Kiat Mendapatkan Modal Usaha Dari Investor

Setiap bisnis membutuhkan biaya atau modal usaha agar semuanya dapat berjalan dengan lancar. Untuk mendapatkan modal usaha bisa dilakukan dengan menggunakan uang sendiri maupun cara pinjaman kepada pihak ketiga dan mencari investor.

Kredi Bank Mandiri

Investor merupakan solusi untuk membiayai usaha anda agar dapat berjalan secara baik. Mencari investor tidaklah mudah, melainkan membutuhkan kepiawaian tersendiri untuk mengajak orang lain bekerjasama dalam bentuk investasi. Kepercayaan adalah faktor utamanya.

Pada kesempatan kali ini, penulis hendak memberikan tips dalam mencari dan meyakinkan investor bagi anda untuk mendapatkan modal usaha.

1. Mencari Investor yang handal

Semua orang bisa menjadi investor bagi usaha anda. Akan tetapi, jika disodorkan nominal angka, tidak semua orang bisa menyanggupinya. Hal ini bisa diminimalisir dengan membuat proposal usaha kerjasama. Proposal kerjasama ini bisa dilakukan secara online. Karena banyak proposal bisnis yang ditawarkan diberbagai komunitas atau forum di internet.

2. Membuat Bahan Presentasi

Presentasi ini hendaknya tidak berbelit-belit. Dimana fokus menerangkan kelayakan usaha, peningkatan penjualan, peningkatan kualitas produk, strategi menghadapi persaingan, pembagian keuntungan dan lain-lain.

3. Menentukan Lokasi Pertemuan

Kriteria tempat pertemuan dengan calon investor adalah nyaman dan tidak memiliki gangguan-gangguan seperti kebisingan suara dalam menerangkan proposal kerjasama usaha. Selain itu, anda perlu menjamu investor tersebut seperti tamu agar mereka terkesan dengan pribadi anda dan bersedia bekerjasama dalam menjalankan suatu bisnis.

4. Melakukan Pemaparan bisnis secara Menarik

Tidak semua orang bisa memaparkan proposal kerjasama usaha secara menarik. Jika demikian, anda bisa menyuruh orang lain yang pandai bernegosiasi dan berkomunikasi. Anda hanya menjawab seperlunya. Namun, jika anda sendiri yang memaparkan proposal bisnis kerjasama kepada calon investor maka harus dipastikan anda berbicara secara jelas, padat, dan bahasa tubuh harus rileks atau tidak tegang serta fokus pada materi yang anda sampaikan.

5. Melakukan Komunikasi secara intensif

Setelah anda selesai melakukan presentasi biasanya calon investor tidak mengambil keputusan saat itu juga. Mereka membutuhkan waktu beberapa hari untuk memikirkan kembali prospek usaha anda. Selain itu, mereka melihat dan mempertimbangkan dari berbagai aspek. Nah, saat itulah, anda mesti terus menjalin komunikasi agar setiap segala pertanyaan dari calon investor dapat terjawab dengan cepat dan mudah.

Pendek kata, kesimpulan dari semua itu adalah Anda harus mempelajari strategi-strategi jitu dalam meyakinkan orang atau membujuk orang lain agar berbuat seperti yang anda inginkan. Belajarlah pada orang-orang yang ahli secara langsung maupun tidak langsung. Anda bisa mempelajari bukunya yang bisa didapatkan secara mudah di toko buku terdekat.

Demikianlah tips dan cara mencari investor dan meyakinkannya. Semoga bermanfaat bagi anda dalam usaha mendapatkan modal usaha dari para investor. Selamat mencari modal usaha! Semoga sukses!

 

 

loading...
Kiat Mendapatkan Modal Usaha Dari Investor | mata | 4.5