Keuntungan Menggunakan Kolam Terpal untuk Budidaya Lele

Usaha budidya ikan lele terpal ini sudah banyak dilakukan oleh kebanyakan para petani, atau para usaha rumahan. Karena usaha ini banyak kelebihan yang kita dapat, contoh kelebihan yang yang kita dapat adalah:

  • Kolam terpal dapat digunakan pada daerah yang kurang air

Biasanya bagi orang yang tinggal didaerah pesisir pantai selau mengalami kendala dalam budidaya ikan lele ini. Mungkin cara inilah solusi yang tepat untuk anda terapkan.

  • Suhu pada kolam terpal lebih stabil atau tetap

Kolam terpal ini dapat menahan fluktuasi suhu kolam yang biasanya terjadi saat terjadi perubahan.

  • Ikan yang terdapat dikolam tidak akan berbau tanah

Biasanya ikan hasil budidaya ini sering berbau lumpur, namun untuk budidaya kolam terpal ini sama sekali tidak berbau tanah.

keuntungan budidaya ikan lele di kolam

  • Panennya lebih mudah

Lahan yang dibutuhkan oleh kolam terpal tidak begitu luas dan tidak banyak tanah yang dibutuhkan, jadi dalam panen nanti lebih parktis.

  • Dalam pengolahan ikan lele juga lebih cepat

Dalam proses pembersihan dan pengeringan kolam terpal jelas lebih cepat dibandingkan dengan kolam yang lainnya.

  • Pada kolam terpal ikan lele jarang ada hama atau penyakit

Jarang sekali ditemukan hama pada lele kolam terpal, selain itu pada kolam terpal ini juga jarang ditemukan penyakit yang muncul.

Itu adalah beberapa kelebihan dalam penggunaan koalm terpal ini, namun selain kelebihan yang dimiliki pasti juga ada kekurangan yang terdapat didalamnya. Kekurangan yang terdapat adalah:

  • Rawan bocor

Biasanya kebocoran pada terpal ini dikarenakan pemberian makan kita pada lele, selain itu kita harus menghindari sudut-sudt yang lancip yang dapat menyebabkan kebocoran pada kolam terpal.

  • Mudah lapuk akibat hujan

Pada kolam terpal ini, sangat mudah sekali lapuk akibat hujan, maka usahakan membuat    kolam didalam tidak diluar agar tidak terkena hujan.

  • Kolam terpal ini tidak bisa bertahan lama

Kira-kira usia yang dibutuhkan kolam terpal ini hanya bertahan 2 tahun saja. Ini berbeda dengan kolam tanah yang dapat bertahan sampainpuluhan tahun lamanya.

 

Itu tadi beberapa kerugian dalam penggunaan kolam terpal untuk budidaya ikan lele. Namun jika kita dapat melakukan yang baik dan benar maka kerugian itu tidak akan kita dapatkan dalam budidaya ikan lele. karena sesungguhnya setiap usaha pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, hanya tergantung dari kita bagaiman mempertahankan kelebihan itu dan menyingkapi kekurangannya. Jangan khawatir untuk melakukan budidaya ikan lele terpal ini, karena kita dapat keuntungan yang besar dalam membudidayakan ikan lele terpal ini. Keuntungan yang bisa kita dapatkan adalah:

  • Hemat

Dalam penggunakna kolam terpal ini kita lebih dalam melakukan budidayanya, karena pembuatan kolam terpal ini tidak memerlukan semen, namun dilakukan dibawah tanah.

  • Mudah

Saat pembudidayaan ikan lele terpal cara melakukannya sangat mudah, kita tidak perlu repot-repot dalam budidayanya. Karena budidaya ini dapat dilakukan siapa saja dengan mudah dan cepat

  • Cepat

Untuk melakukan budidaya ikan lele terpal, waktu yang diperlukan sangat cepat. Apalagi dalam proses pengeringan dan pembersihan, dalam kolam terpal ini jauh lebih cepat dibanding dengan yang lainnya

Jadi untuk usaha lele terpal ini anda tidak salah dalam memilihnya, karena selain banyak kelebihannya yang didapat tetapi juga keuntungapun juga diperoleh. Maka mulailah usaha budidaya ikan lele sangkuriang anda dari sekarang

loading...
Keuntungan Menggunakan Kolam Terpal untuk Budidaya Lele | mata | 4.5