Jenis Modal Usaha Dari Pemerintah

Pemerintah Indonesia berusaha menciptakan pengusaha-pengusaha baru skala mikro, kecil dan menengah di tanah air melalui berbagai program. Salah satunya program Gerakan Kewirausahaan Nasional. Program ini dilatarbelakangi oleh jumlah pengusaha di Indonesia yang masih sangat minim. Kekurangan jumlah pengusaha ataupun wiraswastawan berimbas pada kurangnya lapangan pekerjaan dan meningkatnya jumlah pengangguran.

Menurut data, sekarang ini jumlah wirausaha di Indonesia mencapai 0,18%. Angka ini jauh dari cukup. Padahal ekonomi sebuah Negara kuat jika jumlah pengusaha di Negara tersebut mencapai minimal 2%. Oleh sebab itu, sebagai Negara berkembang, Indonesia kekurangan sekali jumlah pengusaha.

Para pengamat ekonomi dunia memprediksi pada tahun 2030, Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. Hal ini berdasarkan atas kekayaan alam yang melimpah. Namun, kejayaan Indonesia tersebut tidak akan tercapai jika Negara Indonesia masih kekurangan jumlah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah setidaknya harus mencapai minimal 2% dari penduduknya.

Oleh karenanya, pemerintah telah mengeluarkan berbagai program untuk menumbuhkembangkan minat masyarakat terhadap sektor wiraswasta. Pemerintah pun telah menyiapkan bantuan secara cuma cuma atau hibah untuk modal usaha. Berikut ini bantuan yang diberikan pemerintah untuk para pelaku usaha, antara lain:

1. Bantuan modal usaha hibah secara kelompok.

Bantuan modal usaha secara cuma cuma ini diberikan kepada satu kelompok usaha. Misalnya kelompok usaha pertanian, kelompok usaha peternakan, dan lain sebagainya. Adapun syarat mendapatkan modal usaha ini adalah usaha sudah berjalan hingga sekarang dengan dibuktikan keabsahannya lewat surat keterangan usaha dari pemerintah desa setempat. Jadi, jika di sekitar daerah anda ada sejumlah peternak ikan, cobalah untuk membikin kelompok usaha peternak ikan. Lalu ajukanlah proposal usaha kelompok ternak ikan anda beserta modal usaha yang dibutuhkan kepada pemerintah.

2. Bantuan Modal Usaha untuk wanita rawan sosial. Bantuan modal usaha ini diperuntukkan bagi para janda maupun ibu rumahtangga yang masih berada di garis kemiskinan. Untuk mendapatkan modal usaha ini, anda mesti membentuk kelompok usaha sebanyak 10 orang. Lalu mintalah surat keterangan kepala desa bahwa di desa tersebut memang ada (nyata) kelompok usaha itu. Kemudian, ajukanlah proposal usaha ke dinas sosial. Biasanya satu kelompok usaha mendapatkan modal usaha hibah sebesar Rp10 juta.

3. Bantuan Modal Usaha untuk wiraswasta muda.

Bantuan ini diberikan khusus kepada pemula dalam usaha dengan usia yang masih muda. Pelaku pemula usaha mikro ini biasanya akan mendapatkan modal usaha secara hibah sebesar Rp.25 juta. Oleh sebab itu, jika anda mempunyai suatu ide usaha yang layak dijadikan peluang bisnis dan menjanjikan, maka tak ada salahnya mengajukan modal usaha gratis ini.

Demikianlah jenis-jenis modal usaha yang diberikan oleh pemerintah secara hibah kepada para pelaku usaha di tanah air. Semoga bermanfaat! Selamat mengajukan modal usaha dan berwiraswasta! Semoga sukses!

Baca juga : Kiat memperoleh modal untuk usaha kecil menengah

 

 

Incoming search terms:

bantuan modal usaha dari pemerintah 2015 - mencari modal usaha dari pemerintah - modal gratis dari pemerintah - bantuan dana usaha 2015 - bantuan dana usaha dari pemerintah 2015 - jenis bantuan pemerintah - modal usaha gratis dari pemerintah 2015 - peluang bantuan dana usaha - cara mendapatkan modal usaha dari pemerintah 2015 - cara mendapatkan bantuan dana dari dinas sosial - bantuan usaha dari pemerintah 2015 - info bantuan modal usaha 2015 - jenis bantuan dari dinas sosial - Jenis bantuan2 dana dari pemerintah - program dana hibah pemerintah 2015 - jenis usaha yang mendapatkan dana hibah - dana pemerintah untuk kelompok usaha - dana hibah pemerintah 2015 - bantuan modal usaha pemerintah 2015 - bantuan permodalan dari pemerintah -
loading...
Jenis Modal Usaha Dari Pemerintah | author | 4.5