Daftar Matapencaharian Masyarakat Indonesia Kelas Menengah Kebawah

Di Indonesia pasti kita akan mengenal dengan adanya kelas atas, menengah dan kebawah. Semua kelas tersebut didasarkan atas pekerjaan dan pangkat mereka di Indonesia. Biasanya kelas menengah ketas itu terdiri atas orang kaya dan berpangkat tinggi, sedangkan untuk klelas menengah adalah mereka yang mempunyai pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka dan memiliki berpenghasilan tetap. Selain itu untuk kelas menengah kebawah terdiri dari mereka yang belum mempunyai pekerjaan dan yang mampu bertahan hidup. Di Indonesia masih banyak kita temukan kelas menengah kebawah. Seharusnya hal ini harus dilakukan tindakan agar di Indonesia tidak ada kelas menengah kebawah.

Sebenarnya ada cara untuk menghilangkan kelas menengah kebawah dan merubah mereka menjadi kelas menengah. Namun tentu hal ini harus berhubungan dengan pemerintah. Karena pemerintah sangat berpengaruh penting terhadap mereka. cara yang harus dilakukan adalah :

1. Kesadaran dari pemerintah

Seharusnya hal seperti ini pemerintah harus sadar dan peduli terhadap rakyatnya. Karena agar tidak adanya kelas menengah kebawah di Indonesia. Kesadaran pemerintah ini sangatlah penting bagi mereka, karena dengan kesadaran pemerintahlah kehidupan mereka bisa lebih baik lagi.

2. Luasnya lapangan pekerjaaan

Biasanya kelas menengah kebawah sangatlah sulit untuk mendapatkan pekerjaan, hal ini karena pendidikan mereka yang rendah. Tentu dalam hal ini akan berdampak pada kehidupan mereka. maka dalam hal ini pemerintah harus membuka luas lapangan pekerjaan berdasarkan ketrampilan dan kemampuan mereka.

3. Adanya program pendidikan gratis

Pemerintah juga perlu mengadakan pendidikan gratis. Hal ini agar mereka bisa mempunyai pendidikan yang tinggi setidak-tidaknya adalah berpendidikan SMA. Dengan pendidikan inilah mereka bisa mempunyai pekerjaan yang layak.

Itu beberapa cara yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi kelas menengah kebawah. Dengan cara inilah juga kehidupan rakyat Indonesia akan jauh lebih baik. karena adanya pekerjaan yang layak dan pendidikan yang dibutuhkan, dapat membawa mereka untuk hidup yang baik. Namun sebenarnya apa matapencaharian masyarakat Indonesia yang menengah kebawah?

Meskipun termasuk masyarakat menengah kebawah namun mereka juga mempunyai matapencaharian yang mereka gunakan untuk bertahan hidup, biasanya matapencaharian tersebut adalah berdasarkan kemampuan yang mereka punya. Jenis matapencaharian masyarakat Indonesia menengah kebawah yaitu antara lain :

a. Pedagang

Mata pencaharian masyarakat menengah kebawah di Indonesia kebanyakan adalah seorang pedagang. Biasanya mereka berdagang asongan atau kaki lima atau pula menjajahkannya dari rumah ke rumah. Hal ini mereka lakukan karena mereka ingin menyambung hidup dengan cara berdagang.

b. Pemulung

Pemulung juga banyak kita temukan di Indonesia. Mareka melakukan hal ini karena mereka tidak mempunyai pekerjaan lain dan tidak memiliki keahlian lain. Jadi mereka memulung dari satu tempat ke tempat lain untuk bisa bertahan hidup.

c. Tukang sampah

Matapencaharian lain untuk masyarakat menengah kebawah adalah menjadi tukang sampah. Hal ini merupakan pekerjaan mereka yang mereka bisa lakukan. Memang pekerjaan ini terlihat mudah, namun sebenarnya pekerjaan inilah tersulit bagi mereka. Namun karena untuk bisa hidup dan bertahan maka mereka melakukan pekerjaan ini.

d. Tukang sapu

Pasti anda juga sering melihat orang-orang yang suka menyapu pinggiran jalan. Mereka adalah salah satu masyarakat menengah kebawah. Pekerjaan ini juga merupakan pekerjaan yang mereka lakukan selain dari ketiga hal diatas.

e. Pembantu

Pembantu juga merupakan salah satu masyarakat menengah kebawah yang banyak kita temukan di Indonesia. Pasti kita banyak menemukan disetiap rumah terdapat pembantu. Hal ini berarti begitu banyaknya masyarakat menengah kebawah.

loading...
Daftar Matapencaharian Masyarakat Indonesia Kelas Menengah Kebawah | author | 4.5