MACAM-MACAM USAHA KELILING DENGAN MODAL KECIL

Untuk melakukan suatu usaha maka kita perlu mempertimbangkan tiga hal sebelum melakukan usaha tersebut. Ketiga hal tersebut antara lain adalah jenis usaha, modal dan peluang atau keuntungannya. Ketiga hal tersebut sangatlah berpengaruh dalam usaha yang akan kita jalankan. Misal anda perlu menentukan jenis usaha apa yang akan dijalankan. Tentu untuk menentukan jenis usaha tersebut kita perlu melihat modal yang harus kita keluarkan serta peluang dan keuntungan yang kita dapatkan. Jika modalnya sesuai dengan yang kita harapkan serta peluang dan keuntungannya besar maka kita dapat melakukan usaha tersebut. Ada banyak jenis usaha yang bisa kita lakukan nantinya. Salah satu usaha yang bisa kita lakukan adalah usaha keliling. Usaha keliling ini justru modalnya tidaklah banyak karena kita tidak membutuhkan banyak peralatan dan menyewa tempat. Kita hanya memerlukan alat untuk mendukung usaha kita tersebut misalnya seperti gerobak.

Dengan melakukan usaha keliling tersebut maka anda bisa mendapatkan tiga manfaat yang bisa anda dapatkan. Manfaat tersebut antara lain adalah :

1. Modalnya ringan

Untuk melakukan usaha keliling maka kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Karena dengan usaha keliling ini kita tidak harus meyiapkan banyak peralatan seperti meja, kursi, piring atau lainnya. Serta kita juga tidak perlu menyewa tempat untuk melakukan usaha, karena kita melakukan usaha dengan cara keliling yang dimana itu hanya membutuhkan gerobak atau alat mendukung untuk berkeliling.

2. Peluang besar

Peluang untuk melakukan usaha keliling ini sangatlah besar karena kita memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan pelanggan. Sebab kita bisa mengujungi banyak pelanggabn

3. Keuntungan besar

Selain kedua hal tersebut anda masih bisa mendapatkan manfaat yang bisa anda dapatkan yaitu adalah keuntungan yang besar. Tentu jika anda hanya mengeluarkan modal kecil dan anda masih bisa mendapatkan peluang yang besar maka tentu saja dalam hal ini anda juga bisa mendapatkan keuntungan yang besar pula.

Itu beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan anda menjalankan usaha secara keliling. Dari ketiga manfaat tersebut sebenarnya apa keuntungan yang akan kita dapatkan dengan menjalankan usaha keliling. Sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan menjalankan usaha secara keliling. Keuntungan yang kita dapatkan adalah yaitu pertama kita bisa mendapatkan pelanggan yang banyak. Dengan kita melakukan usaha secara keliling maka kita bisa mendapatkan pelanggan yang banyak, karena dengan secara keliling kita bisa mencari pelanggan ditempat-tempat yang banyak didatangi oleh banyak orang seperti misalnya adalah sekolah, pasar, atau tempat kerja. Keuntungan kedua yang bisa kita dapatkan adalah pendapatan yang kita dapatkan besar. Tentu dengan kita mendapatkan banyak pelanggan maka pendapatan kita akan bertambah banyak dan besar. Maka dengan pendapatan yang kita dapatkan tersebut maka kita bisa gunakan untuk keperluan kita lainnya.

Keuntungan ketiga yang bisa anda dapatkan dengan anda menjalankan usaha secara keliling yaitu usaha ini mudah dijalankan. Untuk melakukan usaha secara keliling siapa saja dapat melakukannya, karena usaha ini mudah dijalankan. Tidak banyak yang diperlukan untuk melakukan usaha keliling tersebut. Hanya berbekal gerobak atau sepeda atau perlengkapan lainnya yang mendukung maka kita dapat melakukan usaha tersebut. Itu beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan, masih banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan anda menjalankan usaha secara keliling.

Jika anda ingin melakukan usaha keliling maka anda harus merencanakan usaha keliling apa yang akan anda jadikan sebagai usaha tersebut. Karena ada banyak jenis usaha yang bisa anda jadikan sebagai usaha keliling. Maka untuk itu jika anda ingin melakukan usaha keliling maka tentukan terlebih dahulu jenis usaha yang cocok untuk usaha tersebut, jika anda sudah menemukan jenis usaha yang cocok untuk usaha tersebut maka anda bisa menggunakan jenis usaha tersebut untuk usaha keliling anda. Ada banyak jenis usaha keliling yang bisa anda jadikan sebagai usaha keliling. Namun harus anda pastukan terlebih dahulu bahwa jenis usaha tersebut cocok untuk anda jadikan sebagai usaha keliling didaerah pedesaan. Karena tidak semua jenis usaha keliling cocok dilakukan didaerah pedesaan . Untuk itu, anda harus menentukan jenis usaha yang cocok untuk daerah pedesaan. Ada banyak jenis contoh usaha pedesaan yang bisa anda gunakan sebagai usaha keliling. usaha tersebut adalah antara lain :

1. Usaha jualan siomay keliling

Berdasarkan penelitian di lapangan bahwa modal yang paling ringan untuk melakukan usaha adalah berdagang siomay keliling. Karena dengan berjualan siomay keliling kita tidak perlu membeli bahan dan juga perlengkapan yang banyak, selain itu dengan modal 500 ribu saja kita sudah dapat semua bahan yang diperlukan untuk membuat siomay. Mulai dari tepung pati, tepung gandum, garam, merica, penyedap rasa, baskom dan lain sebagainya. Modal usaha untuk berjualan siomay ini hanyalah 500 ribu saja, dengan modal seperti itu kita sudah dapat membuat banyak siomay yang akan diperjual belikan. Selain itu dengan modal 500 ribu anda sudah dapat mendapatkan keuntungan dari hasil jualan siomay anda.
Jika kita uraikan modal yang diperlukan untuk berjualan siomay adalah :
a. Tepung pati
Tepung pati setiap 1 kg harganya Rp 6000,00. Ini untuk membuat siomay dengan standar kecil. Jika ingin membuat siomay yang banyak untuk dijual minimal membutuhkan 3 kg tepung pati, berarti Rp 6000,00 x 3 = Rp 18.000,00
b. Tepung gandum
Untuk membuat siomay kita juga membutuhkan tepung gandum. Tepung gandum harganya juga sama dengan tepung pati yaitu Rp 6000,00. Untuk tepung gandum kita hanya membutuhkan 2 kg saja untuk membuat siomay. Jadi jika Rp 6000,00 x 2 = Rp 12.000,00.
c. Garam
Untuk membeli garam kita dapat membeli 1 pack yaitu dengan harga Rp 3000,00 saja. garam ini juga dapat digunakan beberapa kali karena dalam pembuatan siomay kita tidak membutuhkan banyak garam jadi kita dapat menyimpan sisa garam yang nantinya dapat digunakan untuk bahan selanjutnya.
d. Merica
Untuk merica harganya memang paling mahal dari pada yang lainnya yaitu 1 ons harganya mencapai Rp 15000,00. Untuk membuat siomay yang akan dijual nantinya, maka anda bisa membeli merica 1 ons saja dengan harga tersebut. Penggunaan merica ini tidaklah banyak, anda bisa menggunakannya sedikit saja. Dengan begitu 1 ons merica dapat digunakan sebanyak 3 kali.
e. Bawang putih
Anda dapat membeli bawang putih sebanyak ¼ kg dengan harga Rp 8000,00. Dan bawang ini dapat digunakan beberapa kali dalam pembuatan siomay.
f. Penyedap rasa
Untuk penyedap rasa ada beberapa takaran kg yang berbeda-beda. Ada yang 1 ons, ½ kg dan 1 kg. Namun sebaiknya anda menggunakan penyedap rasa dengan takaran 1 ons saja yaitu dengan harga Rp 3000,00. Penyedap ini dapat digunakan beberapa kali.

2. Usaha bakso keliling

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa bakso merupakan makanan populer yang sangat di cari dan diminati oleh kalangan banyak orang. Tak heran jika banyak sekali di pinggir jalan maupun di kampung kita menjual bakso. Karena peluang bakso memang sangat menjanjikan untuk anda. Maka dari itu jika anda ingin melakukan usaha bakso keliling, peluang dan keuntungan yang bisa anda dapatkan juga besar. untuk melakukan usaha bakso keliling maka hal yang harus anda persiapkan adalah dananya. Dana untuk melakukan usaha bakso keliling ini tidaklah banyak karena tidak banyak perlengkapan yang harus anda persiapkan. Dengan anda menyiapkan modal sebesar 2 juta saja anda sudah dapat menjual bakso. Modal yang dikeluarkan untuk jenis usaha ini berbeda-beda, karena dengan cara berkeliling maka anda tidaklah perlu menyewa ruangan untuk berjualan bakso. Karena modal banyak itu adalah akibat dari menyewa tempat. Selain itu berjualan bakso dengan cara berkeliling ini jauh lebih praktis dan sederhana, anda juga tidak monoton untuk satu tempat saja, anda dapat berpindah-pindah tempat sesuai keadaan tempat. Jika sendainya tempat yang anda datangi sepi maka anda bisa pergi ke tempat lainnya. jika tempat itu sepi lagi, maka anda dapat melakukan yang sama, begitu seterusnya.

3. Usaha es cendol keliling

Usaha berjualan es cendol keliling ini selain mudah dan sederhana, manfaat yang dapat kita ambil dengan berjualan es cendol keliling adalah bahwa anak-anak akan sangat menyukai es apalagi pada saat musim kemarau, udara akan jadi lebih panas dan rasa haus akan muncul. Untuk itu anak-anak akan membeli minuman untuk menghilangkan rasa haus yang muncul yaitu salah satunya dengan membeli es. Dalam berjualan es cendol keliling harus ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu antara lain :
 Waktu yang sesuai saat berjualan
Dalam melakukan usaha es cendol keliling kita harus memperhatikan waktu yang sesuai pada saat berjualan. Dengan kesesuaian waktu ini maka anda akan bisa mendapatkan keuntungan. Waktu yang tepat adalah dengan melihat peluang dan keadaan musim. Maksudnya adalah kita harus melihat peluang di lapangan dengan berjualan es cendol keliling tersebut, jika peluang bagus maka ini merupakan waktu yang tepat untuk melakukan usaha es cendol keliling. Selain itu anda juga harus memperhatikan keadaan cuacanya. Cuaca merupakan faktor pendukung dalam usaha es cendol keliling ini. Jika cuacanya mendukung maka akan sangat bagus kita untuk berjualan es cendol keliling. Cuaca yang tepat untuk berjualan es cendol keliling adalah pada saat cuaca panas. Karena pada saat cuaca panas akan banyak orang terutama anak-anak untuk membeli beberapa es untuk menghilangkan rasa hausnya, jadi jika pada saat cuaca seperti ini akan sangat mempermudahkan kita berjualan es cendol, keuntungan yang kita dapatkan juga akan sangat banyak dibandingkan dengan musim yang biasa lainnya. Namun jika kita menjual es cendol keliling pada saat musim penghujan maka ini meruapakan waktu yang tidak tepat, karena pasti orang-orang akan cenderung tidak membeli es melainkan lebih ke sesuatu minuman yang hangat. Jadi kita harus memperhatikan beberapa hal tersebut
 Harga yang terjangkau
Soal harga dalam berjualan es cendol keliling kita harus dapat mematok harga yang sesuai dengan usaha kita yaitu dengan harga yang terjangkau. Jadi anda harus memperhatikan harga yang sesuai dengan es yang anda jual. jadi jika anda berjualan es cendol harus sesuaikan dengan harga pasar atau harga normalnya.

loading...
MACAM-MACAM USAHA KELILING DENGAN MODAL KECIL | author | 4.5