Kredit Modal Usaha Motor Macet?

Kredit Modal Usaha Motor Macet? – Modal usaha bukan hanya berupa uang, melainkan ia bisa juga berupa barang seperti sepeda motor. Para pelaku usaha yang ingin mengembangkan bisnisnya biasanya mengajukan pinjaman modal usaha berupa sepeda motor kepada leasing atau lembaga pembiayaan. Namun seringkali karena usaha yang sedang merugi, cicilan kredit sepeda motor macet. Kalau hal itu terjadi ada beberapa cara yang bisa orang lakukan.

Kredit Modal Usaha Motor Macet?

Kredit Modal Usaha Motor Macet? (sumber gambar :caripanduan.com)

Seperti yang dilakukan oleh Utam. Pria ini hendak menjual suku cadang motornya yang asli dan baru lalu ditukar dengan suku cadang bekas. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan uang karena ia menunggak cicilan kredit motor selama tiga bulan. Dan sebelum motornya ditarik pihak leasing atau debt collector, ia menjual suku cadang motor barunya agar ia mendapatkan keuntungan.

Utam menyatakan suku cadangnya masih baru karena baru dipakai tiga bulan. Ia lebih memilih menjual suku cadang motornya agar ia tidak rugi atau balik modal. Suku cadang gress itu memiliki nilai ekonomis tinggi yang dijual dengan harga murah sekitar Rp.700 ribu. Praktek jual suku cadang motor kreditan ternyata sudah dilakukan sejak lama oleh beberapa orang seperti tukang ojeg. Selain menjual langsung ke tangan konsumen, pemilik motor kreditan juga seringkali menjual suku cadang motor kreditan ke kios-kios yang menjual sparepart bekas.

Salah seorang juru tagih sebuah leasing membenarkan maraknya praktek tersebut. Menurutnya, banyak sekali sepeda motor tarikan yang kondisinya sudah tidak utuh lagi. Seperti mesin dan suku cadang sepeda motor yang sering diganti dengan tiruan atau imitasi yang bekas padahal motor tersebut baru enam bulan. Ulah nakal kreditor tersebut tidak membuat leasing rugi karena semua itu dijamin oleh lembaga penjamin kredit.

Pihak Lembaga Konsumen Indonesia menyalahkan pihak leasing atas kasus tersebut. Menurutnya, hal ini terjadi disebabkan arogansi lembaga leasing yang tidak bijaksana dan secara seenaknya saja menarik sepeda motor yang kreditnya macet tanpa mempertimbangkan keluhan-keluhan mereka yang menjadikan alasan terjadi kredit macet.

Berkenaan dengan motor jabelan atau sitaan itu, pihak leasing biasanya melelang motor-motor tersebut. Apabila masih ada yang tersisa, motor itu dijual ke dealer untuk dijual secara kredit ataupun cash. Menurut pihak leasing jarang sekali konsumen yang tidak membayar cicilan kredit alias macet paling juga hanya sebesar 2 persen dari kreditur. “Sebab kami melaksanakan seleksi yang sangat ketat bagi para calon kreditur”ujarnya.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai apa yang terjadi jika kredit modal usaha motor macet. Cara di atas adalah cara yang mewarnai dunia perkreditan motor di tanah air. Namun sebaiknya, anda tidak melakukan cara-cara yang merugikan semua pihak. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah pengetahuan dan wawasan mengenai kredit modal usaha berupa motor. Tetaplah membaca blog mata pencaharian dan simak artikel menarik lainnya. Baca juga : Cara-cara mendapatkan modal usaha

Incoming search terms:

cara menjual motor yang masih kredit - motor kreditan dijual - panduan bisnis jual motor kredit macet - usaha macet - jual motor masih kredit - motor masih kredit di jual konsumen - kemana menjual motor kredit macet - banyak kredit macet leasing merugi - apakah sepeda kreditan bisa dijual? - ketika usaha macet - Jual motor masih kredit ke dealer - cara menukar motor kredit - jual motor masih kredit bisa tidak - cara menjual motor kreditan - Cara mendapatkan motor lising Kriditan macet - cara leasing mengenali sepeda motor kredit macet - cara jual motor masih kredit - yang terjadi jika kredit motor macet - bisa di jual gak motor masih kredit - apakah bisa dijual motor kredit -
loading...
Kredit Modal Usaha Motor Macet? | author | 4.5