Kenali Cara Budidaya Bonsai

Kenali Cara Budidaya Bonsai – Bonsai merupakan salah satu tanaman kecil yang penuh estetika dengan nilai jual sangat tinggi. Banyak pelaku usaha menekuni bisnis budidaya bonsai karena permintaan yang tinggi terhadap jenis tanaman ini sehingga usaha ini sangat menguntungkan dan menjanjikan. Seperti halnya yang dialami Ayu dan Iskandar, salah seorang pelaku usaha budidaya bonsai. Walaupun usahanya masih baru dijalankan, peminatnya berbondong-bondong mendatangi tempat usahanya.

Kenali Cara Budidaya Bonsai

Kenali Cara Budidaya Bonsai (http://www.en.wikipedia.org)

Usaha budidaya tanaman bonsai yang dijalankan Ayu dan Iskandar mengalami perkembangan sangat pesat. Ia sekarang membuka cabang di sejumlah kota besar lainnya di Jambi seperti Sungai Lilin, Kota Baru, Muaro Jambi dan Tebo. Untuk masalah pemasaran, Iskandar tidak mengalami kesulitan. Bahkan pembelinya datang langsung ke tempat usahanya dan yang patut ia banggakan ternyata bonsai miliknya telah dibeli oleh Bupati Bangko disusul oleh Gubernur Jambi untuk menghiasi rumahnya. Selain itu, usaha bonsai Iskandar menjadi langganan sebuah rumah sakit ternama tepatnya RS Baiturrahim.

Tak hanya itu, pesanan bonsai datang dari sejumlah instansi seperti Dinas Sosial Jambi, dan sejumlah daerah di Jambi dan sekitarnya seperti Kerinci, Kuala Tungkal, dan lain-lain. pada saat acara MTQ berlangsung di kota Palembang, pesanan bonsai pun menghampirinya. Hal tersebut sangat Iskandar syukuri. Ditanya mengenai harga bonsai yang ia jual, Iskandar menyatakan harga bonsai yang ia jual dimulai dari harga sebesar Rp.5.000 – Rp.3,5 juta. Bonsai yang harganya paling mahal adalah jenis bonsai kelengkeng dan bonsai Jambu Jamaica. Omzet perbulan yang didapat Iskandar dari usaha budidaya bonsai sebesar Rp.100 juta. Wow lumayan bukan?!

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, usaha budidaya bonsai sangat menjanjikan dan menguntungkan sekali. Karena harganya relatif stabil dan resiko kegagalan budidaya bonsai terbilang kecil sekali dibanding budidaya jenis lainnya. Jika tanaman hias lainnya cenderung harganya banyak dimainkan para spekulan sehingga harganya lebih fluktuatif, sedangkan harga bonsai lebih stabil dan bertahan lama.

Kenali Cara Budidaya Bonsai
Sementara itu, untuk merawat tanaman bonsai diperlukan perawatan yang optimal. Jika perawatan bonsai ala kadarnya atau seenaknya, maka tanaman bonsai yang mahal bisa saja mati sia-sia. Rugikan?! Oleh sebab itu, rawatlah bonsai penuh ketelatenan dan kesabaran sebagai sebuah karya seni.

Selepas menanam bonsai, langkah selanjutnya menjaga bonsai agar terhindar dari panasnya cahaya matahari secara langsung, angin dan hujan. Bonsai hendaknya ditempatkan di tempat yang teduh dan terkena sinar matahari secara tidak langsung. Kemudian tiga bulan sekali, bonsai mesti dipupuk memakai pupuk kompos agar tumbuh maksimal. Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam perawatan bonsai adalah kelembapan media tanah dalam pot. Usahakan media tanah dalam pot tidak dalam keadaan kering.

Jika anda berminat menekuni usaha budidaya bonsai yang sukses maka yang diperlukan adalah ketelatenan dan ketelitian yang ekstra, apalagi memiliki banyak tanaman bonsai.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai Kenali Cara Budidaya Bonsai. Semoga artikel ini berguna bagi pembaca. Selamat wirausaha! Semoga sukses!!

Baca juga :

Prospek Bisnis Budidaya Bonsai

Incoming search terms:

usaha bonsai - budidaya bonsai - Cara bisnis bonsai - TANAMAN YANG CEPAT MENGHASILKAN - cara budidaya bonsai - jual pohon bonsai - budi daya bonsai - cara usaha bonsai - bertani bonsai - cara bisnis tanaman bonsai - cara menjual bonsai - tips bisnis pot bonsai - bonsai budidaya - sukses budidaya bonsai - kiat sukses menanam bonsai - bonsai tabulampot - memulai usaha bonsai - bonsai jambi - harga tanaman bonsai di palembang - yang cocok usaha rumahan di desa terpencil -
loading...
Kenali Cara Budidaya Bonsai | author | 4.5