Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele

Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele – Keberhasilan tidaklah didapat dengan mudah dan instant. Namun, keberhasilan didapatkan melalui kerja keras, ulet, tekun, pantang menyerah dan sabar. Kesuksesan diraih oleh siapapun yang memperjuangkannya. Begitupula yang dialami oleh pria bernama lengkap Sudarso. Pria yang akrab disapa pak Sudarso ini semula hanya mempunyai tanah kosong seluas 50 x 35 meter yang kemudian ia manfaatkan untuk membikin tempat pemancingan lele bermodalkan modal uang yang minim sekali. Beliau dibantu kedua orang puteranya menggali tanah lebih dalam untuk membuat kolam pemancingan. Karena modal yang sangat minim dan tenaga yang kurang sekali membuat pembuatan kolam pemancingan ikan lele memerlukan waktu yang cukup lama sekitar tiga bulan.

Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele

Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele (http://www.krjogja.com)

Akhirnya tiga bulan kemudian, pria yang ramah dan baik hati ini sukses membuat kolam pemancingan lele tersebut. Lalu ia mengisi kolam itu dengan air yang memadai beserta ikan-ikan lele. Seiring berjalan waktu, pria yang supel ini memulai membuka usaha tempat pemancingan ikan lele dan mempromosikan bisnisnya itu ke khalayak ramai. Seiring semakin dikenal tempat usahanya, semakin banyak pelanggan yang berkunjung untuk memancing di kolamnya. Keuntungan yang diraih Sudarso lumayan besar, bahkan pada hari libur jumlah pengunjungnya sangat ramai atau membludak sehingga keuntungan yang didapatnya dua kali lipat dibanding hari biasa.

Untuk mengembangkan usaha pemancingannya, Bapak Sudarso mencoba membudidayakan ikan lele. Pria yang rajin ini membeli sepuluh pasang lele induknya yang telah siap untuk bertelur. Namun, karena belum pengalaman dalam budidaya ikan lele akhirnya tujuh ekor ikan lele betina mengalami kematian hingga yang tersisa sedikit. Kemudian, pria yang cerdas ini dengan terpaksa menutup usaha pemancingan ikan lele dengan alasan ikan-ikan lelenya berjumlah sangat sedikit. Sehingga Bapak Sudarso berusaha mencari pinjaman modal usaha ke rekan-rekannya namun usahanya mengalami kegagalan.

Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele
Kebetulan ada salah seorang pemancing langganannya yang menanyakan alasan usaha pemancingannya ditutup. Sudarso pun berterus terang padanya. Akhirnya, pemancing langganannya itu memberikan sejumlah uang sebagai modal usaha kepada Sudarso. Uang itu oleh Sudarso dibelikan ikan-ikan lele lagi. Selain itu, Sudarso mengikuti kegiatan Usaha Rakyat yang diadakan oleh pemerintahan setempat sehingga ia mengetahui bagaimana cara membudidayakan dan mengembangkan ikan lele yang baik dan benar.

Berbekal ilmu tersebut, Sudarso sukses membudidayakan ikan lele. Ia pun sanggup melunasi utang-utangnya dalam waktu delapan bulan. Ditengah keberhasilan beternak lele, lalu ia membuka lahan lagi untuk kolam peternakan lele di belakang rumahnya, dan berniat membuka usaha serupa di daerah Depok dan Bogor. Selain membuka usaha tempat pemancingan ikan lele, pria cekatan ini juga mulai menjalankan usaha baru sebagai pemasok lele ke sejumlah warung makan pecel lele di daerahnya.

Demikianlah artikel yang mengulas Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele. Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dalam menambah wawasan dan keilmuan dalam berbisnis sukses.

Baca juga :

Cara Membuat Ikan Nila Cepat Besar

Incoming search terms:

usaha pemancingan lele - usaha pemancingan - kolam pemancingan lele - bisnis pemancingan - kolam Pemancingan - pemancingan lele - cara bisnis pemancingan - cara membuat kolam pemancingan - kolam pancing lele - Bisnis pemancingan lele - usaha kolam pemancingan - cara membuat kolam pemancingan lele - usaha pemancingan ikan Lele - usaha kolam pancing - bisnis kolam pancing - cara membuat kolam pancing - usaha pemancingan ikan - Bisnis kolam pemancingan - pemancingan ikan lele - cara membuat kolam pancing lele -
loading...
Kisah Sukses Usaha Pemancingan Ikan Lele | author | 4.5