Kiat Sukses Berwirausaha

Ditengah sulitnya mencari lapangan pekerjaan dan sulitnya ekonomi, berwirausaha merupakan langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Apalagi ditengah gencarnya, pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat berupaya menciptakan para pengusaha baru di negeri ini. Konon untuk menjadi negara maju, sebuah negara harus memiliki minimal sepuluh persen pengusaha di negara tersebut. Dengan berwirausaha, pada dasarnya kita menciptakan lapangan kerja baru sekaligus membantu pemerintah dalam memberantas kemiskinan.

wirausaha

Adapun pilihan berwirausaha atau menjadi karyawan adalah pilihan masing masing orang. Ada kelebihan dan kekurangan dari tiap tiap pilihan tersebut. Kalau menjadi karyawan berarti kita bekerja untuk uang. Sedangkan berwirausaha, apabila usahanya sudah jalan dan lancar bisa didelegasikan kepada orang lain sehingga orang dan uang akan bekerja untuk kita. Jika uang sudah bekerja untuk kita maka kita akan memiliki kebebasan waktu tanpa harus lelah kerja keras berjam jam lamanya.

Sebelum menjalankan usaha, perlu diperhatikan hal hal berikut ini :

1. Kenali pasar atau riset pasar terlebih dahulu. Segala usaha bisnis harus didasarkan atas dasar riset pasar. Jika anda menjual suatu produk yang tidak ada pangsa pasarnya maka kemungkinan besar akan gagal. Begitu sebaliknya, jika anda menjual produk yang ada pangsa pasarnya, kemungkinan usaha berhasil sangat besar.

2. Fokus dalam bisnis. Setelah menentukan jenis usaha berdasar atas riset pasar, selanjutnya anda mesti fokus pada bidang bisnis tersebut, sebelum beralih membuka usaha lain. Fokus membuat segalanya menjadi mudah dan mempercepat keberhasilan suatu usaha karena kita tekun dan terus menerus bekerja.

3 Jangan meremehkan konsumen sedikitpun. Konsumen adalah raja. Kita mendapatkan keuntungan uang lewat konsumen. Walaupun ia tidak membeli produk kita, dimasa datang ia bisa saja membeli produk atau jasa kita. Karena setiap orang berpotensi membeli produk atau jasa kita. Oleh sebab itu, jangan meremehkan konsumen bagaimanapun keadaan dan penampilannya. Kita hendaknya bersikap respek dan menjaga hubungan baik dengan mereka terutama dengan pelanggan setia.

4. Bangkitlah dari kegagalan. Semua usaha bisnis tidak ada jaminan akan berhasil. Keberhasilan usaha tidak bisa langsung kita rasakan. Kadang kadang kita mesti merasakan yang namanya kegagalan. Kalau hal ini terjadi, kita mesti bangkit dari kegagalan. Pelajari sebab kegagalan lalu bangkit lagi memulai usaha yang baru

5. Hemat dalam menggunakan modal. Berhemat dalam usaha berarti konsentrasi anggaran pada skala prioritas. Usahakan keuntungan lebih besar di dapat dari modal awal. Dan jangan sampai keuntungan usaha tidak menutupi pengeluaran.

6. Membentuk jaringan dengan cara rajin bersilaturahmi dan menjaga hubungan baik dengan siapapun. Jadilah seorang usahawan yang bisa dipercaya orang sehingga orang mau bekerjasama secara terus menerus dengan anda. Dengan demikian, usaha anda akan lebih cepat berkembang.

Selamat berwirausaha! Semoga sukses.

Incoming search terms:

penyebab kegagalan dalam berhemat - hemat dalam berwirausaha - sulitnya berwirausaha - apa itu hemat dalam berwirausaha? - tip sukses berwira usaha - meremehkan penampilan konsumen - membuka lapangan pekerjaan apa yang kemungkinan sukses nya besar - kiat mencari kesuksesan berwiraswasta - cara hemat dalam berwurausaha - usaha konsumen dalam menggunakan uang secara hemat -
loading...
Kiat Sukses Berwirausaha | author | 4.5