Macam-Macam Jenis Ikan Lele Budidaya

Ikan lele adalah salah satu jenis ikan tawar yang bisa dibudidayakan. Ikan lele ada yang mampu dibudidayakan meskipun tidak ditempatnya. Banyak petani ikan yang membudidayakan ikan lele di tambak bandeng/tambak bekas udang. Ikan lele mampu hidup di air asin dan tempat yang tenang dan teduh seperti rawa, danau, dan sungai-sungai besar.

Di Indonesia banyak sekali jenis ikan lele yang bisa dibudidayakan. Ikan lele mempunyai banyak keunggulan seperti kualitas produk, ketahanan penyakit, dan pertumbuhan yang baik. Seperti yang dijelaskan dalam situs www.ikanlele.net, berikut ini terdapat berbagai penjelasan tentang jenis-jenis ikan lele yang bisa dijadikan pilihan untuk memulai usaha.

 budidaya ikan lele kolam terpal

Ikan Lele Lokal

Jenis ikan lele lokal bisa ditemukan saat memancing di sungai, danau, dan rawa karena keberadaanya yang sangat banyak. Ikan lele mempunyai banyak warna seperti hitam, putih, hitam belang putih, dan merah. Jenis ikan lele lokal berwarna merah digunakan sebagai ikan hias karena memiliki warna yang mencolok. Ikan lele lokal memiliki rasa yang gurih untuk dikonsumsi. Ikan jenis ini paling mudah untuk dibudidayakan. Namun, ikan lele ini harus diberi makanan yang banyak sehingga sangat boros pada harga pakan ikan lele.

Ikan Lele Dumbo

Ikan lele dumbo adalah jenis ikan lele yang lebih mudah dibudidayakan dibandingkan ikan lele lokal. Ikan lele dumbo memiliki pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan ikan lele lokal. Saat umur 2 bulan akan lebih besar dibandingkan ikan lele tawar. Ikan lele dumbo berasal dari pemijahan ikan lele asal Taiwan dengan ikan lele asal Afrika. Ikan lele dumbo juga memiliki sirip kanan kiri yang tajam tetapi tidak beracun. Ikan lele dumbo mampu hidup di kolam tanah dan memiliki pertumbuhan yang cepat. Namun, jika dikonsumsi maka dagingnya kurang begitu enak dibandingkan ikan lele lokal. Dagingnya kurang begitu terasa dan kurang empuk.

Ikan Lele Sangkuriang

Ikan lele sangkuriang berasal dari adanya penyilangan antara ikan lele dumbo generasi ke-2  (F2) dengan pejantan ikan lele dumbo (F6). Ikan lele yang berasal dari hasil perkawinan antara sang anak dengan sang induk maka dihasilkan ikan lele sangkuriang.

Keunggulan yang didapat dari pemijahan ini mencapai 40.000-60.000 dibandingkan dengan ikan lele lokal yang hanya 1000-4000 butir telur. Ikan lele jenis ini mampu hidup di air yang sedikit, jarang terkena penyakit, memiliki produksi telur yang produktif. Jenis ikan ini tidak bisa dipisahkan antara indukan ikan lele sangkuriang karena kualitasnya akan menurun. Untuk menghasilkan jenis ikan lele sangkuriang yang unggul harus dengan perkawinan persilangan balik.

Ikan Lele Phyton

Ikan lele phyton merupakan pemijahan persilangan antara indukan eks Thailand F2 dengan induk lele lokal. Ikan lele Phyton memiliki ketahanan fisik yang bagus dan bisa hidup di air yang sedikit. Selain itu keunggulan ikan lele ini adalah memiliki perkembangan yang cukup besar jika rajin diberi makan setiap hari.

Ikan lele phyton mampu hidup di cuaca yang dingin sehingga sangat memudahkan nelayan untuk membudidayakannya. Ciri-ciri ikan jenis ini memiliki bentuk kepala yang menyerupai ular phyton maka disebut ikan lele phyton. Ikan ini lebih aktif dibandingkan ikan lele jenis lain. Soal rasa, daging ikan lele Phyton memiliki rasa daging yang enak dibandingkan ikan lele dumbo.

Bagi yang berencana untuk memulai membudidayakan ikan lele, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu jenis ikan lele yang ada di Indonesia. Setiap jenis ikan lele memiliki ciri-ciri dan karakteristik yang berbeda, sehingga bisa memilih yang sesuai untuk dijadikan usaha sampingan.

Incoming search terms:

ikan sembilang - ikan sungai jenis lele - jenis jenis lele sungai - Ketahanan penyakit ikan patin di banding lele - macem-macem jenis ikan lele -
loading...
Macam-Macam Jenis Ikan Lele Budidaya | mata | 4.5