Kiat Sukses Menjadi Petani Kaya Raya

Kiat Sukses Menjadi Petani Kaya Raya – Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang menghasilkan banyak rempah-rempah. Sebagian besar penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani. Sehingga umumnya mereka mengetahui cara bertani yang baik dan benar secara turun temurun. Menjadi petani yang sukses dan kaya raya impian semua orang. Namun untuk menjadi petani sukses tidak semudah yang diucapkan dan dibayangkan. Seseorang membutuhkan bekal berupa kerja keras, pengetahuan, keuletan dan kesabaran untuk berhasil di bidang pertanian.

Kiat Menjadi petani sukses kaya raya

Kiat Menjadi petani sukses kaya raya

Di pedesaan, anak-anak mudanya banyak beralih ke bidang lain. Karena hasil pertanian dinilai kurang mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan usaha pertanian tidak menjadi primadona lagi seperti harus bergumul dengan tanah yang membuat badan kotor, dan penghasilan yang didapat tidak mencukupi untuk kebutuhan ekonomi sehari-hari. Mereka membutuhkan waktu tiga bulan untuk panen tanaman musiman baru bisa dapat uang. Ataupun sekitar dua sampai tiga tahun untuk tanaman tahunan seperti pohon jati.

Kiat Sukses Menjadi Petani Kaya Raya

Berikut ini kiat sukses menjadi petani kaya raya, antara lain:
1. Memiliki modal. Untuk menjadi petani sukses dan kaya raya membuuhkan modal. Dengan mempunyai modal usaha, seorang petani bisa membeli perlengkapan pertanian, membayar pekerja, membeli pupuk, dan mengadakan lahan untuk bertani. Untuk memperoleh modal usaha dapat melalui pinjaman dari bank pemerintah maupun swasta yang memiliki visi bersedia membantu para petani. Adapun cara mendapatkan modal usaha secara lebih lengkap bisa dibaca pada artikel sebelumnya : Cara-cara mendapatkan modal usaha.

2. Mempunyai lahan pertanian. Setelah kita memiliki modal usaha, langkah berikutnya ialah mengadakan lahan untuk bertani, bisa dengan cara membeli lahan atau menyewa lahan milik orang lain. Akan lebih bagus lagi apabila kita sudah memiliki lahan untuk membangun usaha pertanian

3. Mengetahui ilmu tentang pertanian. Bagaimana cara agar kita sukses di dunia dan di akhirat? Jawabnya dengan ilmu. Ilmu merupakan sarana seseorang meraih kesuksesan. Begitupula dalam dunia pertanian. Seseorang yang ingin sukses di bidang usaha pertanian mesti memiliki ilmu tentang pertanian itu sendiri. Untuk mendapatkan ilmu tentang pertanian bisa dilakukan dengan cara sekolah, belajar autodidak, bertanya kepada ahlinya seperti penyuluh pertanian maupun petani yang telah berpengalaman dan sukses

4. Memiliki kemauan dan niat yang kuat untuk berhasil di usaha pertanian. Tanpa niat dan kemauan yang kuat untuk berhasil mustahil mendapat sukses. Hal ini berlaku tentu di segala usaha dibidang apapun apalagi dalam usaha pertanian yang memerlukan kesabaran yang tinggi.

Demikianlah yang bisa penulis sampaikan mengenai kiat sukses menjadi petani kaya raya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya mereka yang ingin terjun dalam usaha pertanian. Tetaplah stand by di blog mata pencaharian.com. Simak artikel-artikel menarik kami lainnya.

Incoming search terms:

PETANI SUKSES - cara bertani sukses - kiat jadi petani sukses - cara sukses bertani - cara menjadi petani sukses - bertani sukses - menjadi petani sukses - sukses bertani - tips petani sukses - tips menjadi petani sukses - Kiat sukses bertani - cara bertani yang sukses - Trik menjadi petani sukses - cara jadi petani sukses - tips jadi petani sukses - cara menjadi petani yang sukses - jadi petani sukses - kiat petani sukses - kiat menjadi petani sukses - tips bertani sukses -
loading...
Kiat Sukses Menjadi Petani Kaya Raya | author | 4.5