tanaman anggur anda bisa berbuah lebih lebat serta mendapatkan ukuran anggur yang lebih besar. Untuk bisa mendapatkannya ada dua cara pemangkasan yang bisa anda lakukan, yaitu pemangkasan untuk membentuk tanaman dan pemangkasan untuk merangsang terjadinya pembungaan.

membuat anggur lebat dan besar

Pemangkasan Pembentukan Tanaman

Pemangkasan pertama ini bisa anda lakukan ketika tanaman anggur sudah berumur lebih dari 6 bulan, syaratnya adalah tanaman anggur tersebut pertumbuhannya bagus. Tapi, jika pertumbuhan tanaman anggur anda setelah berumur 6 bulan masih kurang bagus, maka anda lebih baik menunda pemangkasan ini hingga kondisi tanaman anggur anda tersebut benar-benar prima.

Pertumbuhan tanaman anggur yang bagus bisa anda lihat dengan dari percabangannya yang kokoh, daunnya hijau, rimbun serta segar. Ketika anda sudah melihat tanda-tanda ini, maka pemangkapasan tahap pertama ini sudah bisa untuk anda lakukan. Caranya adalah dengan memotong cabang primer yang yang berjarak 50 cm dari permukaan tanah. Bekas pemangkasan ini akan muncul cabang sekunder, kemudian cabang sekunder anda potong lagi dan sisakan dua cabang primer saja. Kemuidan dua cabang ini yang akan anda rambatkan pada rambatan yang sudah anda persiapkan sebelumnya. Percabangan tadi anda rambatkan dengan bentuk berupa huruh H, T, atau bisa juga berbentuk tangga.

Pemangkasan Perangsang Bunga

Pemangkasan tahap kedua ini, sebaiknya anda lakukan ketika anggur sudah berumur lebih dari 1 tahun. Hal ini disesabkan pada masa ini memang sudah masanya untuk tanaman anggur anda untuk dibuahkan. Pemangkasan kedua ini adalah dengan cara memangkas cabang sekunder yang ada beserta dengan daun-daunnya. Jadi yang tersisa hanyalah cabang primer saja beserta cabang-cabang sekunder tanpa daun. Nanti dari cabang sekunder tak berdaun ini akan muncul tunas baru yang akan menjadi cabang tersier. Setelah selang 2 pekan, maka cabang tersier akan muncul yang disertai dengan daun dan juga sulur. Sisakan satu sulur saja yang akan anda jadikan sebagai tangkai buah.

Dengan pola pemangkasan tersebut, maka tanaman anggur anda akan berbuat dengan lebih lebat dari biasanya. Kemudian untuk mendapatkan tanaman anggur yang berbuah besar, maka anda harus melakukan penjarangan pada tangkai buahnya. Penjarangan ini dilakukan ketika tanaman baru berumur 1,5 bulan setelah pemangkasan dilakukan, ukuran buah sekitar seukuran biji kedelai. Sisakan sekitar 40-50 persen. Penajrangan selanjutnya dilakukan saat buah anggur sebesar biji jagung, namun ini bukan hal yang mutlak, untuk pengendalian saja ketika ada buah yang rusak atau tumbuh kecil.

Butiran anggur yang besar perlu anda rawat secara khusus, terutama untuk menghindarkanya dari hama. Bungkuslah dengan kertan koran, palstik warna merah, ataua kantong semen. Pembungkusan ini sebaiknya anda lakukan ketika kematangan sudah 10%, serta berilah lubang pada plastik pembungkus agar air hujan yang masuk tidak tergenang.

Incoming search terms:

pohon anggur - cara merawat pohon anggur - cara budidaya anggur agar cepat berbuah - tanaman anggur - tanaman anggur agar cepat berbuah - Pemangkasan anggur - cara memangkas pohon anggur - cara tanam anggur cepat berbuah - cara merawat tanaman anggur - cara merawat anggur agar berbuah lebat - cara merawat buah anggur - cara merawat anggur - perawatan pohon anggur - cara pemangkasan anggur - agar anggur berbuah lebat - Pemangkasan tanaman anggur - cara merawat pohon anggur hijau - merawat pohon anggur - cara membuat anggur berbuah lebat - cara merawat tanaman anggur hijau -
loading...
Membuat Anggur Lebih Lebat dan Besar | mata | 4.5