Kiat Melunasi Pinjaman Modal Usaha

Setiap pelaku usaha seringkali harus berhutang untuk mendapatkan pinjaman modal usaha, baik berhutang uang dalam skala besar maupun kecil. Tak jarang pinjaman hutang menjerat para pelaku bisnis dikarenakan pinjaman pokok plus bunga yang harus dibayarkan secara tepat waktu. Dan kadang-kadang seorang wirausahawan mengalami kebangkrutan (gulung tikar) dalam usahanya tersebut. Kalau hal ini terjadi, sebenarnya itu ujian bagi mereka seberapa tegar mereka dalam menghadapi kegagalan. Pada saat anda meminjam modal usaha kemudian usaha anda bangkrut berarti anda mempunyai hutang bisnis. ini merupakan masalah yang sangat serius untuk ditangani, sementara anda membutuhkan uang untuk kehidupan selanjutnya.

kiat melunasi pinjaman modal usaha

Untuk itulah, penulis akan memberikan Kiat-kiat Melunasi Pinjaman Modal Usaha. Berikut ini cara-caranya:

  1. Mengatur keuangan anda. Sebelum melunasi pinjaman modal usaha, tentu anda terlebih dahulu mesti mengatur keuangan sendiri. Caranya mencatat daftar pendapatan dan pengeluaran anda. Apakah ada pos-pos pengeluaran yang bisa anda pangkas sehingga pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan seperti pos untuk merokok dan lain sebagainya
  2. Memberi tenggat waktu pelunasan. Hal ini akan membuat anda semakin giat bekerja. Misalkan target pelunasan hutang bisnis anda dalam jangka waktu satu bulan, atau beberapa bulan, satu tahun atau beberapa tahun dan lain sebagainya, sambil tetap mengevaluasi kesesuaian hasil kerja dengan target waktu pelunasan. Tanpa adanya target waktu pelunasan berarti anda akan berjalan tanpa arah. Oleh sebab itu, penting sekali menentukan target waktu pelunasan. Catat target waktu tersebut dalam selembar kertas kerja
  3. Membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Sangat bermanfaat apabila anda bisa memahami antara asset dan liabilitas. Asset adalah sesuatu yang menghasilkan uang bagi anda. Dan liabilitas adalah sesuatu yang mengeluarkan uang dari kantong anda. Uang akan cepat habis jika anda tidak memiliki kecerdasan finansial seperti yang diajarkan oleh Robert Kiyosaki. Sekarang cek barang di sekitar, sepeda motor untuk usaha termasuk liabilitas atau asset? Seringkali sepeda motor itu adalah liabilitas dimana mesti ada pengeluaran tambahan untuknya. Mungkin bisa diganti dengan sepeda..Jelas beda sekali antara kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan adalah sesuatu yang mendesak harus dipenuhi tanpa bisa ditolerir lagi. Sedangkan sesuatu kebutuhan jika bisa diganti atau ditolerir maka itu merupakan keinginan semata. Jadi ketika usaha anda sedang maju, janganlah berhutang untuk membeli barang mewah atau keinginan lainnya, karena akan membuat usaha anda stagnan atau jalan di tempat. Tapi fokuskan pada penghematan untuk pelunasan pinjaman modal usaha. Ingatlah selalu seperti yang dinasihatkan Robert Kiyosaki, kurangi liabilitas atau pengeluaran dan perbanyak asset (pendapatan) supaya anda sanggup melunasi pinjaman modal usaha dan berhasil dalam bisnis dan kehidupan anda sendiri.

Demikianlah ulasan mengenai Kiat-kiat Melunasi Pinjaman Modal Usaha. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Tetaplah setia di blog matapencaharian.com untuk menyimak artikel-artikel menarik lainnya. Selamat melunasi hutang bisnis dan semoga sukses!

Baca juga : Kiat Memperoleh Modal Usaha Tanpa Jaminan Ala Tung Desem Waringinjati

loading...
Kiat Melunasi Pinjaman Modal Usaha | mata | 4.5