Kredit Pinjaman Untuk Petani, Mandiri KKP

Kabar baik bagi para pegiat pangan Indonesia, saat ini telah banyak pihak ketiga yang juga memperhatikan nasib para petani, peternak, dan nelayan yang ada di Indonesia. Memang tidak dipungkiri negara Indonesia adalah negara yang tidak bisa terlepas terhadap pertanian, peternakan dan perikanan. Banyaknya jumlah penduduk Indonesia menjadi faktor utama mengapa seharusnya petani lebih diutamakan. Dan salah satunya adalah produk kredit pinjaman untuk petani milik bank Mandiri yang diberi nama KKP, kredit ketahanan pangan.

kredit ketahanan pangan Mandiri

kerisbudaya.blogspot.com

Kredit pinjaman untuk petani milik Mandiri ini diperuntukan bagi para petani, peternak dan nelayan untuk meningkatkan hasil produksinya. Dengan harapan semakin produksi yang dihasilkan akan semakin baik pula Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pokoknya sendiri. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mendapatkan kredit ketahanan pangan dari Bank Mandiri ini. Karena diharapkan untuk meningkatkan ketahanan pangan maka jenis usaha yang dilakukan adalah sebagai berikut:

Petani: padi, jagung, kedelai, ubi kayu, ubi jalar;
Peternak: sapi potong, ayam buras, dan itik;
Petani ikan: usaha penangkapan ikan, penunjang perikanan dan budidaya ikan dan atau bersama-sama dengan usaha budidaya peternakan ayam buras;
Koperasi: pengadaan pangan berupa gabah, jagung, dan kedelai serta usaha perikanan

Selain itu ada beberapa ketentuan yang wajib dilengkapi sebelum kita mendapatkan kredit pinjaman untuk petani ini. Berikut ini beberapa ketentuan kredit ketahanan pangan Mandiri:

  • Usaha yang telah dijalankan adalah usaha yang layak dibiayai.
  • Belum pernah mendapatkan kredit sebelumnya
  • Jangka waktu maksimum kredit adalah 1 tahun.
  • Yang dimaksud agunan utama dalam kredit ketahanan pangan adalah usaha yang dibiayai. Jika Bank merasa diperlukan maka debitur menyerahkan agunan tambahan.

* Khusus untuk Koperasi merupakan Koperasi Primer dan memiliki izin usaha serta pengurus yang aktif.

Untuk suku bunga kredi ketahanan pangan ini memiliki nilai yang berbeda untuk usaha pertanian, yakni hanya dikenakan sebesar 12% per tahun. Sedangkan untuk suku bunga KKP untuk usaha lainnya seperti peternak, nelayan dan koperasi dikenakan suku bunga sebesar 16% per tahun.

Kredit pinjaman untuk petani ini sangat bermanfaat khususnya bagi petani yang membutuhkan modal secara langsung karena untuk KKP ini debitur dapat melakukan penarikan secara sekaligus. Pelunasan pun terhitung sangat masuk akal karena bisa dilakukan pada saat jatuh tempo atau setelah panen. KKP ini sendiri dapat dilakukan atau diajukan oleh peerorangan atau secara berkelompok melalui kelompok tani. Dan yang terpenting adalah dengan mengajukan kredit ketahanan pangan ini kita berhak memperoleh bimbingan teknis/teknologi dan manajemen dari Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) yang ditunjuk.

Bagaimana tertarik untuk mendapatkan kredit ketahanan pangan ini?

loading...
Kredit Pinjaman Untuk Petani, Mandiri KKP | mata | 4.5