Kiat Memperoleh Modal Untuk Usaha Kecil Menengah

Salah satu pilar yang sangat penting dalam sebuah bisnis adalah adanya modal usaha. Modal usaha mutlak diperlukan untuk keberhasilan dalam sebuah bisnis. Dengan adanya modal usaha akan mempercepat dan mempermudah jalan keberhasilan di bidang usaha kecil dan menengah.

aaaa

Pada jaman sekarang ini, modal usaha menjadi salah satu kendala atau hambatan yang seringkali dialami para pelaku bisnisusaha kecil menengah pemula baik usaha rumahan, sampingan maupun usaha skala besar. Namun seiring, seriusnya pemerintah dalam membangun kemandirian ekonomi kerakyatan, telah bergulirlah banyak pinjaman lunak bagi pelaku usaha kecil menengah seperti PNPM Mandiri, KUR, dan program bantuan hibah dari pemerintahan setempat.

Berikut ini kiat memperoleh modal untuk usaha kecil dan menengah :

  1. Pinjaman Bank. Seorang pelaku usaha kecil menengah bisa meminjam modal usaha ke bank atau perbankan. Usahakan memilih pinjaman yang bunganya terkecil seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dan salah satu bank pemerintahan yang menyediakan fasilitas pinjaman ini adalah Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI). Adapun persyaratan mendapatkan fasilitas kredit ini, adalah :
    1. Usaha sudah berlangsung minimal selama enam bulan
    2. Debitur berusia minimal 21 tahun
    3. Menyertakan surat permohonan dilengkapi KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Usaha dari Kantor Pemerintahan Desa Setempat
    4. Adanya jaminan. Untuk jaminan bisa berupa usaha kita sendiri atau barang yang senilai dengan pinjaman modal.
  2. Bagi Hasil. Untuk mendapatkan modal usaha, selain meminjam ke bank, juga dapat dilakukan dengan cara bekerjasama dengan pihak lain yang mempunyai modal usaha dengan sistem bagi hasil. Adapun persentase bagi hasil dibuat di atas surat perjanjian tertulis dan surat kesepakatan bersama. Anda bisa memulainya dengan mengajak teman, saudara atau tetangga untuk bekerjasama dalam menjalankan sebuah bisnis bersama.
  3. Sistem Jual Saham atau Investasi. Pada waktu, usaha anda telah mapan, anda bisa menjual kepemilikan usaha dengan menjual sebagian saham usaha anda.
  4. Hibah dari pemerintah. Anda bisa mengajukan bantuan hibah kepada pemerintahan pusat, propinsi maupun kabupaten. Pengajuan hibah bantuan biasanya diajukan atas nama kelompok usaha. Menurut sumber dari pemerintah, banyaknya anggaran-anggaran dana hibah yang dikembalikan ke pemerintah karena tidak adanya pengajuan. Pengajuan dana hibah dari pemerintah benar-benar dapat dilakukan dan terbukti berhasil. Untuk mendapatkan dana hibah dari pemerintah secara mudah, anda mesti memperluas jaringan dengan cara mencari orang dalam pemerintah untuk memperoleh informasi bantuan modal hibah.

Demikianlah cara-cara mendapatkan modal usaha untuk sebuah bisnis kecil dan menengah. Semoga kendala kesulitan mendapatkan modal dapat teratasi setelah membaca artikel ini. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat memberikan pencerahan bagi pembaca sekalian. Selamat berwirausaha! Selamat mendapatkan modal! semoga Sukses!

Baca Juga : Cara Mendapatkan Modal Usaha Tanpa Pinjaman

 

 

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

cara mendapatkan dana ukm - cara mendapatkan modal ukm - cara mendapatkan dana hibah untuk ukm - dana hibah buat modal usaha - syarat mendapat modal usaha - cara mendapatkan dana ukm pemerintah - cara mendapatkan dana hibah untuk usaha pertanian - peminja modal ternak kelinci - bantuan ukm dari pemerintah 2015 - dana hibah dari pemerintah untuk budidaya lele - cara memperoleh bantuan ukm - cara mengajukan bantuan usaha ke pemerintah - dana ukm dari pemerintah 2015 - cara mendapat bantuan dana hibah ternak kelinci - dana hibah pemerintah untuk ukm 2015 - bantuan modal usaha dr pemerintah pusat - cara mendapatkan bantuan dana hibah pemerintah bidang perbengkelan - bantuan modal ukm - modal usaha - cara mendapatkan modal dr pemerintah utk usaha -
loading...
Kiat Memperoleh Modal Untuk Usaha Kecil Menengah | author | 4.5