Keunggulan dan Kekurangan dalam Beternak Puyuh

Keunggulan dan Kekurangan dalam Beternak Puyuh – matapencaharian.com. Untuk memenuhi kebutuhan ekonomi yang semakin sulit sekarang ini, dibutuhkan sebuah pemasukan tambahan untuk bisa bertahan hidup. Salah satu alternatif yang bisa anda pilih adalah dengan beternak burung puyuh. Walau ukuran unggas yang satu ini tergolong kecil, berbeda dengan unggas lain seperti ayam atau bebek, namun jangan salah karena anda bisa mendapatkan omset yang cukup tinggi ketika menekuni bisnis ternak puyuh ini.

keunggulan ternak puyuh

Setiap usaha yang diajalnkan, tentunya akan memiliki sisi keuntungan dan juga kekurangan, begitu pula bisnis ternak puyuh ini. Namun bukan di situ masalahnya, teteapi bagaiman agar anda bisa meminimalisir kekurangan yang anda sehingga bisa memaksimalkan keuntungannya dan tak ragu menjadikannya mata pencaharian tetap anda.

Keunggulan Tenak Puyuh

Dilihat dari posturnya, maka puyuh ini lebih kecil daripada ayam atau pun bebek. Sehingga dalam hal kebutuhan kandang, tentunya lebih kecil. Anda bisa membuat kandung berukuran 50 x 150 cm untuk menampung 50 ekor puyuh. Jadi, anda tidak mebutuhkan lahan yang terlalu luas, namun bisa memperoleh hasil yang maksimal. Dilihat dari nilai gizi juga sagat tinggi, terutama kandungan proteinnya yang ada di dalam telur. Bahkan telur puyuh masih menjadi primadona, sehingga anda bisa mendapatkan laba yang besar dengan berbisnis puyuh ini.

Tak hanya itu, pemasukan bagi peternak tidak hanya dari telur saja. Bahkan hampir setiap bagain tubuh puyuh bisa menghasilkan uang. Bahkan bulunya juga laku di pasaran. Bulu burung puyuh ini sering digunakan untuk membuat kerajinan dan juga perabot rumah tangga. Sehingga bulu puyuh yang sudah anda sambelih, jangan sampai anda buang begitu saja, karena itu bisa bernilai uang di tangan para pengrajin.

Tak hanya bulu, kotorannya pun juga sangat bermanfaat. Kotoran dari puyuh ini sangat baik bagi tanaman, khususnya untuk tanaman sayur. Sehingga kotoran puyuh ini sering kali dicari oleh para petani sayur. Walaupun bau dari telur puyuh ini sedikit lebih tidak enak, namun manfaatnya untuk menyuburkan unsur hara tanah sangat signifikan, yang akan membuat tanaman sayur anda lebih subur dan juga sehat.

Dan yang terakhir adalah produk puyuh berbentuk daging afkiran, ternyata juga memiliki gizi yang tinggi serta rasanya juga enak. Ketika anda pergi ke warung-warung lesehan, anda akan mendapati puyuh ini sebagai menu utama. Dan dengan jumalh warung lesehan yang semakin banyak, akan meningkatkan permintaan terhadap daging afkiran puyuh ini.

Kekurangan Ternak Puyuh

Selain kelebihan, ternyata ternak puyuh juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sangat rentan terserang penyakit. Sehingga anda harus memeberikan perawatan ekstra. Anda perlu menjauhkan kandang puyuh dari kegaduhan agar dia tidak stress yang berakibat pada produksi telur. Selain itu kondisi lingkungan juga sangat berpengaruh. Suhu ideal untuk puyuh adalah 25 – 28 derajat celcius.

loading...
Keunggulan dan Kekurangan dalam Beternak Puyuh | mata | 4.5